Warung Kelontong, Solusi Mengais Rejeki Di Tengah Pandemi

Pandemi Covid-19 membuat banyak orang kehilangan pekerjaannya akibat menurunnya semua sektor usaha atau bisnis. Tidak tinggal diam, berbagai upaya dilakukan untuk tetap bertahan ditengah kondisi ekonomi yang kian sulit. Salah satunya dengan membuka usaha kecil-kecilan seperti warung kelontong.

Dengan membuka toko kelontong, Anda bisa menjual barang apa saja yang dibutuhkan oleh sebagian besar orang. Bahkan, jika dibandingkan dengan membuka toko warung makan, membuka warung kelontong jauh lebih simple dan menguntungkan khususnya di tengah pandemi ini. Tidak hanya lebih mudah, membuka toko kelontong juga tidak memerlukan modal yang besar. Membuka warung kelontong dapat memberikan keuntungan yang berkesinambungan.

Baca juga: Geliat toko kelontong untuk bertahan di tengah pandemi

Untuk Anda yang memiliki modal sedikit membuka warung kelontong merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan. Pasalnya membuka warung kelontong bisa menjadi solusi untuk masalah ekonomi Anda, dengan modal yang kecil Anda dapat meraup keuntungan yang besar serta resiko yang didapatkan tergolong kecil pula.

Akan tetapi sebaiknya sebelum Anda melihat keuntungan yang besar, Anda juga harus bersiap pada masalah yang akan dihadapi jika Anda berniat membuka usaha warung kelontong seperti harga sembako yang naik turun, bersaing dengan toko sembako lain, sampai adanya pelanggan yang tidak menutup kemungkinan akan berhutang pada toko Anda.

Setelah Anda memahami dan siap akan masalah yang mungkin terjadi di kemudian hari maka jangan ragu untuk segera memulai usaha warung kelontong Anda. Adapun keuntungan dari membuka warung kelontong sebagai berikut:

  • Usaha sembako selalu dibutuhkan masyarakat.
  • Modal usaha sangat fleksibel.
  • Stok barang mudah didapat.
  • Lokasi usaha sangat fleksibel, bisa dilakukan di rumah tinggal Anda sendiri.
  • Perhitungan keuntungan jelas.
  • Usaha yang bisa terus dikembangkan bahkan hingga menjadi usaha grosir.
  • Bukan usaha musiman, karena terus berjalan sepanjang tahun.

Untuk mendapatkan keuntungan tersebut, Berikut ini merupakan tips sukses membuka warung kelontong dengan modal kecil dan mendapatkan keuntungan besar yang dapat Anda lakukan.

Memiliki rencana warung kelontong yang matang

Sebelum melakukan suatu bisnis, Anda harus memiliki rencana yang matang terlebih dahulu. Rencana yang tersusun dengan baik akan menentukan keberhasilan bisnis warung kelontong yang Anda jalani.

Melakukan riset pasar

Riset pasar merupakan hal mendasar yang harus Anda perhatikan setelah memiliki rencana yang matang. Beberapa jenis riset pasar yang harus Anda lakukan meliputi:

Tingkat persaingan

Untuk melakukan riset tingkat persaingan, Anda dapat melakukannya dengan cara mengunjungi beberapa toko sembako yang ramai pembeli, lalu mengamati jenis barang apa yang ramai dipasaran

Lokasi usaha

Memilih lokasi usaha juga merupakan faktor penentu keberhasilan warung kelontong Anda. Lokasi yang akan digunakan harus strategis dan dilewati oleh banyak orang, sehingga peluang ramai pembeli semakin besar.

Baca juga: A-Z tentang bisnis ritel yang perlu Anda ketahui

Memperhitungkan modal

Modal usaha juga harus diperhatikan dengan cermat agar warung kelontong dapat dijalankan sesuai dengan rencana awal. Modal bisnis harus dibuat secara terperinci agar jelas dan sesuai dengan rencana dan konsep awal.

Modal awal dapat berupa perlengkapan toko yang menjadi bagian terpenting yang harus diperhatikan sebelum mendirikan usaha warung kelontong. Beberapa perlengkapan yang harus disiapkan tersebut akan menunjang keberhasilan bisnis yang Anda jalankan.

Jenis perlengkapan toko yang harus diperhatikan seperti:

  • Meja dan kursi kasir
  • Etalase atau rak
  • Timbangan
  • Buku nota
  • Kalkulator
  • Keranjang belanja

Menyediakan tempat penyimpanan barang

Dalam membuka usaha kelontong tempat penyimpanan sangat diperlukan hal itu berguna untuk mengantisipasi misalnya, jika harga bahan pokok akan naik beberapa bulan ke depan, Anda dapat menyetok persediaan barang dagangan Anda.

Hal ini tentu akan menambahkan keuntungan yang lebih besar lagi pada toko Anda. Simpanlah stok barang Anda di gudang penyimpanan yang bersih dan terawat agar kualitas barang-barang yang dimiliki tetap bagus meskipun telah disimpan lama.

Memperhatikan tata letak barang

Setelah semua hal telah dipersiapkan dengan matang, selanjutnya adalah memperhatikan tata letak barang yang ada di toko. Semua barang-barang yang ada di toko sebaiknya ditata dengan rapi dan menarik. Selain untuk menarik minat konsumen, menata produk jualan juga memudahkan pembeli untuk menjangkau barang-barang tersebut.

Jika Anda telah melakukan semua tips tersebut sudah dapat dipastikan bahwa keuntungan besar sudah menanti warung kelontong Anda.

(Visited 237 times, 3 visits today)