Vendor artinya bagian yang sangat penting dalam rantai pasokan jika dilihat dari fungsinya dalam memfasilitasi sumber bahan baku, produksi, dan distribusi barang dan jasa. Produsen yang mengirimkan produk akhir ke distributor dan pengecer serta pedagang grosir yang memasok langsung ke konsumen juga bisa menjadi vendor. Penjual langsung ini dapat beroperasi dari bisnis ke bisnis (B2B), bisnis ke konsumen (B2C), dan bisnis pemerintah (B2G), tergantung pada klien mereka masing-masing.

Pengertian vendor

Vendor artinya adalah suatu badan organisasi dengan nama bisnis atau badan hukum yang membuat barang atau menjual layanannya kepada konsumen atau pemilik bisnis lainnya. Perlu diketahui bahwa vendor tidak serta merta membuat barang sendiri dan tidak harus menjadi produsen. Sebagai gantinya, vendor dapat menjual kembali barang yang mereka beli dari vendor lain dan menaikkan harganya. Beberapa bisnis yang menjual langsung ke konsumen juga dapat dianggap sebagai vendor.

Baca juga: Cara menjaga arus kas dengan memperpanjang termin pembayaran

Beberapa contoh-contoh Vendor

Ada beberapa jenis vendor yang berbeda dalam rantai pasokan. Berdasarkan hal ini perusahaan serta pemilik bisnis dapat menjalankan perannya masing-masing.

  • Produsen
    Produsen mengubah bahan mentah menjadi suatu produk. Biasanya produsen menjual produk ke grosir, langsung ke toko eceran, atau ke pengguna akhir dalam jumlah besar. Perusahaan manufaktur seringkali merupakan langkah awal dalam rantai pasokan.
  • Grosir
    Vendor grosir menangani pengadaan produk dengan mengambilnya dari produsen atau grosir lain. Kemudian mereka bertindak sebagai perantara, menjual kembali barang-barang tersebut ke sebuah toko eceran, distributor, pembeli lain, atau seseorang yang telah membuat kesepakatan bisnis dengan mereka.
  • Pengecer
    Pengecer adalah orang yang menawarkan produk untuk dijual di toko ritel atau online, kepada konsumen akhir dalam jumlah kecil.
  • Penyedia layanan
    Penyedia layanan menawarkan layanan, seperti pemeliharaan atau tenaga kerja. Contohnya meliputi jasa konsultasi, kebersihan, teknologi informasi, perbaikan AC, perawatan gedung, dan perbankan.

Bagaimana cara kerja vendor?

Baik usaha kecil atau perusahaan besar yang ingin menjual kembali suatu produk atau jasa perlu menjalin hubungan dengan vendor yang memasok barang. Layanan antara satu vendor dengan vendor lainnya sangat berbeda tergantung pada perusahaan dan sifat bisnisnya. Oleh karena itu pemasok bahan baku juga dapat menjadi vendor ke produsen yang menjadi penjual ke grosir dan pengecer dengan mengirimkan barang jadi.

Pemasok atau vendor artinya menyediakan produk yang siap untuk digunakan seperti misalnya penyediaan air minum, makanan laut, layanan IT, barang elektronik, pembersih, layanan outsourcing, konsultan pemasaran, dan lain sebagainya.

Langkah-langkah berikut menjelaskan cara kerja vendor, antara lain:

  • Langkah awal dalam proses pasokan adalah pembeli menempatkan pesanan pembelian untuk suatu produk kepada penjual. Pesanan pembelian berisi informasi tentang produk, harga, tanggal pengiriman, detail pengiriman, dan syarat pembelian.
  • Selanjutnya, penjual mengumpulkan produk dan mengirimkannya kepada pembeli. Dengan demikian, memenuhi persyaratan pesanan pembelian.
  • Pada saat pengiriman, penjual memberikan pembeli faktur untuk produk yang dipesan.
    Setelah menerima produk pesanan dan invoice, pembeli membandingkan invoice dengan pesanan pembelian.
    Langkah akhir yaitu pembeli melakukan pembayaran kepada penjual.

Baca juga: Tips ampuh untuk negosiasi pembayaran bisnis dengan supplier

Cara membangun hubungan dengan vendor

Sama seperti Anda membangun kredit untuk diri Anda, Hal utama yang Anda perlu adalah membangun kredit bisnis. Setelah itu Anda dapat menetapkan persyaratan pembayaran dengan vendor Anda dan mendapatkan kredit vendor. Ini dapat membantu Anda mendapatkan pinjaman bisnis atau jalur kredit.

Ada metode lain untuk mengamankan kredit perdagangan dengan vendor. Vendor Net 30 dapat melaporkan riwayat pembayaran. Dengan menggunakan ini untuk membangun profil kredit bisnis yang baik, Anda dapat membangun bisnis baru Anda sebagai bisnis yang layak kredit.