Jenis-Jenis Transfer Bank Yang Sering Digunakan Dalam Transaksi BisnisJenis-Jenis Transfer Bank Yang Sering Digunakan Dalam Transaksi Bisnis

Transfer bank adalah metode pembayaran online terfavorit di Indonesia, Hal itu dikarenakan transfer bank dianggap sebagai cara pembayaran yang paling nyaman dan aman untuk dilakukan. Hampir sebagian besar konsumen yang berbelanja online menggunakan transfer bank untuk melakukan pembayaran. Tidak hanya dari sisi konsumen atau pelanggan, sebagian besar bisnis juga menggunakan transfer bank untuk mengumpulkan pembayaran.

Baca juga: 4 masalah yang dihadapi online seller saat berjualan di e-commerce

2 metode transfer bank yang umum dilakukan

Sebelum mengetahui metode dalam melakukan transfer bank, Terdapat dua kategori transfer bank berdasarkan rekening bank pengirim dan penerima:

  • Transfer interbank
    Transfer dilakukan dalam jaringan bank yang sama. Untuk melakukan transfer interbank, pengirim harus memiliki jaringan bank yang sama dengan penerima. Misalnya jika pengirim menggunakan rekening BNI untuk mentransfer maka penerima juga harus memiliki rekening yang sama atau rekening bank BNI
  • Transfer antar bank
    Transfer antar bank adalah transfer uang ke bank lain dalam hal ini, pengirim menggunakan jaringan bank yang berbeda untuk mentransfer ke penerima. Misalnya, pengirim menggunakan rekening bank BCA untuk mentransfer ke rekening BRI penerima. Dalam hal ini, akan ada lebih banyak pihak yang terlibat baik bank pengirim, jaringan prinsipal, dan bank penerima. Adapun berbagai macam jaringan prinsipal di indonesia adalah Link, Alto, ATM Bersama, dan Prima. Dalam melakukan transfer antar bank, pengirim akan dikenakan biaya transfer bank tambahan untuk transfer antar bank.

Sementara itu, ada beberapa metode untuk melakukan Transfer Bank seperti yang dijelaskan di bawah ini:

Transfer online

Transfer online adalah Transfer bank secara real-time. Seperti halnya transfer interbank yang juga merupakan transfer online. Selain itu bisa juga untuk melakukan transfer antar bank dalam satu jaringan utama yang sama (ATM Bersama, Prima, Alto, Link) melalui ATM, internet banking, atau mobile banking.

Namun yang perlu diketahui bahwa ada batasan jumlah maksimum per transfer, mulai dari Rp15.000.000 – Rp25.000.000. Biaya transfer online antar bank bervariasi mulai dari Rp5.000 hingga Rp7.500.

SKN (Sistem Kliring Nasional) /LLG

Berbeda dengan Transfer Online yang hanya dapat melakukan transfer dalam satu jaringan bank atau jaringan utama yang sama, SKN dapat bekerja dari satu bank ke bank manapun di Indonesia.

Namun, jika Anda melakukan transfer SKN biasanya akan terjadi keterlambatan penerimaan. Dana biasanya diterima pada hari yang sama sampai 1 hari (weekday) atau 3 hari (weekend) setelah tanggal transfer. Biaya untuk melakukan transfer SKN atau LLG bervariasi dari Rp3.500 hingga Rp 5.000.

RTGS (Penyelesaian Bruto Real-Time)

RTGS adalah Transfer Bank dengan jumlah uang yang besar dengan minimal transfer sebesar Rp100.000.000 dengan biaya sekitar Rp25.000 hingga Rp30.000 per transfer.

Adapun yang menjadi keuntungan, manfaat atau kelebihan pembayaran dengan metode transfer bank yaitu karena metode ini sudah sangat umum bagi masyarakat dan paling banyak digunakan dalam e-commerce.

Seperti yang Anda lihat, terlepas dari beberapa manfaatnya, batasan transfer bank, alur pengerjaan yang cukup panjang, memastikan bahwa nomor rekening dan nama penerima sudah sama agar tidak terjadi kendala saat transfer bank dilakukan, dan tambahan biaya administrasi yang dibebankan dapat menyebabkan kendala atau hambatan bagi bisnis Anda, terutama saat perusahaan Anda mulai tumbuh dan berkembang.

Baca juga: Tarif transfer rekening akan berubah, ini yang harus diketahui!

Dalam transaksi bisnis, Anda seringkali hanya bisa membayar supplier sesuai rekening yang mereka miliki. Tentunya, hal ini bisa memakan biaya yang besar jika harus transfer ke banyak rekening bukan?

Untuk mengatasinya, bayar supplier Anda dengan PaperPay Out, fitur terbaru dari Paper.id. Fitur ini membantu Anda dalam membayar kebutuhan bisnis dengan mudah. Selain itu, Anda bisa menggunakan pilihan lainnya mulai dari kartu kredit, OVO, Tokopedia, dan lainnya.

Paper.id juga lagi ada promo lho, untuk pembayaran dengan kartu kredit via Tokopedia, tidak akan dikenakan biaya! Yuk gunakan promonya sekarang dan daftar ke Paper.id gratis dengan klik tombol dibawah ini.

 

(Visited 73 times, 1 visits today)