4 Masalah Yang Dihadapi Online Seller Saat Berjualan di E-Commerce

E-commerce hadir dari adanya perkembangan internet dan teknologi yang sangat pesat dan memunculkan banyak online seller. Perdagangan elektronik atau yang lebih kita kenal sebagai e-commerce merupakan model usaha yang memuat pembelian dan penjualan barang seperti online seller, jasa, atau transmisi dana atau data, melalui jaringan elektronik yang difasilitasi oleh internet.

Secara umum e-commerce dibagi menjadi 4 jenis, diantaranya:

  • Business to business (B2B)
    Transaksi elektronik barang atau jasa yang dilakukan antar perusahaan.
  • Business to consumer (B2C)
    Perdagangan elektronik yang melibatkan pelaku bisnis dan konsumen.
  • Consumer to consumer (C2C)
    Transaksi dilakukan antar konsumen dengan konsumen yang meliputi semua transaksi elektronik barang atau jasa.
  • Consumer to business (C2B)
    Perdagangan elektronik di mana konsumen (end-user) menyediakan produk atau layanan ke suatu perusahaan.

Baca juga: Tarif transfer antar bank akan berubah, ini yang harus diketahui!

Dibalik kelebihan e-commerce, Anda juga harus waspada kepada kelemahan dari sistem e-commerce itu sendiri. Berikut ini hal yang harus Anda waspadai ketika Anda menjalankan bisnis secara digital, antara lain:

COD berdampak buruk pada bisnis online seller

Cash on delivery menghambat jalannya bisnis online. Membawa uang tunai dalam jumlah banyak bisa mendatangkan banyak masalah seperti pencurian, biaya tambahan, arus kas terbatas, dan penundaan pekerjaan. Layanan kurir umumnya mengirim pembayaran ke penjual hanya dalam rentan waktu dua minggu.

Selain jasa logistik, penjual juga membayar untuk pengambilan dan pengiriman uang tunai yang terkumpul. Anda harus menambahkan logistik agar terhindar dari masalah. Di sisi lain, menghapus sistem COD dari opsi pembayaran juga bukan merupakan opsi atau pilihan yang tepat.

Agar lebih aman dan mudah, Anda bisa menggunakan PaperPay Out dari Paper.id. Urusan bayar supplier/kebutuhan bisnis lainnya jadi sangat mudah. Ada banyak pilihan pembayaran yang bisa dipilih mulai dari kartu kredit, transfer antar bank, OVO, Tokopedia, dan lainnya. Selain itu, PaperPay Out itu bisa di-download gratis, jadi Anda tidak perlu khawatir. Gunakan PaperPay Out sekarang dan urusan bayaran jadi lebih aman. Daftarkan diri Anda segera dengan klik tombol dibawah!

 

Sulit menjaga loyalitas pelanggan

Loyalitas pelanggan adalah inti dari bisnis yang sukses. Masalahnya dalam dunia e-commerce, hampir semua orang suka menjelajah dunia maya. Mengingat hampir sebagian besar konsumen Indonesia mencari barang dengan harga yang relatif murah dan kualitas yang baik, hal ini yang membuat mereka mencari dan membandingkan antara satu dengan yang lainnya.

Contohnya saja jika sebuah toko online bersedia menawarkan barang-barang bermerek dengan harga tertentu, penjual lain atau toko online lain pun mungkin mampu memberikan hal yang sama dengan harga diskon yang menarik. Dengan hal tersebut persaingan akan menjadi lebih serius. Dan tentunya hal ini akan membuat pelanggan meneliti produk secara menyeluruh sebelum membeli.

Pilihan, variasi, dan kekhasan sangat penting untuk kelangsungan bisnis Anda di e-commerce. Setiap penjual dan pasar online mencari cara untuk menghasilkan penjualan berulang. Program loyalitas pelanggan dapat menarik lebih banyak konsumen dan bahkan membuat mereka tetap bertahan. Tetapi membuat program ini berhasil tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit sehingga dapat menyebabkan biaya akuisisi pelanggan meroket.

Tren di e-commerce selalu berubah-ubah

Metode dan strategi dalam bisnis e-commerce tidak pernah konstan. Mereka dapat berubah sewaktu waktu. Persaingan ketat membuat para pebisnis e-commerce mencoba sesuatu yang baru untuk menarik simpatik konsumen.

Berpegang teguh pada cara lama sama saja dengan tidak menjalankan bisnis online sama sekali. Dalam hal ini menciptakan kembali merek dagang melalui promosi yang lebih baik, deskripsi produk yang menarik, dan keterlibatan dengan platform online sangat penting untuk kelangsungan hidup bisnis di e-commerce.

Lihat produk Anda, lihat di mana Anda dapat memotong biaya dan tetap memberikan kualitas unggul serta mengidentifikasi logistik yang lebih murah atau cara pengiriman yang lebih cepat merupakan hal yang harus Anda lakukan.

Baca juga: Resmi diluncurkan di Indonesia, ini pentingnya e-materai bagi bisnis Anda

Masalah cybercrime

Dalam menjalankan bisnis atau usaha online penjual online harus berusaha keras untuk mendapatkan kepercayaan konsumen. Tetapi bagi sebagian besar pembeli online di negara ini, semua entitas ritel online dilihat secara keseluruhan. Jadi jika salah satu penjual di marketplace menjual barang palsu, seluruh marketplace menjadi jebakan di mata pembeli online.

(Visited 2.010 times, 16 visits today)