UMKM Idol - Informasi Umum Untuk Tim Sales

Online invoice atau faktur online adalah faktur yang dikirim dan diterima secara elektronik dan digunakan untuk mengotomatisasi pemrosesan faktur. Informasi faktur dikirimkan dari sistem faktur penerbit yang menggunakan perantara ke sistem administrasi keuangan penerima.

Banyak pemilik usaha kecil beralih ke faktur online untuk mempercepat pembayaran pelanggan. Hal itu dikarenakan dengan faktur online usaha kecil dapat mengelola arus kas dengan lebih baik, menjadi lebih efisien, dan mendapatkan pembayaran lebih cepat.

Baca juga: Tips mengatur keuangan bisnis agar tidak lebih besar pasak daripada tiang

Adanya online invoice telah mengubah cara bisnis dalam menagih klien. Tidak seperti faktur tradisional, pada faktur online pelanggan dapat membayar secara online dengan mengklik tombol bayar yang tertera.

Berikut merupakan beberapa alasan mengapa usaha Anda harus menggunakan invoice online:

Online invoice bisa buat Anda dibayar lebih cepat

Pelanggan yang membayar faktur lambat atau lewat dari jatuh tempo seharusnya dapat menghambat arus kas bisnis. Oleh karena itu dengan adanya faktur online akan memudahkan komunikasi antara bisnis penagihan dan konsumen yang membayar.

Semuanya disimpan di cloud

Dengan perangkat lunak faktur online menjadikan semua informasi Anda akan disimpan secara online. Anda tidak perlu lagi mencari informasi atau dokumen Anda. Cukup masuk ke akun Anda, dan semuanya ada di sana. Dengan perangkat lunak faktur online, informasi Anda disimpan. Setelah Anda memasukkannya pertama kali perangkat lunak mengingatnya dan Anda tidak perlu memasukkannya lagi. Tentu saja, jika Anda perlu mengubah beberapa detail, Anda dapat melakukannya dengan mudah hanya dengan beberapa klik.

Efisiensi Lebih Tinggi

Umumnya proses pembuatan faktur cukup melelahkan bagi sebagian besar bisnis. Anda perlu membuat faktur, memastikan keakuratannya, mencetaknya, mengirimkannya ke pembeli, menunggu hingga pembayaran dilakukan, dan kemudian, memasukkan pembayaran ke server Anda.

Dengan menggunakan faktur online Anda tinggal menggunakan template faktur elektronik yang siap pakai, dapat diunduh, dan dapat disesuaikan, alih-alih membuatnya dari awal. Selain itu, Anda akan terhindar dari kerumitan mencetak dan mengirimkannya ke pembeli, karena e-faktur Anda dapat ditagih kapanpun dan dimanapun, dan pembayaran dapat dilakukan segera, serta menjaga arus kas Anda tetap akurat dan terdokumentasi dengan baik.

Akses, pelacakan, dan kontrol yang lebih baik

Hal terbaik tentang e-faktur adalah bahwa mereka memberi Anda kemampuan untuk mengaksesnya di mana saja, menggunakan perangkat pintar Anda. Dengan adanya faktur online Anda dapat melacak status faktur, dengan beberapa jenis perangkat lunak bahkan memungkinkan Anda mengetahui kapan pembeli Anda telah membuka faktur. Anda akan menerima pembayaran segera setelah dilakukan, dan Anda akan dapat membuat laporan keuangan Anda secara berkala.

Baca juga: Manfaat menggunakan invoice online free

Membantu mengelola arus kas

Kekhawatiran arus kas bukanlah hal baru bagi usaha kecil. Online invoice menawarkan usaha kecil alat untuk mengelola arus kas dengan lebih efisien. Tidak seperti faktur tanpa opsi pembayaran digital, online invoice memungkinkan pemilik bisnis untuk melacak dengan cermat apa yang belum dibayar dan untuk memperkirakan dengan lebih baik apa yang kemungkinan besar akan mereka terima.

Dengan demikian mengizinkan bisnis untuk mengotomatiskan penagihan mereka dengan online invoice dapat menghemat waktu pemilik usaha kecil yang biasanya dihabiskan untuk tugas administratif kini dapat digunakan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dan meningkatkan skala bisnis mereka.

(Visited 22 times, 1 visits today)