Tidak seperti kartu fisik, Virtual Card terkadang sering disebut dengan nomor kartu sementara atau nomor kartu semu. Virtual Card merupakan versi digital dari kartu fisik yang Anda miliki. Virtual Card sendiri dapat digunakan untuk sebagian besar pembelian online dan akan melindungi informasi Anda secara online , sehingga akan memberikan solusi pembayaran yang nyaman dan efisien saat hendak melakukan transaksi. Adapun bentuk dari Virtual Card hanya berupa detail kartu yang berisikan 16 digit nomor kartu Mastercard atau Visa, kode CVV, dan tanggal kadaluarsa.

Baca juga: 5 elemen penting dalam business plan untuk memastikan kesuksesan bisnis

Berdasarkan hal tersebut Virtual Card dapat memungkinkan Anda membayar secara online dan di aplikasi favorit Anda tanpa harus mengambil kartu dari dompet atau memaparkan informasi akun Anda yang sebenarnya.

Selain itu perlu diketahui bahwa proses membuat Virtual Card terbilang cukup mudah, fleksibel untuk kebutuhan Anda. Setelah Anda membuatnya, Anda dapat menggunakannya untuk berbelanja online baik secara lokal maupun internasional.

Bagaimana Cara Kerja Virtual Card

Virtual Card bertindak seperti lapisan perlindungan antara sumber pendanaan Anda dan pedagang. Mereka meneruskan semua transaksi resmi dan selesai langsung ke sumber pendanaan Anda (termasuk pengembalian uang). Disamping itu Virtual Card juga bekerja di belakang layar sebagai metode pembayaran digital yang memberikan opsi pembayaran yang aman untuk Anda sekaligus melindungi data Anda agar tidak disusupi.

Berikut ini merupakan keuntungan dari penggunaan VIrtual Card yang dapat Anda rasakan baik untuk bisnis maupun customer seperti:

  • Kenyamanan
    Salah satu daya tarik utama Virtual Card adalah kenyamanan yang ditawarkan daripada kartu fisik. Solusi ini memungkinkan pengguna melakukan pembayaran dengan cepat dan mudah melalui ponsel mereka tanpa perlu repot mengeluarkan kartu fisik atau uang tunai dalam melakukan pembayaran.
  • Perlindungan terhadap penipuan
    Baik kartu fisik dan virtual ditautkan ke akun kredit atau debit utama Anda, tetapi kartu virtual melindungi informasi pengenal pribadi Anda dengan membatasi jumlah yang dibagikan saat Anda melakukan pembelian. Kartu virtual hanya digunakan sekali dan memiliki kontrol presisi yang melekat padanya, seperti tanggal penggunaan, jenis penggunaan, dan jumlah uang yang tersedia. Oleh karena itu, penggunaan kartu virtual dalam transaksi akan melindungi Anda dari aktivitas penipuan dunia maya pada akun Anda.
  • Kontrol Pengeluaran
    Kartu virtual memungkinkan Anda menetapkan batas pengeluaran dan memilih pedagang mana yang dapat Anda bayar saat menggunakannya. Kontrol ini memastikan bahwa karyawan Anda membelanjakan dana perusahaan dengan bijak, dan melindungi akun Anda dari peretas. Banyak kartu virtual juga memungkinkan pemegang kartu untuk memilih tanggal yang mereka inginkan untuk menutup kartu mereka atau menjadwalkannya untuk ditutup secara otomatis setelah satu pembayaran.

Baca juga: Cara-cara memilih kartu kredit bisnis yang tepat

Untuk bisnis, program kartu virtual menawarkan produk pembayaran aman yang dapat dikirimkan dan ditukarkan secara instan dari seluruh dunia. Berikut ini merupakan manfaat yang akan didapatkan oleh bisnis Anda jika menggunakan virtual card:

  • Akses Global
    Kartu aman ini dapat diterima dan ditukarkan dalam hitungan menit, di mana pun Visa atau Mastercard diterima. Pemegang kartu dapat dengan mudah mengelola akun mereka dari mana saja di dunia, dan dengan perangkat mereka.
  • Risiko Berkurang
    Kartu prabayar virtual berfungsi seperti kartu prabayar fisik, yang berarti pemegang kartu hanya dapat membelanjakan apa yang telah dimuat sebelumnya di akun. Pengembalian dana atau hadiah dapat dibayarkan kembali ke kartu virtual, dan dana dijaga dengan aman seperti halnya dengan kartu fisik.
  • Sadar Lingkungan
    Dengan menggunakan program kartu virtual berarti semakin sedikit plastik yang berakhir di tempat pembuangan sampah. Perusahaan menyukai kenyataan bahwa kartu virtual tidak merusak lingkungan dan membantu mereka dan mitra mereka untuk lebih sadar lingkungan.
  • Sederhana dan Mudah Dikelola
    Saat Anda mengeluarkan kartu virtual, Anda mendapatkan semua fitur yang terdapat pada kartu fisik. Ini termasuk dukungan pelanggan berkualitas tinggi seperti pelacakan, pelaporan, dan pemesanan.