Riset produk menjadi salah satu tahapan yang penting dilakukan dalam berbisnis. Riset produk adalah proses pengidentifikasian suatu produk bisnis, mulai dari sisi kualitas, tingkat persaingan, memahami pasar, hingga harga produk bisnis.

Melansir laman Animas Marketing, riset produk atau research product berkaitan dengan pelanggan. Sebab, tujuan dari pembentukan setiap bisnis yaitu ingin memuaskan para pelanggan atau konsumennya.

Selain itu, riset produk pun dapat mempengaruhi pertumbuhan suatu bisnis. Ketika Anda telah menentukan tujuan bisnis yang jelas, maka riset produk perlu dijalankan untuk membantu tercapainya tujuan tersebut. 

Baca Juga: Riset Pemasaran: Pengertian Hingga Cara Melakukannya

Manfaat Riset Produk untuk Bisnis

Jika Anda melakukan riset produk dalam berbisnis, inilah beragam manfaat yang bisa didapat.

1. Memahami dan Memenuhi Kebutuhan Pasar

Tujuan utama membuat sebuah bisnis yaitu untuk menarik konsumen untuk menggunakannya. Melalui riset, bisnis Anda dapat memahami kebutuhan, preferensi, dan perilaku konsumen dengan lebih baik.

Memahami pasar

Hal itu dapat memungkinkan tujuan bisnis Anda tercapai, karena Anda mengembangkan produk atau jasa bisnis yang lebih relevan dan sesuai dengan kebutuhan serta minat pasar

2. Inovasi Produk dari Kompetitor

Dengan memahami tren pasar dan keinginan konsumen, bisnis Anda dapat menciptakan produk yang unik dan berbeda dari kompetitor.

Apalagi setiap bisnis pastinya ingin lebih menonjol dari para pesaing yang terlebih dahulu ada. Oleh karena itu, research product sangatlah penting dilakukan.

3. Melindungi dari Ancaman Risiko

Anda akan lebih siap menghadapi ketidakpastian pasar apabila melakukan riset sebelum meluncurkan produk bisnis. Sebab, riset produk sama dengan Anda melakukan manajemen risiko dalam berbisnis.

Cara ini dapat memberi pemahaman tentang bagaimana produk Anda dapat dipasarkan. Maka dari itu, investasikan waktu dan tenaga untuk melakukan product research karena akan membantu kesuksesan bisnis.

4. Strategi pemasaran yang efektif

Manfaat lain dari melakukan riset produk untuk bisnis yaitu dapat memahami siapa target pasar bisnis Anda, bagaimana cara mencapai konsumen potensial, hingga membuat strategi pemasaran yang efektif.

Jika Anda memahami prefensi khalayak dan berbagai faktor yang memengaruhi mereka membeli atau memakai suatu produk maupun jasa, yakinlah bisnis Anda dapat merancang strategi pemasaran yang lebih terarah.

  1. Meningkatkan Penjualan

Pada akhirnya riset produk ini dapat meningkatkan peluang penjualan bisnis, karena Anda telah memahami segala kebutuhan dan keinginan pasar.

Anda pun dapat menciptakan produk maupun jasa yang lebih unik dan inovatif dari para pesaing, sehingga konsumen mulai melirik bisnis Anda.

Baca Juga: 3 Contoh Proposal Usaha Makanan Yang Lengkap & Mudah Dibuat!

Cara Riset Produk untuk Bisnis

Perhatikan langkah-langkah ini dalam melakukan riset produk untuk bisnis:

cara riset produk
  •     Tentukan tujuan penelitian
  •     Pahami kebutuhan dan masalah pelanggan
  •     Melakukan analisis pesaing dan komparatif
  •     Mempelajari tren pasar
  •     Ketahui tren industri
  •     Validasi ide produk
  •     Bangun produk Anda dan uji MVP (Minimal Viable Product)
  •     Dapatkan wawasan dari data riset pasar
  •     Gunakan analisis untuk membuat strategi produk bisnis

Untuk mempermudah melakukannya, Anda dapat menggunakan jasa riset produk tepercaya. Sebab, nantinya Anda akan dibantu oleh tim kompeten dalam proses riset produk bisnis Anda sehingga tak perlu lagi repot apalagi bingung melakukannya.

Source:
https://zeda.io/blog/how-to-do-product-research
https://animasmarketing.com/the-importance-of-product-research-for-your-business/

*Artikel ini hasil kerja sama antara Populix & Paper.id