Banyak orang yang beranggapan kalau riset pemasaran dengan riset pasar adalah dua hal yang sama. Faktanya keduanya merupakan istilah yang berbeda.

Riset pasar lebih mengarah kepada hal yang lebih spesifik. Sedangkan pemasaran tertuju kepada hal yang bersifat general, tidak terpaku kepada produk atau pasar.

Nah untuk memasarkan produk, kita harus mencari tahu target pasar dari produk kita.

Kalian bisa mengethaui nih, apakah produk kita diterima pasar atau tidak dengan cara melakukan riset pemasaran.

Dengan melakukan riset pemasaran, maka kalian akan tahu nih produk atau jasa yang ditawarkan yang dibutuhkan oleh konsumen.

Selain itu juga, kalian bisa mengetahui besaran permintaan dan potensi permintaan. Kapan permintaan itu memuncak dan kapan permintaan itu menurun.

Baca Juga: Strategi Pemasaran: Bonus vs Diskon, Kamu Lebih Pilih yang Mana?

Pengertian Riset Pemasaran

Pengertian riset pemasaran ialah sebuah proses yang perlu kalian lakukan sebelum memulai atau menjalankan sebuah bisnis.

Riset pemasaran kalau dalam bahasa inggris disebut research marketing. Ini merupakan sebuah kegiatan research yang dilakukan secara sistematis dimulai dari merumuskan masalah, hingga interpretasi hasil research ini.

Biasanya riset pemasaran hanya dilakukan divisi atau bagian dari marketing.

Dari pihak marketing psati akan melihat hal apa saja yang perlu diperbaiki dan strategi apa saja yang bisa diterapkan untuk mengambil peluang dari pemasaran ini.

Riset pemasaran atau marketing research merupakan sebuah tahapan proses yang harus dilakukan oleh semua orang yang ingin memulai bisnis atau usaha.

Tentu ini bertujuan untuk ktia mendapatkan data objektif yang cukup akurat untuk dijadikan sebagai pengambilan keputusan marketing kedepannya.

Proses tersebut meliputi banyak hal seperti pengumpulan data, observasi, hingga pengolahan data yang telah dikumpulkan tersebut.

Terdapat beberapa pendapat seputar riset pemasaran ini, menurut American Marketing Association atau disingkat AMA. Riset pemasaran merupakan sebuah fungsi yang menghubungkan pelanggan, konsumen, atau masyarakat umum dengan pemasar melalui informasi yang telah dikumpulkan.

Sedangkan menurut Philip Kotler, riset pemasaran merupakan sebuah perancangan, pengumpulan hingga analisa data yang sistematis.

Secara sederhana seperti yang telah disebutkan, riset pemasaran merupakan sebuah identifikasi, pengumpulan hingga analisa data dan pemaparan data secara sistematis guna membantu bisnis atau perusahaan dalam pengambilan keputusan.

Tujuan Dilakukannya Riset Pemasaran

Riset Pemasaran sendiri bertujuan untuk bisa mendapatkan analisa serta mengidentifikasi proses pemasaran dengan lebih baik.

Dengan dilakukannya riset pemasaran, maka akan membantu perusahaan atau bisnis dalam memproses dan menganalisa data berdasarkan fakta yang ada sehingga menghasilkan informasi bermanfaat guna pengambilan keputusan.

Berikut beberapa tujuan dilakukannya riset pemasaran secara spesifik.

  • Memahami kebutuhan konsumen
  • Mengidentifikasi peluang pasar
  • Dapat menggambarkan trend market di masa mendatang
  • Dapat meminimalisir resiko bisnis
  • Dapat mengurangi resiko kegagalan produk

Baca Juga:Mengenal Lebih Jauh Proposal Usaha atau Bisnis

Fungsi Dilakukannya Riset Pemasaran

Riset pemasaran sendiri memiliki beberapa fungsi, dan terdapat 4 fungsi utama seperti : 

  • Evaluating : Yaitu mengevaluasi program-program pemasaran atau marketing yang telah dilakukan. Didalamnya termasuk juga melakukan review terhadap brand positioning yang dibandingkan dengan competitor
  • Understanding : Kita dapat memahami kebutuhan serta keluhan dari konsumen sebagai insight bagi bisnis atau perusahaan.
  • Predicting : Ketika suatu bisnis atau brand membidik pasar baru, maka riset ini perlu dilakukan serta menjadi acuan utama dalam menyasar target pasar baru.
  • Controlling : Dengan Riset pemasaran kita dapat melihat aktivitas marketing yang sedang berlangsung.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa informasi seputar Riset pemasaran secara singkat, mulai dari apa itu riset pemasaran hingga Fungsi dan tujuan riset pemasaran.

Dalam sebuah bisnis selain riset pemasaran, juga ada dokumen yang lain seperti invoice dan juga penagihan.

Invoice merupakan sebuah dokumen yang penting untuk kita bisa mengirim serta menagih kepada customer.

Untuk mempermudah dalam pembuatan invoice, kalian bisa menggunakan Aplikasi Invoice Online yang dapat membuat invoice serta mengirim nya dengan mudah.

Segera daftarkan bisnis kalian menggunakan Software Aplikasi Invoice Online Dari Paper.id klik tombol dibawah ini.