4 Manfaat E Invoice Untuk Kelancaran Dalam Berbisnis

Kemajuan teknologi membawa pengaruh besar dan perkembangan pesat dalam segala aspek. Seperti dalam dunia usaha khususnya di Indonesia sudah mulai diperkenalkan dengan suatu sistem inovasi baru dalam bidang pembayaran, dimana inovasi ini merupakan cara terbaik untuk melakukan penagihan. Untuk dapat memahami apa itu E invoice, kita perlu memahami arti dari invoice itu sendiri.

Berdasarkan pengertian dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), invoice adalah sebuah alat yang memuat daftar barang kiriman yang dilengkapi dengan keterangan nama, jumlah serta harga yang harus dibayar. Disamping sebagai alat untuk memuat semua perincian pembelian, invoice juga bisa digunakan sebagai alat penagihan dari penjual kepada pembeli. Invoice memiliki banyak fungsi atau kegunaan di dalam nya. Berikut adalah fungsi invoice dalam suatu perusahaan.

  • Sebagai tanda bukti telah terjadinya pembelian barang atau jasa.
  • Sumber informasi yang berisi data pasti jumlah tagihan yang harus dilunasi oleh pembeli.
  • Bukti referensi penjualan dan pembelian untuk barang atau jasa yang sama di kemudian hari.
  • Menjadi rujukan jika ada kesalahan dalam pengiriman barang maupun kesalahan perhitungan total tagihan.
  • Sebagai bukti pembayaran pajak.

Setelah memahami apa itu invoice dan fungsi nya kita lanjutkan pada E-invoice. Belakangan ini para pelaku usaha sudah mulai beralih dengan tidak menggunakan invoice kertas seperti sedia kala.

Baca juga: Contoh purchase order dan apa sih perbedaannya dengan invoice

E-invoice diperkenalkan di 37 negara, dan menyusul sepuluh negara lainnya yang masih menggunakan invoice kertas tahun ini. Penggunaan invoice elektronik tersebut diprediksi akan menggeser pemakaian invoice kertas hingga mencapai satu juta tiap bulannya. Penggunaan invoice elektronik menawarkan efisiensi waktu, biaya dan menyelamatkan hutan.

Di kutik dari Wikipedia, E invoice adalah metode penagihan elektronik yang digunakan oleh mitra dagang untuk pelanggan atau supplier. Untuk menggunakan e-invoice, biasanya Anda harus menggunakan sistem transaksi.

Sebagai pengganti dari invoice kertas, perusahaan akan mengirimkan email kepada pelanggan mereka untuk masuk ke alamat website. Selanjutnya pelanggan harus memasukkan kode sandi (password) untuk dapat mengunduh invoice elektronik. Data invoice tersedia dalam berbagai format, termasuk PDF dan CSV. Berikut adalah keuntungan menggunakan e-invoice:

Pengiriman Instan Dan Pembayaran Lebih Cepat

E Invoice hanya membutuhkan waktu hitungan detik dalam mengirim invoice secara online dan akan lebih cepat dengan menggunakan sistem penagihan yang berulang. Invoice yang dikirim lebih cepat akan membuat kompensasi juga diterima lebih cepat.

Ramah Lingkungan

E Invoice atau penagihan berbasis online lebih ramah lingkungan daripada penagihan kertas. Menghemat beberapa hal yang diperlukan untuk menghasilkan kertas serta menghemat energi dan mengurangi polusi. Dengan ini kita bisa mengurangi limbah padat dengan tidak lagi membuang invoice kertas.

Pencarian Riwayat Secara Online

Data invoice disimpan secara online, sehingga, Anda dapat dengan mudah mencarinya dalam sistem yang tersedia. Hal ini memudahkan semua orang, terutama bagi staf keuangan untuk pencatatan keuangan.

Baca juga: Contoh surat penagihan invoice untuk pelanggan

Data Disimpan Dalam Cloud Storage

Sistem penagihan ini berbasis cloud sehingga Anda tak perlu khawatir kehilangan data tagihan maupun klien Anda. Dengan adanya sistem ini, maka segala permasalahan teknis seperti komputer yang ‘hang’ bukan menjadi kendala bagi Anda. Sebab, semua data tersimpan dengan Aman. Belum lagi, software E-Invoicing terbilang aman karena biasanya perusahaan software harus mematuhi standar keamanan PCI atau PCI Security Standards.

Kemudahan ini dapat Anda temukan pada Paper.id, software invoice #1 di Indonesia. Dilengkapi dengan sistem keamanan setara keamanan bank serta ISO 27001, data-data Anda dijamin aman dan tidak akan dicuri dengan mudah. Selain itu, semua data juga tersimpan secara rapi dan dapat diakses kapan saja dan dimana saja hanya dengan menggunakan koneksi internet. Rasakan kemudahan ini secara cuma-cuma dengan mendaftarkan diri Anda lewat tombol dibawah ini!

(Visited 559 times, 1 visits today)