Promosi Brand

Promosi brand bisa dilakukan lewat berbagai macam channel termasuk social media. Saat browsing di sosial media, Anda pasti menemukan konten meme. Konten dengan gambar dan kata-kata yang simpel membuat Anda tertawa saat melihatnya. Jumlahnya banyak dan bisa Anda lihat dimana saja.

Saking populernya, ada beberapa akun pembuat meme yang tersebar di sosial media seperti, 9GAG, Dagelan, Awreceh.id, dan sebagainya. Mereka berlomba-lomba membuat meme yang lucu untuk menarik orang-orang.

Meski banyak bertebaran, orang-orang tidak tahu akan definisi dan asal-usul dari meme itu sendiri. Menurut Merriam Webster Dictionary, meme adalah sebuah ide, sikap dan gaya yang tersebar dari satu orang ke orang lain dalam sebuah budaya.

Baca juga: 4 jenis pasar yang perlu diketahui sebelum memulai bisnis

Meme pada awalnya diperkenalkan oleh seorang ahli biologi dan etologi bernama Richard Dawkins di tahun 1970. Menurut Richard, meme adalah sesuatu yang populer dan dikenal oleh banyak orang. Seiring perkembangannya, meme menjadi medium promosi untuk bisnis.

Kegiatan promosi bisnis dengan menggunakan meme disebut meme-jacking atau meme-vertising. Meme dipercaya menjadi salah satu medium yang membawa pengaruh besar terhadap bisnis. Seberapa besar pengaruhnya dalam promosi bisnis?

Kenapa meme menjadi metode ampuh untuk promosi brand

Menurut laporan dari GWI pada tahun 2019, rata-rata orang menghabiskan waktu di sosial media selama 2 jam dan 22 menit. Tingkat penggunaan sosial media yang tinggi dimanfaatkan oleh brand untuk mempromosikan produk mereka.

Baca juga: Apa itu influencer dan perannya bagi bisnis Anda

Ada berbagai macam jenis konten yang bisa dipilih seperti komik, foto, video dan lainnya. Namun, meme tetap dipilih sebagai medium bisnis. Berikut alasan-alasan kenapa meme tetap populer dan digunakan sebagai media promosi bisnis.

  • Disukai banyak orang

    Richard Dawkins menambahkan bahwa meme erat kaitannya dengan kejadian-kejadian yang terjadi di masyarakat. Karena itu, meme bisa cepat populer dan disukai.

  • Just for fun

    Meme dapat menyenangkan semua pihak mulai dari si pembuat dan penikmat. Lewat meme, sebuah pesan bisa dengan mudah disampaikan kepada para penikmatnya. Karena itu, meme bisa menjangkau banyak orang dengan mudah.

  • Mudah dibuat

    Meme mudah dibuat karena hanya tinggal browsing gambar yang diinginkan serta menyertakan kata-kata. Selain itu, Anda bisa menggunakan meme-meme yang sama dan telah populer agar lebih mudah dikenal orang-orang.

  • Cocok untuk sosial media

    Meme itu simpel dan mudah dicerna sehingga, orang-orang bisa dengan mudah mengetahui hal tersebut.

Tips-tips dalam membuat meme untuk promosi brand

0ae

Salah satu contoh meme untuk promosi bisnis

Membuat meme terkesan mudah tapi tidak bisa asal. Anda membutuhkan insting dalam membaca hal-hal yang sedang populer di masyarakat dan mengaplikasikannya dalam sebuah gambar atau video dengan durasi waktu yang cepat. Berikut tips-tips penting yang harus diketahui dalam membuat meme untuk promosi bisnis yang baik.

  • Sesuaikan dengan brand Anda

    Hal pertama yang harus Anda pikirkan adalah buat meme sesuai dengan gaya dari brand Anda. Orang-orang akan menganggap brand Anda SKSD kalau Anda asal mencontoh meme yang telah ada.

  • Berhubungan dengan kejadian masa kini

    Seperti yang telah disebutkan diatas, meme berhubungan dengan kejadian yang sedang terjadi atau populer pada masanya. Karena itu, Anda bisa melihat apa yang sedang ngetren saat ini. Yang menjadi nilai plus adalah saat Anda bisa memilih meme yang bisa abadi dan berhubungan dengan hal-hal yang sering terjadi.

  • Pemilihan kata/video/gambar yang menarik

    Meme bertumpu pada 3 hal, gambar, video dan kata. Ketiganya saling berhubungan. Anda perlu merangkai kata menjadi kata-kata yang benar-benar mewakili apa yang hendak Anda sampaikan kepada penonton. Selain itu, pilihlah gambar atau video yang unik sehingga, orang-orang akan tertarik untuk melihatnya.

google_play_customer_io

(Visited 220 times, 1 visits today)