Faktor Pendorong Terjadinya Fraud Dalam Tim Sales dan Cara Mencegahnya

Fraud atau kecurangan merupakan suatu tindakan yang disengaja oleh satu individu atau kelompok dalam manajemen atau lingkungan perusahaan dengan menggunakan tipu muslihat untuk memperoleh satu keuntungan secara tidak adil atau melanggar hukum. Dalam suatu perusahaan fraud sangat mungkin terjadi dan biasanya sering ditemukan pada bagian penjualan atau sales.

Sales menjadi salah satu area dalam bisnis yang riskan terkena fraud. Potensi fraud dalam sales dapat dipengaruhi oleh faktor fraud triangle, yaitu rasionalisasi, tekanan, dan peluang, khususnya di tengah pandemi seperti ini, dimana keuangan menjadi terasa sangat sulit, hal itu mampu mendorong seseorang untuk melakukan tindakan fraud.

Bagi sebagian orang yang telah melakukan tindakan fraud di masa krisis seperti saat ini, akan merasionalisasikan tindakannya sebagai sesuatu yang wajar dan menganggap perilaku yang mereka lakukan sebagai sebuah pembenaran dari cara mereka melakukan fraud. 

Baca juga: Lesu saat pandemi, transaksi EDC dibalap digital payment

Mengingat pandemi ini mendorong pembatasan aktivitas secara besar dan dalam jangka waktu yang panjang akan mengakibatkan banyak perusahaan yang menjadi lengah dan kehilangan control. Dalam mengatasi hal tersebut sebaiknya sebagai pemilik suatu bisnis Anda harus ingat bahwa kontrol yang renggang dapat dimanfaatkan oleh oknum perusahaan khususnya pada sales yang tidak jujur di perusahaan Anda.

Kita ambil contoh dalam kasus proses penjualan yang dilakukan oleh sales. Dalam hal ini bisa jadi sales Anda melakukan penjualan dengan customer fiktif atau bahkan tidak ada customer. Hal ini dilakukan dengan bekerjasama dengan departemen pengiriman. Order fiktif dengan departemen pengiriman tetap melakukan pengiriman namun akhirnya semua itu adalah pengiriman palsu yang dilakukan terus menerus dan akhirnya piutang tidak terbayar lalu hilang, kasus ini juga bisa mungkin saja terjadi di perusahaan Anda.

Selain itu hubungan kekeluargaan yang terlalu akrab dalam satu perusahaan dapat mendorong seseorang untuk melakukan fraud. Dalam situasi ini biasanya seseorang yang dicurigai melakukan tindakan fraud justru adalah karyawan yang sudah terlalu lama berada di satu bagian kerja tertentu. Hal ini dapat dimaklumi karena karyawan tersebut sudah mengetahui celah dari sistem untuk melakukan fraud tanpa meninggalkan jejak. Akan tetapi hal ini bukan serta merta pada lama atau sebentarnya karyawan Anda bekerja, tetapi kembali lagi kepada pribadi masing-masing karyawan Anda.

Tindakan fraud harus dicegah sedini mungkin. Karena efeknya sangat riskan bagi perusahaan. Jika tidak dicegah, ada kemungkinan divisi atau bagian lain berpotensi melakukan hal serupa. 

Berikut merupakan tindakan pencegahan dari fraud yaitu:

 

  • Melakukan Analisa Keuangan dengan Baik

 

Analisa keuangan dan aset dapat menghilangkan celah yang dapat dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Jika diperlukan gunakan sistem berbasis aplikasi yang lebih ketat dan aman.

Baca juga: Cara penggunaan EDC Machine beserta jenis-jenisnya

 

  • Sosialisasi SOP anti korupsi

 

Memberikan informasi tentang pentingnya kejujuran dan anti korupsi. Sosialisasikan kepada seluruh anggota perusahaan Anda serta lengkap dengan konsekuensi bagi yang melanggarnya. Berikan sanksi tegas pada pelaku fraud. Seperti pemecatan, dan tindak pidana.

  • Menerapkan sistem whistleblowing 

Sistem whistleblowing adalah sistem yang mengharuskan perusahaan untuk meningkatkan kesadaran para pemilik bisnis dalam mengenali karakteristik dan tanda-tanda fraud serta betapa pentingnya bagi pemilik bisnis untuk mengambil bagian untuk mengurangi risiko fraud dengan melaporkan temuan mereka.

Jika anda sudah mengerti dengan istilah Fraud. kini sudah waktunya Anda untuk berbenah. Jauhi tindakan ini, karena selain menyengsarakan kehidupan Anda tindak pidana juga dapat Anda tempuh akibat tindakan fraud yang dilakukan. Jadi ingatlah bahwa, fraud merupakan tindakan kejahatan yang tidak dapat di toleran.

 

(Visited 117 times, 1 visits today)