Bagi pelanggan atau konsumen yang seringkali melakukan transaksi pembelian online, maka payment gateway sangat dibutuhkan dan bermanfaat untuk memudahkan pembayaran. Hadirnya teknologi ini memberikanberbagai keuntungan bagi penjual dan pembeli secara cepat telah mengubah model bisnis ke arah transaksi online.

Cara kerja atau prosesnya yang serba otomatis memudahkan pihak yang bertransaksi secara online dibuat terpukau akan kemudahan teknologi tersebut. Berikut ini adalah berbagai keuntungan maupun kekurangan dari penggunaan payment gateway baik dari sisi pembeli maupun penjual yang perlu kamu ketahui.

Baca juga: Bagaimana rekonsiliasi otomatis dapat mempercepat kinerja perusahaan Anda

Keuntungan menggunakan payment gateway bagi pembeli

Payment gateway memberikan kemudahan dalam transaksi dengan metode sederhana dan aman bahkan tanpa harus repot-repot membuka situs bank atau pergi ke ATM. Dengan penggunaannya pembayaran dapat dilakukan secara langsung ketika masih di situs e-commerce, atau bahkan melalui gerai minimarket.
Kemudahan selanjutnya yaitu kamu dapat mengakses informasi tagihan pembayaran dan dapat dilakukan tanpa harus membuka laman atau situs lainnya, karena rangkuman tagihan yang harus dibayarkan sudah tersedia di laman yang sama ketika pembayaran akan dilakukan.

Keuntungan menggunakan payment gateway bagi penjual

Pemrosesan transaksi dapat dilakukan dengan cepat dan dalam waktu yang sangat singkat, walaupun terdapat ribuan transaksi.
Dapat mendeteksi adanya fraud sehingga dapat menghindari risiko kecurangan pada saat transaksi dilakukan, khususnya dalam transaksi yang menggunakan kartu kredit.

Penjual tidak lagi perlu menyediakan berbagai nomor rekening untuk diinformasikan kepada pembeli. Selain itu dengan teknologi ini, penjual bisa menerima uang dari pembeli terlepas apapun jenis rekening yang dimiliki oleh pembeli.

Dengan payment gateway dapat memperluas jangkauan bisnis mu. Pelanggan mu nantinya bisa membeli barang dagangan mu meski keberadaannya tidak di daerah tempat kamu membuka usaha. Tentu hal ini akan membuat bisnis mu menjadi lebih berkembang.

Sistem keamanan dalam payment gateway

Sebagian orang masih ragu untuk melakukan transaksi secara online, sebab rentan terhadap pencurian data oleh para hacker atau peretas. Kini, keraguan dan kekhawatiran tersebut tak lagi beralasan karena payment gateway telah dilengkapi dengan sistem keamanan yang memadai. Teknologi ini memiliki tiga sistem keamanan yang melindungi setiap transaksi konsumen.

Baca juga: B2B payment gateway sebagai solusi pasti dalam kemudahan berbisnis

Address Verification System (AVS)

Sistem ini melacak dan memeriksa rincian tagihan konsumen yang melakukan transaksi di merchant berdasarkan alamat yang tercantum pada data kartu yang sudah resmi terdaftar.

Card Security Code

Sistem ini berupa penambahan kode tiga digit angka yang harus dimasukkan oleh konsumen setiap melakukan transaksi pembayaran. Kode tersebut biasanya merupakan angka tiga digit terakhir yang harus dimasukan setelah konsumen memasukkan nomor kartu kredit atau debit saat bertransaksi.