Paper.id Blog – Kalian pasti tahu dong kartu ATM itu apa? Tapi kalian pernah tidak sih melihat secara cermat kartu ATM yang kalian miliki. Pada kartu ATM umumnya terdapat rentetang angka yang sering disebut Nomor ATM.

Nomor kartu ATM ini tidak boleh bocor, harus dirahasiakan oleh siapapun, hal ini bertujuan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak dinginkan seperti penyalahgunaan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Nah berikut pengertian apa itu nomor kartu ATM hingga fungsinya.

Baca Juga: Baca! Tips Melakukan Transaksi Online dengan Kartu Debit

Pengertian Nomor Kartu ATM

Nomor kartu ATM berbeda dengan nomor rekening, banyak sekali orang yang masih salah paham arti dari ini. Nomor kartu ATM merupakan sekumpulan digit sebagai pengenal yang terdiri dari 16 angka.

Letak dari angka ini berada di salah satu kartu ATM. Berbeda dengan nomor rekening, nomor rekening merupakan nomor yang tercantum dalam buku tabungan kalian.

Nomor kartu ATM biasanya memiliki tanggal kadaluarsa atau batas masa waktu kartu tersebut berlaku. Nah, kalau melebihi batas waktu yang telah ditentukan, maka kartu ATM kalian tidak akan bisa digunakan. Kalian bisa menggantinya dengan mengunjungi bank tempat kalian menabung.

Dimanakah Letak dari Nomor Kartu ATM?

Mungkin kalian bingung dan bertanya dimanakah letak nomor kartu ATM? Bagi sebagian orang pasti bertanya hal ini. Kalian mesti ingat, bahwa nomor yang berada di kartu ATM berbeda dengan nomor rekening.

Nomor rekening kalian tidak akan ditemukan pada kartu ATM, karena nomor rekening hanya tercantum pada buku tabungan pribadi kalian. Sedangkan nomor kartu ATM yang berisi 16 digit akan kalian jumpai pada bagian sisi depan kartu ATM itu sendiri.

Fungsi Nomor Kartu ATM

Nomor yang terdapat pada kartu ATM memiliki fungsi untuk terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Pada dasarnya fungsi dari nomor kartu ATM itu sendiri sebagai identitas dari kartu ATM tersebut.

Setiap nasabah bank akan meiliki nomor ATM yang berbeda-beda. Selain itu juga, ini bisa dijadikan alat pencatatan, dan validasi transaksi baik itu tarik tunai, transfer, hingga melakuakuan pembayaran digital.

Baca Juga:5 Bisnis Online Untuk Mahasiswa dan Mudah Dilakukan!

Kesimpulan

Nah itulah pengertian hingga fungsi dari nomor kartu ATM yang bisa kalian pahami. Nomor kartu ATM sangat penting dan wajib bagi kalian untuk menjaganya. Selain itu juga, kartu ATM bisa dijadikan pembayaran media elektronik seperti e-payment.

Untuk kalian yang memiliki bisnis, tentu kalian harus menyediakan berbagai metode pembayaran salah satunya e-payment. Hal ini bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan.

Kalian bisa menggunakan Payment Gateway dari Paper.id yang dapat memudahkan proses pembayaran transaksi bagi para pelanggan, selain itu juga Paper.id menjamin keamanan data dari transaksi yang dilakukan. Yuk Buruan Daftar Sekarang Juga!