Horeca adalah sektor industri jasa makanan yang terdiri dari perusahaan yang menyiapkan dan menyajikan makanan dan minuman. Istilah Horeca merupakan singkatan dari kata Hotel, Restoran, Catering.

Jika Anda yang mengelola hotel, restoran, atau kafe, dalam hal ini tentunya pemasok bahan makanan merupakan hal yang harus Anda perhatikan mengingat sama pentingnya dengan layanan yang Anda berikan.

Baca juga: Pembayaran B2B & jenis-jenisnya dalam bisnis

Faktanya, manajemen pemasok merupakan aspek penting dari industri makanan. Ini karena kualitas bahan baku mempengaruhi kualitas makanan, biaya makanan, dan reputasi usaha Anda.

Sebagai pemilik usaha atau bisnis Horeca, Anda harus tahu bagaimana memilih pemasok makanan Horeca terbaik, sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat dalam menjalankan usaha atau bisnis Anda.

Bagaimana Memilih Pemasok Horeca Terbaik?

Dalam memilih supplier bahan baku dibutuhkan ketelitian atau kecermatan disaat memilih penyedia bahan baku. Karena jika dilakukan secara asal maka akan mendatangkan kerugian. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan saat memilih supplier Horeca.

Produk Berkualitas Tinggi

Dalam memilih supplier Horeca, pilihlah distributor Horeca yang menawarkan apa yang Anda butuhkan untuk mengelola restoran, hotel, kafe bisnis Anda.

Namun yang perlu Anda perhatikan yaitu, mereka harus memiliki sumber daya untuk menyediakan produk dengan kualitas terbaik untuk bisnis Anda.

Bahan lokal

Untuk bahan makanan, yang terbaik adalah membeli produk lokal segar yaitu bahan makanan dari distributor Horeca yang memiliki reputasi baik. Ini akan membantu meningkatkan kualitas hidangan Anda dan memperkuat komitmen bisnis Anda kepada masyarakat guna memastikan keberlanjutan usaha atau bisnis Anda.

Cek harga dari masing-masing vendor

Saat mencari pemasok Horeca, pilihlah pemasok yang peduli dengan apa yang mereka lakukan atau yang mereka jual. Bagi banyak pemilik restoran, harga ideal biasanya merupakan kompromi terbaik antara kualitas, biaya, dan layanan.

Pilihlah pemasok yang menawarkan harga yang wajar untuk bahan baku yang Anda perlukan. Anda juga dapat bertanya kepada mereka tentang diskon dan harga grosir.

Layanan pelanggan yang sangat baik

Kualitas pemasok makanan Horeca yang andal adalah mengenai ketepatan waktu, manajemen dan organisasi pesanan yang sempurna serta kepatuhan terhadap aturan industri.

Pemasok yang Anda pilih harus memperhatikan kebutuhan, pengiriman, dan jadwal Anda. Mereka harus memahami bisnis Anda, menawarkan layanan yang disesuaikan, dan mampu menangani keadaan darurat dan insiden tak terduga.

Baca juga: Perbedaan harga pokok penjualan vs harga jual

Jalin komunikasi dengan mereka

Saat menyelesaikan vendor Anda, tanyakan apakah mereka menawarkan dukungan tambahan atau layanan unik untuk membantu bisnis Anda. Misalnya, banyak distributor Horeca memberikan informasi teknis tentang produk mereka, menjelaskan berbagai kegunaannya dalam resep yang berbeda, menyarankan ide-ide inovatif, jika diperlukan. Ini akan membantu Anda memaksimalkan pembelian Anda.

Komunikasi yang cepat

Ketika Anda bekerja di industri makanan, kualitas dan waktu adalah yang paling penting. Jadi, ketika memilih pemasok Horeca, Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki pemahaman dan komunikasi yang sefrekuensi dengan mereka guna menunjang kelancaran usaha Anda. Karena jika hal ini terbentuk maka akan membuat Anda lebih fokus pada aktivitas sehari-hari Anda tanpa khawatir tentang pengiriman bahan makanan dan bahan baku.

Logistik

Pertimbangkan untuk memilih pemasok yang waktu pengirimannya memudahkan Anda menjalankan bisnis. Bukan aturan praktis, tetapi Anda harus memeriksa jarak perusahaan pemasok Anda dari restoran Anda sebagai faktor yang berpotensi mempengaruhi alur kerja Anda.