Paper.id Blog – Hal yang terpenting dalam bisnis di bidang kesehatan, atau kecantikan apapun itu ialah manajemen distribusi pasokan. Saat ini kita berada di kompetisi yang cukup sulit, dan banyak akan ketidakpastian.

Tentunya ini akan mempersulit tim rantai pasok atau supply chain untuk beroperasi secara efisien dan menciptakan keunggulan baru secara kompetitif. 

Untuk hal ini, berikut beberapa tantangan distribusi rantai pasokan yang dihadapi bisnis kesehatan, kecantikan. Dengan memahami tantangan ini, bisa dijadikan insight baru untuk membuat keputusan juga strategi yang tepat kedepannya. 

Baca Juga: Cashflow, Wajib Mengenal Lebih Jauh Istilah nya Untuk Para Pebisnis

Mencukupi Permintaan Customer 

Sangat sulit sekali membuat konsumen puas dengan pengiriman bahan baku selama 4-6 minggu. Saat ini, kebanyakan konsumen meminta pengiriman produk kesehatan juga kesehatan dikirim hanya dalam hitungan jam atau hari, bukan hitungan mingguan. 

Selain itu juga, informasi yang didapat secara real-time juga dibutuhkan oleh konsumen, proses transparan, hingga transaksi yang dilakukan sederhana juga sangat dicari oleh kebanyakan konsumer. 

Data yang diambil dari Sci.ca, mengatakan bahwa sebanyak 46% konsumen akan memilih toko yang memberikan pelayanan pengiriman yang cepat, kemudian sebanyak 49% konsumen lebih mengharapkan pengiriman produk dibawah 7 hari. 

Hal ini dapat disimpulkan bahwa para konsumen lebih memilih toko yang mempunyai pelayanan akan pengiriman barang cepat. 

Karena tuntutan ini pula yang memberikan tekanan kepada pihak manajemen rantai pasokan untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Berikut beberapa tantangan yang muncul untuk manajemen rantai pasokan. 

Trend industri yang berubah karena adanya pandemi 

Ketidakpastian di pasar yang selalu berubah menyebabkan gangguan besar di seluruh rantai pasokan baik itu di bidang kesehatan hingga kecantikan. 

Penyebab ketidakpastian saat ini disebabkan pandemi Covid-19 yang mempengaruhi rantai pasokan nasional dan internasional. Mulai dari pasokan utama bahan mentah juga suku cadang yang terus melangka sehingga tidak tersedia selama berminggu-minggu. 

Hal ini banyak menyebabkan strategi dari manajemen rantai pasokan berubah, dari yang mencoba efisiensi menjadi ketahanan. 

Kompleks nya industri supply chain di industri kesehatan  

Saat ini perkembangan rantai pasokan sangat lah kompleks. Sekarang, semakin banyak pemasok, mitra, hingga konsumen yang berkembang di bidang kesehatan dan juga kecantikan. 

Permintaan akan produk juga meningkat secara drastis. 

Susah mencari orang yang berbakat di bidang supply chain

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi industri dalam dekade mendatang adalah kekurangan orang yang terus berlanjut, terutama di bidang transportasi, di mana pengganti pengemudi yang sudah pensiun tidak dapat ditemukan dengan cukup cepat.

Secara keseluruhan, industri sedang berjuang untuk menemukan karyawan dengan keterampilan dan pengalaman yang tepat. 

Keahlian dalam menganalisa

Dalam pengambilan keputusan, dibutuhkan data yang pasti dan solid. 

Keputusan yang baik membutuhkan metrik yang solid. Memberikan wawasan menyeluruh yang diperlukan untuk memenuhi tuntutan saat ini hampir tidak mungkin dilakukan tanpa transparansi dan metrik yang solid yang diperoleh melalui analitik yang kuat.

Penerapan Teknologi Digital

Saat ini teknologi telah mendorong berbagai produktivitas, efisiensi, hingga layanan pelanggan. Transformasi digital telah membantu rantai pasokan dalam meningkatkan pelayanan, hingga kepuasan pelanggan. 

Dengan menggabungkan data yang ada serta kemampuan analisis, maka dapat mendorong inovasi-inovasi yang baru dalam meningkatkan peningkatan pelayanan rantai pasokan.

Nah buat kalian yang masih bingung dengan penerapan teknologi digital, kalian tidak perlu lagi repot untuk memikirkan resource hingga penerapan teknologi yang membutuhkan biaya besar. 

Kalian bisa menggunakan aplikasi pembayaran digital dari paper.id.

Dengan paper.id kalian bisa dengan mudah melakukan pembayaran ke supplier tanpa ribet. Selain itu kalian bisa melakukan pengelolaan distribusi pasokan barang dengan mudah dengan fitur software inventory didalamnya. Kalian bisa daftar dengan klik button yang dibawah. 

Baca Juga: Apa itu Kartu Kredit? Berikut Fungsi dan Cara Kerjanya

Memecahkan tantangan distribusi rantai pasokan

Terakhir, pemecahan masalah yang dialami rantai pasokan memaksa mereka para pelaku industri seperti kesehatan, kecantikan untuk memikirkan kembali bagaimana mereka menyampaikan produk mereka kepada konsumen, serta menciptakan peluang baru untuk langsung bisa disalurkan ke konsumen. 

Nah tantangan ini lah yang harus dipahami oleh para pelaku rantai pasokan, sehingga mereka dengan mudah mengelola sesuai bidang industri seperti kesehatan, juga kecantikan.