Dalam dunia bisnis yang kompetitif, seringkali perusahaan harus menghadapi tantangan dalam menjaga keseimbangan keuangan mereka. Salah satu permasalahan umum yang kerap muncul adalah kesulitan dalam membayar supplier karena batas waktu pembayaran yang sangat pendek.

Ketika uang tunai tidak selalu tersedia dalam jumlah yang memadai untuk memenuhi kewajiban ini, hal ini dapat dengan cepat menghambat cash flow bisnis dan mengakibatkan tekanan keuangan yang signifikan. Namun, di tengah permasalahan ini, solusi muncul dalam bentuk kartu kredit, yang bisa menjadi penyelamat bagi perusahaan-perusahaan yang menghadapi tantangan serupa.

Kartu kredit bukan hanya alat pembayaran yang praktis, tetapi juga instrumen keuangan yang mampu memperlancar aliran kas bisnis. Artikel ini akan menjelaskan mengapa kartu kredit sangat penting dalam mengatasi kendala cash flow, serta bagaimana pengusaha dapat memanfaatkannya dengan bijak untuk menjaga kestabilan keuangan perusahaan mereka. Berikut 4 alasan menggunakan kartu kredit untuk meningkatkan arus kas bisnis.

Baca Juga: Cara Cerdas Memahami dan Mengelola Biaya Kartu Kredit Bisnis

1. Memperpanjang Tempo Tanpa Nego

Dengan kartu kredit, kamu bisa mendapatkan tambahan tempo 30 – 45 hari (bergantung kepada bank penerbit kartu kredit tersebut). Mekanismenya sama dengan saat kamu membeli barang untuk kebutuhan pribadi.

Kamu hanya tinggal membayar supplier dan tagihannya baru akan tiba di bulan depan. Selain itu, ada juga tambahan tempo 15 hari setelah tanggal cetak tagihan, tentunya ini menyenangkan kan? Yang paling penting, kamu bisa mendapatkan tempo secara langsung tanpa harus nego.

2. Pembiayaan Jangka Pendek Tanpa Bunga

Pinjaman usaha kecil umumnya dipatok dengan suku bunga berkisar antara 7% sampai 13% per tahun, tidak termasuk biaya administrasi dan tahunan yang dikenakan di atas bunga.

Dengan kartu kredit, kamu memiliki periode bebas bunga hingga 2 bulan mulai dari saat kamu melakukan tagihan ke kartu kredit kamu, hingga akhir periode pembayaran. Ini tentunya sangat membantu perusahaan yang berurusan dengan arus kas yang tidak stabil serta bisnis yang ingin memanfaatkan dana tambahan untuk keperluan lain atau investasi lain.

3. Tidak Membutuhkan Jaminan

Dengan pinjaman usaha kecil, atau agunan seringkali diperlukan aset seperti inventaris yang kamu miliki sebagai jaminan bank atau sebagai asuransi jika kamu gagal memenuhi pembayaran bulanan kamu.

Namun, dengan jalur kredit yang telah disetujui sebelumnya pada kartu kredit yang kamu miliki, tidak perlu lagi jaminan atau dokumen administrasi tambahan yang menjadikan ini cara tercepat untuk mendapatkan pinjaman jangka pendek, hanya dengan menempatkan pembelian kamu pada kartu kredit yang ada. Ini memberi kamu akses cepat ke kredit, tanpa waktu tunggu yang lama atau proses administrasi yang rumit.

Baca Juga: Bagaimana Paper.id Membantu Cash Flow Nasi Kulit Mak Judes Lancar?

4. Bisa Mengatur Pengeluaran Bisnis Lebih Mudah

Dengan beberapa pembelian dan faktur dalam sebulan, usaha kecil biasanya memerlukan jam kerja administrasi manual setiap bulan untuk memastikan rekonsiliasi yang tepat dan akurat.

Ini menjadi lebih rumit dengan beberapa pembayaran yang hanya dapat dilakukan melalui cek atau transfer bank ketika penerima tidak menerima kartu kredit. Dengan semua pembayaran yang dilakukan melalui kartu kredit, pembayaran dikompilasi hanya pada satu laporan kartu kredit. Ini menyederhanakan proses akuntansi kamu karena semua pembayaran tercermin dalam satu lokasi sehingga memungkinkan rekonsiliasi yang disederhanakan hanya membutuhkan lebih sedikit waktu dan tenaga yang lebih sedikit.

Melihat penjelasan di atas, kamu tentunya paham mengenai pentingnya kartu kredit dalam bisnis. Ini karena bisa memberikan tambahan tempo 30 – 45 hari. Tapi, bagaimana kalau bisa sampai 55 hari?

Jawabannya dengan PAPERCARD, kartu kredit bisnis yang bisa #SwipeUpYourLife! Kartu kredit bisnis pertama yang menggabungkan benefit perrsonal & bisnis. Dengan kartu ini, cash flow kian lancar berkat tempo yang panjang. Apalagi, urusan pencatatan bisnis jadi aman, karena setiap transaksi tercatat & terbagi otomatis tanpa harus direkap satu-satu.

Yang lebih hebat lagi, dapatkan cashback 0,1% di setiap transaksi bisnis, sehingga biaya transaksi bisnis yang awalnya 1,5% jadi 1,4% dengan PAPERCARD. Limit-nya besar, hingga Rp 1 miliyar! Restock barang dalam jumlah banyak ke supplier tidak lagi jadi masalah! Info lebih lanjut tentang PAPERCARD bisa klik di tombol bawah! Apalagi, kamu bisa mendapatkan diskon-diskon menarik dari merchant yang bekerjasama dengan BRI dan Visa. Serta, setiap kelipatan transaksi Rp100 ribu akan terkonversi menjadi 12 GarudaMiles (Rp8.333/miles). Klik di bawah untuk cari tahu lebih lengkap soal PAPERCARD!

Daniel Nugraha