Resmi Diluncurkan di Indonesia, Ini Pentingnya E Materai Bagi Anda

Pandemi Covid-19 yang telah banyak mempengaruhi gaya hidup, perilaku bahkan tatanan dan kebiasaan pada umumnya turut mengubah penggunaan teknologi digital, seperti halnya kegiatan transaksi yang juga beralih ke platform digital. Maraknya transaksi elektronik mengakibatkan pula perubahan dokumen yang dilakukan juga secara elektronik.

Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin cepatnya perkembangan teknologi informatika turut serta mempengaruhi perkembangan di berbagai sektor, salah satunya yaitu dalam ekonomi digital. Mendukung hal tersebut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati secara resmi telah mengeluarkan meterai elektronik atau e materai dalam rangka mengubah ekonomi Indonesia menuju ke arah yang lebih baik lagi.

Meterai elektronik atau e materai adalah salah satu jenis materai yang dibuat dengan menggunakan format elektronik dan mempunyai ciri khusus yang mengandung unsur pengamanan yang dikeluarkan oleh pemerintah Republik Indonesia, dan dapat dipakai atau dipergunakan untuk membayar pajak atas dokumen elektronik yang telah terhubung dengan sistem elektronik.

Baca juga: Luncurkan produk BNPL B2B, Paper.id ingin bantu UMKM

Perbedaan materai elektronik atau e materai

Adapun yang membedakan materai elektronik atau e materai secara fisik, berbeda halnya dengan penggunaan materai pada umumnya yang selama ini direkatkan pada dokumen yang membutuhkan bea materai. Sebaliknya pada e-materai yang mengacu pada PP 86/2021, merupakan atau berupa label yang penggunaannya dilakukan dengan cara dibubuhkan pada dokumen melalui suatu sistem tertentu.

Adapun yang menjadi ciri khusus dari e materai atau materai elektronik:

  • Materai elektronik atau e-materai dalam menunjukan keasliannya yaitu terteranya kode unik berupa nomor seri pada masing-masing e-materai.
  • Pada setiap masing-masing e-materai terdapat keterangan tertentu dan simbol gambar lambang negara garuda pancasila.
  • Terdapat tulisan “MATERAI ELEKTRONIK” serta angka dan tulisan yang menginformasikan besaran tarif bea meterai.

Diluncurkannya materai elektronik atau e materai membuat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menyiapkan seluruh kesiapan mulai dari sisi teknikal sampai pada aplikasi yang bekerja sama dengan Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) yang ditunjuk sebagai institusi sah yang telah mengeluarkan materai elektronik. DJP dan Perum Peruri mengharapkan bahwa dengan adanya materai elektronik atau e-materai akan meningkatkan pengalaman pemeteraian dalam beberapa aspek seperti pada aspek keamanan, kenyamanan, ketersediaan, dan kemudahan bagi masyarakat.

Baca juga: Bagaimana credit card mempermudah proses pembayaran bisnis Anda

Teknologi keamanan pendukung e-materai

Yang harus diketahui oleh masyarakat luas dalam penggunaan e-materai yaitu bahwa meterai elektronik telah di rancang dengan teknologi digital signature X.509 SHA 512 yang menggunakan tiga fitur keamanan tambahan seperti:

  • OVERT, dimana 70% desain e materai elektronik merupakan barcode unik yang berbeda pada setiap meterai.
  • COVERT, yaitu dimana peruri seal hanya dapat dibaca dengan scanner atau aplikasi khusus dari peruri dan signature panel yang dapat dilihat menggunakan aplikasi pdf adobe acrobat reader.
  • Pembuktian forensik oleh Peruri.

Dalam melakukan distribusi materai elektronik atau e-materai tersedia melalui portal e materai yang dapat menghubungkan individu dengan memesan secara langsung dan mempermudah perusahaan dalam melakukan pembelian maupun pembubuhan secara langsung.

(Visited 127 times, 1 visits today)