fbpx Paper.id - Invoicing #1 di Indonesia

5 Hal Penting dalam Sistem Invoice Penjualan Untuk Bisnis Kecil

Mirrza A. Akbar | August 23, 2018
5 Hal Penting dalam Sistem Invoice Penjualan Untuk Bisnis Kecil - Invoice Penjualan

Rate this post

As small business, your invoice system has to be bigger than your company. Bagaimana jika invoice penjualan dalam transaksi memiliki kualitas buruk? Jangan sampai Anda melalaikan hal kecil tersebut. Karena ketika Anda berbisnis dengan perusahaan besar atau kecil, mereka pantas mendapat invoice yang well-designed.

Barang atau layanan sudah oke. Respon Anda juga sudah baik. Tapi, apakah Anda masih menggunakan invoice berupa buku yang dapat disobek per lembarnya? Bukannya sudah tidak zaman lagi Anda memakai invoice seadanya? Ayo, perhatikan lagi detail bisnis Anda sampai ke tahap akhir!

Jadi, apa saja yang dapat meningkatkan kualitas invoice penjualan Anda?

Nomor dan Tanggal Invoice

Elemen nomor invoice sangat penting dibuat. Banyak pendapat bagaimana cara menomori invoice. Ada invoice dengan perpaduan huruf dan angka. Ada invoice yang ditandai dengan nama proyek tertentu. Ada juga yang menggunakan full number.

Semua tergantung kebutuhan dan preferensi bisnis Anda. Tapi kami menyarankan agar Anda memakai nomor invoice dengan full number. Penomoran invoice dengan nomor unik akan memudahkan pembukuan dan tracking. Apakah nomor sudah digunakan? Apakah ada nomor yang terlewat?

Bagaimana melacak penjualan kalau sistemnya manual? Daripada ribet lebih baik coba penomoran invoice otomatis di Paper.id. Software invoicing yang membantu kamu membuat nomor invoice penjualan dan invoice pembelian. Anda akan memiliki nomor terstruktur yang terupdate otomatis.

Perubahan Pesanan

Situasi ini khusus disajikan untuk kasus nomor invoice. Jika ada perubahan pesanan, berikan kejelasan kepada klien dengan membuat invoive penjualan baru juga. Jangan hanya menambahkan informasi lewat invoice yang telah dikirim.

Pembayaran Lebih Cepat

Pembayaran Lebih Cepat - Invoice Penjualan

Klien Anda dapat lebih jelas menerima invoice penjualan melalui Paper.id. Karena invoice penjualan maupun pembayaran yang Paper.id lakukan memiliki nomor spesifik. Dengan cara ini, Anda dan klien akan tahu invoice mana yang sudah dibayar dan berapa jumlahnya.

Anda sebagai pemilik usaha kecil harus mempertimbangkan metode pembayaran. Mengapa? Hal ini bukan semata-mata mengikuti perkembangan zaman saja. Tapi Anda bisa memperluas “jaring tangkapan” calon pembeli Anda. Hal ini juga membuat pembeli Anda tidak mengurungkan niat mereka karena pembayaran yang merepotkan.

Istilah dan Jargon Perusahaan

Jangan berpikir kalau jargon khas tidak perlu Anda sematkan dalam invoice. Tentu saja, sangat diperlukan! Penggunaan jargon yang biasanya satu paket dengan logo. Ini juga merupakan branding perusahaan yang dapat menarik lebih perhatian dan menambah nilai di mata klien Anda.

Hal ini membuat klien Anda lebih dekat mengenal usaha Anda. Setiap perusahaan memiliki terminologi dan jargon dalam bahasanya masing-masing. Mungkin Anda sebagai pemilik usaha memahaminya namun, klien Anda tidak. Kami menyarankan agar Anda menggunakan bahasa dan kata-kata yang digunakan secara umum.

Detail-detail Invoice Penjualan

 

Detail-Detail Invoice Penjualan - Invoice Penjualan

Ini adalah bagian terpenting. Anda harus menyatakan dengan jelas layanan atau barang yang sudah selesai dikerjakan atau dibeli. Serta detail apa saja yang harus klien Anda membayar. Anda bisa memasukan items list dibawah ini untuk invoice penjualan kepada klien.

  • Layanan yang dilakukan atau barang yang dibeli
  • Kapan waktu layanan dikerjakan
  • Berapa lama layanan dikerjakan
  • Jumlah kuantitas yang dibeli
  • Rate per jam atau per item
  • Jumlah barang atau layanan
  • Sub-total
  • Ongkos pajak
  • Total

Apakah usaha kecil (atau menengah) Anda ingin berada di next level? Kalau iya, Anda benar-benar harus mempertimbangkan memasukkan poin-poin diatas ke dalam invoice penjualan Anda. Tapi tentu saja Anda memiliki kewenangan untuk memilih sesuai dengan kebutuhan.

Maka dari itu, buatlah customized invoice penjualan dan invoice pembelian di Paper.id. Karena invoice yang  personalised, indah dan profesional hanya dibuat oleh Paper.id. Klien Anda dapat merasa lebih dekat dengan barang atau jasa yang Anda tawarkan.

Invoice tidak hanya sekedar kertas transaksi yang dilakukan. Namun daripada itu, invoice memungkinkan usaha Anda untuk terlihat menonjol. Yang terpenting, selalu memperhatikan kiat-kiat dalam membuat invoice penjualan agar dapat dibayar tepat waktu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *