fbpx Paper.id - Invoicing #1 di Indonesia

5 Jenis Perusahaan yang Bisa Kamu Temukan di Indonesia

Fery Andriawan | April 15, 2019
Jenis Perusahaan

Jenis Perusahaan

Rate this post

Jenis Perusahaan- Perusahaan adalah sebuah organisasi yang dibuat untuk menghasilkan uang. Segala kegiatan proses produksi yang dilakukan bertujuan untuk menyediakan produk yang diinginkan oleh para konsumen atau pelanggan. Di Indonesia, tidak semua perusahaan bisa bertahan dalam waktu yang lama sebab target pasar yang tidak terlalu luas seperti di negara lain.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, kedatangan perusahaan rintisan sedikit mengubah peta di tanah air. Jika kamu berencana untuk membuat sebuah perusahaan baru, kamu harus tahu terlebih dahulu beberapa jenis perusahaan yang biasa ditemukan di Indonesia. Apakah kamu sudah mengetahui sebelumnya?

1. Perusahaan Ekstraktif

Perusahaan Ekstraktif

Perusahaan Ekstraktif

Ini merupakan sebuah jenis perusahaan di Indonesia yang mana mengambil kekayaan alam secara langsung. Karena berhubungan dengan hak milik negara, peraturan dari perusahaan ini cukup ketat. Biasanya Perusahaan Ekstraktif menggali, mengambil dan mengolah sumber daya alam agar bisa digunakan untuk kebutuhan manusia dan kebutuhan secara kelompok bukan untuk pribadi.

Singkatnya, Perusahaan Ekstraktif merupakan pihak pertama yang mengelola sumber daya alam tanpa melalui proses sebelumnya. Dengan kata lain, mereka memegang bahan mentah yang bisa dijadikan berbagai macam produk untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Beberapa contoh Perusahaan Ekstraktif yang ada di Indonesia misalnya Pertambangan, Pertanian hingga Penebangan Kayu. Namun biasanya, ada sebagian oknum yang menyalahgunakan wewenang untuk mendapatkan kekayaan ataupun keuntungan pribadi.

2. Perusahaan Manufaktur (Industri)

Perusahaan Manufaktur

Perusahaan Manufaktur

Selanjutnya, Perusahaan Manufaktur adalah sebuah kegiatan bisnis yang mana dikelola dengan cara mengubah fungsi dari barang mentah atau bahan baku menjadi sebuah produk yang bisa digunakan oleh manusia. Penggunaan kata Manufaktur memang terasa masih sangat awam dalam kehidupan sehari-hari sebab banyak orang mengenalnya dengan nama Industri.

Perusahaan Manufaktur sudah digagas sangat lama. Pada tahun 1913, Henry Ford sengaja memproduksi masal mobil agar semua orang bisa menikmati alat transportasi yang sama. Sejak saat itu, industri berkembang pesat hingga mencakup seluruh aspek kehidupan di dalam bermasyarakat, mulai dari komunikasi, transportasi, tekstil bahkan hingga produsen makanan.

Beberapa contoh hasil dari Perusahaan Manufaktur bisa kamu lihat dalam kehidupan sehari-hari, seperti smartphone yang selalu kamu genggam, baju yang kerap kamu gunakan, motor atau mobil yang selalu kamu naiki hingga perhiasan yang digunakan sebagai salah satu kebutuhan tersier.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Perusahaan Manufaktur Beserta Contohnya?

3. Perusahaan Agraris

Perusahaan Agraria

Perusahaan Agraria

Jenis Perusahaan selanjutnya ini adalah mengelola tanah dan memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Perusahaan Agraris ternyata sudah ada sejak 10 ribu tahun lalu sebab jaman dulu orang memang cenderung bisa bertahan hidup dengan cara menggunakan tanah dan laut untuk mencari makanan.

Beberapa jenis Perusahaan Agraris yang cukup terkenal dan masih dikembangkan hingga saat ini adalah pertanian, tambak ikan, perkebunan hingga holtikultura. Jangan heran, beberapa negara besar di dunia, salah satunya Selandia Baru, telah memiliki metode termutakhir agar bisa membudidayakan jenis Perusahaan Agraris tersebut.

Bahkan, di Selandia Baru, bercocok tanam sudah menjadi hobi nasional yang banyak dilakukan oleh warga lokal. Di beberapa lokasi, masih ada komunitas yang kerap melakukan barter tanaman untuk mendapatkan produk lainnya. Hal tersebut membuat Selandia Baru menjadi negara yang ramah bagi para penyuka tanaman dan pertanian.

4. Perusahaan Jasa

Endorse selebgram

Endorse selebgram

Perusahaan Jasa adalah sebuah bisnis yang menghasilkan uang dengan cara menyediakan jasa. Dengan kata lain, yang dijual oleh perusahaan jenis ini bukanlah produk melainkan keterampilan dari sang penyedia. Contohnya adalah fotografer, mereka bisa mendapatkan uang dari konsumen bukan karena menjualkan produk melainkan menjual keahlian sehingga hasilnya bisa dinikmati pelanggan.

Saat ini, penjabaran dari Perusahaan Jasa juga semakin meluas dan mencakup banyak sekali jenis pekerjaan baru, mulai dari konsultan, pendidikan (menyediakan tutor online), transportasi (jasa ojek online), acara (event organizer), logistik (kurir atau jasa antar barang) hingga media (website online).

Bahkan, Fortune, media besar di dunia, menempatkan satu perusahaan jasa ke dalam peringkat ke-8 dari 10 perusahaan dengan penghasilan terbesar di dunia. Perusahaan Jasa yang dimaksud adalah Netflix, penyedia tayangan hiburan dan juga production house terkemuka asal Amerika Serikat.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Laporan Keuangan Perusahaan Jasa?

5. Perusahaan Dagang

Laporan Keuangan Perusahaan Dagang - bastewartcpa

Laporan Keuangan Perusahaan Dagang – bastewartcpa

Perusahaan Dagang merupakan sebuah bisnis yang dilakukan dengan menjual sebuah produk tanpa mengubah lagi wujud dari produk yang ia beli sebelumnya dari pihak pemasok (supplier). Nantinya, produk tersebut akan dijual kepada pelanggan untuk mendapatkan keuntungan. Semakin banyak produk yang dibeli dari pihak pemasok, semakin murah pula ongkos yang mereka keluarkan.

Baca Juga: Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Terlengkap

Perusahaan Dagang memerlukan penghitungan yang akurat. Untuk itu, kamu membutuhkan sebuah Software Akuntansi yang bisa memudahkan hal tersebut. Selain Laporan Keuangan, kamu juga bisa melakukan pengiriman Invoice hingga Pengelolaan Stok Otomatis. Jika kamu ingin hal tersebut secara Gratis, silahkan klik tombol yang tertera di bawah ini.

 

Satu tanggapan untuk “5 Jenis Perusahaan yang Bisa Kamu Temukan di Indonesia”

  1. […] Baca Juga: 5 Jenis Perusahaan yang Bisa Kamu Temukan di Indonesia […]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *