fbpx Paper.id - Invoicing #1 di Indonesia

Bagaimana Cara Membuat Laporan Keuangan Perusahaan Jasa?

Fery Andriawan | April 9, 2019
Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Rate this post

Laporan Keuangan Perusahaan Jasa- Dalam bisnis, revenue atau keuntungan selalu menjadi fokus utama para pelaku usaha. Namun, sebelum membicarakan masalah laba tersebut, seorang pelaku usaha harus terlebih dahulu membuat Laporan Keuangan. Sebab, di dalam Laporan Keuangan itu akan tercatat seluruh aktivitas bisnis, bukan hanya pemasukkan melainkan juga pengeluaran.

Di dalam bisnis, terdapat dua jenis Laporan Keuangan yakni Laporan Keuangan Perusahaan Dagang dan Laporan Keuangan Perusahaan Jasa. Jika kamu memiliki usaha yang mana menjual sebuah ‘objek atau benda’, itu berarti kamu harus mempelajari tentang Perusahaan Dagang. Ketahui lebih lanjut, dengan klik artikel disini.

Baca Juga: Begini Cara Membuat Laporan Keuangan Perusahaan Dagang dengan Mudah

Buat kamu yang ingin tahu lebih lanjut mengenai Laporan Keuangan di dalam sebuah Perusahaan Jasa, kamu bisa baca artikel ini hingga selesai. Sebelum masuk ke dalam cara penghitungan, mari kita belajar terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Perusahaan Jasa. Apa bedanya dengan Perusahaan Dagang?

Apa itu Perusahaan Jasa?

laporan laba rugi perusahaan jasa - core accounting

laporan laba rugi perusahaan jasa – core accounting

Perusahaan Jasa merupakan sebuah jenis bisnis yang menawarkan jasa terhadap orang lain. Hal tersebut tentunya berbeda dengan Perusahaan Dagang yang biasanya memiliki benda atau objek secara kasat mata. Contoh dari Perusahaan Jasa ini adalah konsultan, barbershop, bisnis travel, bisnis laundry dll.

Dalam prosesnya, sebagian besar perusahaan jasa tidak membutuhkan modal ataupun bahan baku. Sebab, apa yang mereka jual berdasarkan pengalaman dan juga ketelitian mereka dalam sebuah projek. Misalnya, konsultan keuangan. Mereka hanya membutuhkan riset dan juga tingkah laku dari kliennya. Kemudian, ia hanya harus menyimpulkan ‘aktivitas’ apa yang seharusnya tidak perlu dilakukan lagi.

Tanpa menggunakan modal bukan berarti menjalani usaha di bidang jasa ini mudah dan menguntungkan. Sebab, saat ini, sangat sulit juga mencari klien yang mempercayai sebuah usaha baru. Oleh karena itu, testimoni merupakan ‘kekuatan utama’ dari strategi marketing sebuah perusahaan jasa. Jika kamu baru mendirikan dan sulit mendapatkan klien, bagaimana bisa mendapatkan banyak testimoni?

Baca Juga: Begini Cara Membuat Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa

Laporan Keuangan

Jenis Laporan Keuangan

Jenis Laporan Keuangan

Laporan Keuangan adalah sebuah catatan tertulis yang mana merekap seluruh kegiatan bisnis dalam satu periode, baik itu pemasukkan hingga pengeluaran. Dokumen ini sangat penting sebab akan menentukan sebuah bisnis apakah mendapatkan keuntungan atau bahkan sebaliknya. Terdapat beberapa komponen penting di dalam pencatatan Laporan Keuangan, meliputi:

  1. Laporan Neraca
  2. Laporan Laba Rugi
  3. Perubahan Modal (Ekuitas)
  4. Perhitungan Arus Kas.

Dalam membuat Laporan Keuangan, keakuratan sangatlah diperlukan karena akan menentukan strategi bisnis ke depannya. Kemudian, Laporan Keuangan juga digunakan untuk melihat perbandingan dengan periode sebelumnya. Dengan begitu, seorang pelaku usaha bisa menentukan strategi apa saja yang dibutuhkan dan mana yang harus dibuang. Lantas, bagaimana cara membuatnya?

Kamu penasaran dengan cara pembuatan serta seluruh komponen di dalam Laporan Keuangan? Kamu bisa baca lebih lengkapnya disini.

Baca Juga: Buat Pebisnis! 4 Jenis Laporan Keuangan Ini Harus Kamu Ketahui

Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Akuntansi Gratis

Laporan Keuangan Perusahaan Jasa dibuat untuk mengetahui posisi keuangan dalam sebuah periode bisnis. Biasanya, Laporan Keuangan ini akan tercatat di dalam buku besar karena menentukan nasib bisnis ke depannya. Dalam membuatnya, ada beberapa komponen yang harus dimasukkan sesuai dengan ketentuan dari Standar Akuntansi Keuangan, meliputi:

  1. Laba Rugi.
  2. Perubahan Modal (Ekuitas).
  3. Laporan Neraca.
  4. Perhitungan Arus Kas.
  5. Laporan Komparatif (Perbandingan)

Pembuatan dari Laporan Keuangan Perusahaan Jasa ini diharapkan dapat memberikan masukkan bagi strategi yang akan dilakukan ke depannya. Misalnya, menambahkan atau mengurangi budget untuk iklan hingga penambahan bahan baku modal demi meningkatkan hasil produksi.

Kamu kesulitan untuk membuat Laporan Keuangan? kenapa gak dibuat secara otomatis saja? Di Paper.id, kamu bisa membuat Laporan Keuangan dengan mudah karena kamu hanya harus memasukkan pemasukkan dan pengeluaran dalam bisnismu saja. Sisanya, biarkan Paper.id yang menyelesaikan.

Selain Laporan Keuangan, kamu juga bisa menggunakan Paper.id untuk mengatur stok barang dan juga mengirimkan Invoice kepada pelanggan kamu. Dalam satu aplikasi, kamu sudah bisa menyelesaikan seluruh urusan bisnismu. Semua layanan tersebut bisa kamu dapatkan secara Gratis. Caranya? Silahkan cari tahu lebih lanjut di bawah sini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *