Dalam berbisnis, piutang tak tertagih seringkali menjadi masalah yang sulit. Kamu sudah mengeluarkan segala cara untuk mengatasi hal itu, tapi masalah yang ada tidak bisa diselesaikan. Hasilnya, kamu jadi pusing karena tidak segera selesai.

Bukan itu saja, piutang macet juga bisa menganggu kelancaran bisnis kamu. Cash flow jadi macet dan berakibat ke aspek lainnya. Walhasil, para pengusaha yang sedang mengalami masalah ini ingin segera menyelesaikan masalah ini agar cepat selesai.

Lantas, gimana cara gampang untuk mengatasi piutang yang macet? Sebenarnya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari kendala ini.Berikut, ini, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan agar kalian bisa menghindari masalah piutang yang tidak tertagih.

Baca juga: Contoh surat tagihan untuk mendapatkan pembayaran 2 kali lebih cepat

Pengertian piutang

Sebelumnya, kita perlu tahu apa itu piutang. Piutang merupakan unsur dari aktiva lancar yang terjadi akibat penjualan barang, jasa, atau pemberian kredit kepada seseorang. Biasanya, pembayarannya menggunakan waktu tempo selama 30 hari hingga 90 hari.

Dengan kata lain, orang lain memiliki kewajiban untuk membayar sejumlah uang atau kredit kepada kita berdasarkan tempo waktu tertentu. Biasanya, piutang bisa terjadi karena adanya transaksi akan penjualan barang dan jasa dari sebuah perusahaan.

Kebijakan kredit yang ketat

Peraturan yang longgar sudah pasti memberikan celah bagi setiap orang untuk menghindari piutang. Karena itu, kamu bisa membuat kebijakan piutang yang ketat agar membantu kamu dalam melakukan piutang.

Perhatikan beberapa aspek yang berhubungan dengan penagihan piutang seperti masalah waktu jatuh tempo,besaran denda, dll. Setelah itu, hal ini dapat membantu kamu dalam mendapatkan ketentuan kebijakan yang tepat.

Dengan ketentuan yang ketat, kamu bisa menghindari masalah piutang yang tidak tertagih. Orang-orang tentunya akan berpikir 2 kali jika mereka ingin berhutang atau membeli sesuatu secara kredit berkat kebijakan yang pas.

Lakukan follow up secara intensif

Cara pertama yang wajib dilakukan oleh setiap perusahaan untuk mengatasi piutang tak tertagih adalah dengan melakukan follow up. Dengan melakukan hal ini, pihak yang tertagih akan segera membayarkan piutangnya.

Dalam melakukan follow up, ada banyak caranya. Pertama, kamu bisa menghubungi pihak yang tertagih secara intens namun tetap sopan. Kedua, kamu bisa mendatanginya jika piutang yang ada belum terbayar dalam waktu yang lama.

Seringkali, follow up menjadi cara yang mudah dan paling efektif karena, pihak yang tertagih akan ingat akan piutang yang mereka miliki. Yang terpenting, lakukan hal ini dengan sopan dan sesuai dengan SOP perusahaan kamu agar mereka tidak tersinggung.

Terapkan Denda

Selain follow up, ada cara lebih gampang yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi piutang tak tertagih. Terapkan denda kepada piutang agar menjadi reminder agar pihak yang tertagih akan membayar sebelum jatuh tempo.

Dalam menerapkan denda, pastikan untuk membuat peraturan yang masih bisa diterima oleh kedua belah pihak. Jangan membuat aturan denda yang terlalu memberatkan pihak yang tertagih sehingga, pihak yang tertagih tetap bisa melunasi piutang yang ada.

Dengan melakukan hal ini, mereka akan berusaha untuk membayar piutang sesuai dengan ketentuan yang ada. Tentunya, kamu tidak perlu lagi kesulitan untuk menagih mereka karena, mereka akan selalu ingat untuk menghindari denda.

Baca juga: Apa yang dimaksud hutang jangka pendek?

Lakukan penagihan secara agresif

Jika follow up masih belum berhasil maka, cara selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah dengan melakukan penagihan secara agresif. Dalam hal ini, kamu bisa menagih pihak yang tertagih dengan memberikan penagihan secara terus menerus.

Pastikan agar hal ini tidak menganggu yang tertagih dengan cara, memberikan penagihan secara teratur dan sopan. Jika kamu ingin cara yang mudah, kamu bisa menggunakan invoice dari Paper.id.

Paper.id merupakan software invoice gratis yang memiliki beragam fitur. Selain invoice, kamu juga bisa menggunakannya untuk membuat laporan keuangan dan mengatur stok barang kamu. Dengan interface yang mudah untuk digunakan, kamu bisa menggunakan software dari Paper.id dengan mudah. Tertarik untuk menggunakannya, klik link dibawah ini!

google_play_customer_io