Senin 6 Juli 2020, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bangka Belitung mengadakan acara seminar. Seminar tersebut bertajuk “Diversifikasi Produk bagi Wirausaha IKM Lada Terdampak COVID-19 Di Kabupaten Bangka Tengah”. Acara tersebut dimaksudkan untuk melatih para wirausaha yang tergabung dalam tingkatan industri kecil dan menengah yang terkena dampak COVID-19.

Acara tersebut dihadiri oleh 20 pelaku usaha hilirasi lada dan didampingi oleh staf-staf Disperindag Bangka Belitung. Selain itu, acara ini juga terbagi kedalam beberapa sesi dengan beberapa pembicara Dr. Reniarti, Dekan dari Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung (UBB), Ibu Ninda dari IKM Happy Drink, Ibu Darna dari IKM Kopi Lada, serta Puci Nuha Ramadhani selaku Head of Customer Service dari Paper.id.

Penanaman pentingnya digitalisasi usaha dalam kegiatan UMKM di Bangka Belitung

Acara dimulai oleh sambutan dari ketua Disperindag Bangka Belitung, Bapak Sunardi. Beliau menekankan pentingnya digitalisasi usaha sebagai langkah diversifikasi untuk dampak COVID-19 yang terjadi. Dengan begitu, setiap orang dapat meminimalisir dampak yang terjadi sembari mempersiapkan langkah pemulihan untuk memperbaiki keadaan usaha yang sempat morat-marit selama COVID-19 berlangsung.

Untuk membantu para peserta, acara tersebut menghadirkan beberapa narasumber yang dapat membantu mereka dalam memahami serta mengaplikasi digitalisasi usaha dalam bisnis mereka. Salah satu narasumber yang didatangkan adalah Puci Nuha Ramadhani. Beliau bertugas untuk menerangkan Paper.id, platform bisnis untuk membantu para pelaku usaha dalam mengelola usaha mereka dari sisi penagihan, pembukuan dan pengelolaan inventory usaha.

Pencatatan keuangan digital dengan Paper.id

Presentasi Paper.id oleh Puci Nuha Ramadhani, Head of Customer Service Paper.id

Presentasi Paper.id oleh Puci Nuha Ramadhani, Head of Customer Service Paper.id

Dalam sesi yang berlangsung mulai pukul 10.30, Puci menjelaskan mengenai cara penggunaan Paper.id dalam usaha. Di awal, para peserta dijelaskan mengenai cara memasukkan mitra dan produk dengan mudah. Selain itu, adanya fitur track stock yang bisa dinyalakan langsung membantu para peserta agar dapat melacak pertambahan atau pengurangan barang mereka secara langsung tanpa perlu mengubah data jika ada pembelian atau penjualan barang nantinya.

Selanjutnya, presentasi dilanjutkan ke laporan keuangan. Para peserta dapat melihat laporan keuangan mereka secara langsung kapan saja karena data disajikan secara real time dan berubah secara otomatis ketika ada transaksi atau pemasukan biaya yang dilakukan dari aktivitas bisnis yang terjadi. Hal ini juga membantu staf keuangan dalam penyajian laporan keuangan karena, bisa diunduh dan disajikan kepada atasan mereka.

Untuk urusan pengelolaan barang, mereka bisa menyerahkannya kepada fitur inventory. Bagi para pelaku usaha yang memiliki banyak gudang, paper.id dapat membantu mereka dalam memantau persediaan barang yang ada di beberapa gudang. Dengan begitu, mereka tidak perlu repot-repot melakukan inspeksi ke gudang yang dimiliki, sehingga lebih hemat waktu.

Terakhir, fasilitas digital payment menjadi sistem pembayaran satu pintu yang menghubungkan antara pelanggan dan penjual secara langsung. Dengan tingkat keamanan setara bank, digital payment Paper.id menjamin transaksi serta pencairan dana berlangsung dengan aman, cepat dan transparan.

Fasilitas pendanaan usaha Paper.id atau Paper Finance Solution juga bisa menjadi solusi jitu untuk menambal keperluan dana usaha yang belum terbayar dari klien. Dengan bunga yang kecil serta cara pengajuan tanpa jaminan, arus kas usaha Anda tetap aman.

Fitur-fitur serta layanan yang ada disajikan oleh Paper.id untuk membantu para pelaku usaha, khususnya para peserta dari acara ini. Dengan begitu, mereka bisa mengelola usaha dengan mudah hanya dengan menggunakan aplikasi Paper.id tanpa perlu lagi menggunakan metode lama seperti pencatatan via buku ataupun menggunakan excel yang hanya berfungsi sebagai catatan saja tidak lebih.

Paper.id siap membantu para pelaku usaha dalam mengaplikasikan digitalisasi dalam usaha mereka. Tim kami siap untuk memberikan penyuluhan mengenai bagaimana mengelola usaha lebih mudah dengan Paper.id. Jika Anda berminat, Anda bisa menghubungi nomor dan email dibawah ini:

Email: support@paper.id

Telp  : +62-821-1767-9137

Sudah ada 100.000 lebih pelaku usaha yang terbantu usahanya berkat Paper.id. Gunakan Paper.id sekarang dan daftarkan diri Anda secara Cuma-Cuma disini!

(Visited 52 times, 1 visits today)