Punya segmentasi yang jelas untuk bisnis bisa membuat produkmu semakin laku karena dipasarkan ke orang-orang yang tepat. Nah, apa itu segmentation? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!
Definisi Segmentation
Segmentation adalah proses membagi pasar yang luas menjadi kelompok-kelompok lebih kecil (segmen) yang memiliki kesamaan karakteristik tertentu, seperti demografi, perilaku, atau minat.
Tujuannya adalah agar bisnis bisa:
- Menyampaikan pesan yang lebih relevan
- Meningkatkan efisiensi pemasaran
- Meningkatkan konversi dan loyalitas pelanggan
Contoh Segmentation
Kamu bisa menyesuaikan contoh ini dengan produk yang kamu jual. Namun, garis besar contoh segmentasi dalam bisnis adalah sebagai berikut:
Misalnya, kamu menjual produk energy drink.
Jenis Segmentasi | Target Contoh |
---|---|
Demografis | Usia 18–30, pria |
Geografis | Perkotaan, dekat pusat kebugaran |
Psikografis | Gaya hidup aktif, suka olahraga |
Perilaku | Sering belanja produk fitness, loyal |
Itulah definisi dan contoh segmentation dalam bisnis. Untuk mendukung operasional yang lebih lancar, kamu bisa gunakan Paper.id untuk kelola invoice digital dan juga pembayarannya. Ada 30+ opsi yang praktis, termasuk bayar pakai kartu kredit tanpa perlu mesin EDC fisik.
Yuk, coba gratis!