Punya segmentasi yang jelas untuk bisnis bisa membuat produkmu semakin laku karena dipasarkan ke orang-orang yang tepat. Nah, apa itu segmentation? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Definisi Segmentation

Segmentation adalah proses membagi pasar yang luas menjadi kelompok-kelompok lebih kecil (segmen) yang memiliki kesamaan karakteristik tertentu, seperti demografi, perilaku, atau minat.

Tujuannya adalah agar bisnis bisa:

  • Menyampaikan pesan yang lebih relevan
  • Meningkatkan efisiensi pemasaran
  • Meningkatkan konversi dan loyalitas pelanggan

Contoh Segmentation

Kamu bisa menyesuaikan contoh ini dengan produk yang kamu jual. Namun, garis besar contoh segmentasi dalam bisnis adalah sebagai berikut:

Misalnya, kamu menjual produk energy drink.

Jenis SegmentasiTarget Contoh
DemografisUsia 18–30, pria
GeografisPerkotaan, dekat pusat kebugaran
PsikografisGaya hidup aktif, suka olahraga
PerilakuSering belanja produk fitness, loyal

Itulah definisi dan contoh segmentation dalam bisnis. Untuk mendukung operasional yang lebih lancar, kamu bisa gunakan Paper.id untuk kelola invoice digital dan juga pembayarannya. Ada 30+ opsi yang praktis, termasuk bayar pakai kartu kredit tanpa perlu mesin EDC fisik.

Yuk, coba gratis!