Dalam marketing, dikenal istilah outbound dan inbound. Kali ini, yuk, pelajari tentang apa itu inbound dan bagaimana cara kerjanya dalam bisnis.
Definisi Inbound
Inbound (dalam konteks bisnis dan pemasaran) adalah pendekatan yang berfokus pada menarik perhatian konsumen secara alami melalui konten yang relevan, edukatif, dan bernilai, dibandingkan dengan memaksakan pesan iklan langsung seperti dalam metode tradisional (outbound).
Strategi ini bisa melalui konten blog, media sosial, email, atau lainnya. Pada intinya, calon pelanggan kamu datang karena mereka tertarik dan butuh, bukan karena kamu memaksanya melihat iklan.
Contoh Inbound
Beriku adalah beberapa contohnya:
1. Artikel blog
Menulis artikel blog yang informatif dan relevan dengan industri atau topik yang diminati target audiensmu . Misalnya, jika menjual perlengkapan bayi, kamu bisa menulis artikel tentang “Tips Memilih Popok Terbaik untuk Kulit Sensitif” atau “Panduan Tidur Nyenyak untuk Bayi Baru Lahir”.
2. Video konten
Kamu bisa membuat video tutorial, ulasan produk, atau konten edukatif lainnya yang menarik.
Contohnya, Indofood menggunakan YouTube untuk membagikan video resep masakan yang menggunakan produk mereka.
3. E-book & infografis
E-book gratis atau infografis yang mendalam tentang suatu topik sebagai “magnet” untuk mengumpulkan data kontak (email) calon pelanggan.
Itulah definisi dan contoh inbound marketing.
Dari sisi operasional, kamu juga bisa lebih maksimal lagi dengan Paper.id. Dengan Paper.id, kamu bisa membuat invoice digital hanya dalam 5 menit. Tersedia juga 30+ opsi pembayaran digital yang fleksibel, termasuk kartu kredit dan cicilan tanpa perlu mesin EDC.
Yuk, coba Paper.id sekarang!