Bagaimana cara bersaing dengan brand lain yang begitu banyak di pasaran? Salah satunya adalah mengetahui brand equity-mu. Jika belum paham definisinya, baca dalam artikel berikut ini dan cek juga contohnya, ya!
Definisi Brand Equity
Brand equity adalah nilai tambah yang dimiliki sebuah merek (brand) di mata konsumen dibandingkan produk sejenis tanpa merek atau dengan merek lain. Nilai ini terbentuk dari persepsi, pengalaman, dan hubungan emosional konsumen terhadap brand tersebut.
Dengan kata lain, brand equity mencerminkan seberapa kuat posisi sebuah merek di pasar dan seberapa besar pengaruhnya terhadap keputusan pembelian.
Contoh Brand Equity
- Nike menjual sepatu yang secara teknis mirip dengan merek lain, tetapi nilai mereknya (brand equity) memungkinkan harga jual lebih tinggi karena citra eksklusif, kualitas, dan loyalitas pelanggan.
- Konsumen lebih cenderung membeli Aqua dibanding merek air mineral generik karena persepsi merek yang kuat, walau isinya sama-sama air.
Itulah definisi dan contoh brand equity yang perlu bisnis pahami.
Agar bisnis makin maju, kamu juga perlu mengoptimalkan operasionalnnya. Salah satu caranya adalah dengan Paper.id. Paper.id adalah platform invoicing dan pembayaran digital yang membuatmu bisa buat invoice dalam 5 menit. Setiap transaksi bisnis langsung terekonsiliasi otomatis sehingga kamu tidak perlu cek statusnya secara manual lagi.
Ada 30+ opsi pembayaran termasuk kartu kredit tanpa perlu menyediakan mesin EDC juga!
Yuk, coba gratis sekarang.