Cara Meningkatkan Omset Toko Kelontong – Penjualan merupakan tolak ukur suatu bisnis. Penjualan yang baik akan membawa kemajuan suatu usaha sebaliknya penjualan yang rendah akan membawa kemunduran atau kerugian suatu usaha.

Meningkatkan penjualan merupakan keinginan dari seluruh perusahaan tidak terkecuali toko kelontong modern. Salah satu faktor yang mempengaruhi penjualan adalah persaingan yang ketat.

Pada saat ini persaingan toko kelontong modern terhadap minimarket, supermarket, dan juga toko online semakin kuat. Dalam mengikuti persaingan tersebut kamu harus dapat berpikir dan bertindak secara cerdas untuk memperoleh simpati dan perhatian dari calon konsumen baik secara langsung maupun melalui media.

Sebetulnya, untuk meningkatkan omset penjualan toko kelontong, kalian bisa menggunakan berbagai cara. Kalian tidak harus mengeluarkan biaya yang begitu besar untuk meningkatkan omset penjualan seperti toko besar pada umumnya.

Kalian harus memberikan fokus kepada customer atau pelanggan jauh lebih penting daripada berfokus kepada kompetitor. Karena dari situ waktu dan tenaga untuk menganalisa kompetitor jauh lebih besar.

Berikut ini merupakan tips bagaimana cara meningkatkan omset toko kelontong anda dengan cepat.

Yang pasti berorientasilah pada customer atau pelanggan jauh lebih penting dibanding berfocus pada kompetitor, karena waktu dan biaya anda akan banyak terkuras dengan terlalu sibuk menganilisa kompetitor, dan akhirnya pelanggan anda terabaikan. Berikut kami sajikan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan omset penjualan toko kelontong anda.

Baca Juga: Warung Kelontong, Tulang Pungung Ekonomi Negara Sejak Dulu!

Tips Agar Omzet Toko Kelontong Meningkat Dengan Cepat

1. Lihat dan Hitung Kembali Harga Barang Yang Anda Jual di Toko

Pertama, kalian perlu melihat serta menghitung harga barang yang kalian jual di warung. Semua orang pasti menyukai barang murah, nah apabila toko kalian menjual barang murah, dapat dipastikan toko kalian akan ramai.

Para konsumen akan selalu dan berpindah dari satu toko, ke toko yang lain untuk mencari harga barang yang jauh lebih murah dari harga yang toko sebelumnya ia temui.

Ini merupakan satu hal yang harus kalian perhatikan, cek dan hitung kembai harga yang dijual pada warung kelontong kalian, kemudian bandingkan dengan harga toko lain.

Jangan sampai harga yang ada di toko kalian jauh lebih mahal dari warung kelontong yang lain.

Inilah hal pertama yang perlu anda perhatikan. Lihat dan cek kembali harga barang yang dijual pada toko Anda. Bandingkan harga-harga tersebut dengan harga barang yang sama di toko kelontong lain.

2. Update varian terbaru

Tren masyarakat yang modern umumnya memiliki kebiasaan mencari produk-produk yang sedang populer di tengah masyarakat.

Tentu saja hal ini merupakan suatu yang harus bisa kita penuhi. Dengan selalu mengikuti dan menyediakan kebutuhan yang dicari pelanggan, maka tidak menutup kemungkinan penjualan toko kelontongmu akan naik dan ramai pembeli.

3. Memperluas target bisnis

Hal paling mudah untuk meningkatkan omset penjualan adalah dengan memperluas target bisnis. Dalam memperluas target usahamu, lakukan riset pasar mulai dari produk, harga dan persaingan yang ada. Jika riset Anda sudah tepat, maka kemungkinan besar menaikan keuntungan bukanlah hal yang sulit.

4. Kepuasan pelanggan

Selain kualitas produk yang baik, pelayanan kepada pelanggan juga menjadi faktor penting dalam meningkatkan omset penjualan di toko. Karena sebaik apapun produk yang kamu jual dengan pelayanan yang buruk maka pelanggan tidak akan kembali ke toko mu.

Selain menciptakan suasana yang nyaman bagi pelanggan, kamu juga harus menciptakan suasana kerja yang nyaman untuk semua karyawan yang bekerja di toko.

Saat karyawan bekerja dengan senang hati, maka pelayanan yang diberikan juga akan semakin baik dan dapat membantu meningkatkan penjualan toko kelontongmu.

5. Strategi penjualan yang tepat

Selain memahami beberapa poin di atas, pemilik usaha juga perlu mengetahui cara mengatur strategi untuk meningkatkan penjualan yang tepat, baik secara offline maupun online.

Kamu juga bisa mulai memetakan kelebihan, kekurangan produk dan layanan di toko, yang bisa dijadikan acuan dalam mengatur strategi bisnis toko kelontong kamu kedepannya. Dengan begitu, dapat dipastikan penjualan akan terus meningkat.

Disamping itu terdapat faktor pendukung lain yang harus diperhatikan guna dalam meningkatkan penjualan toko kelontong modern seperti :

  • lokasinya yang strategis atau dekat dengan rumah penduduk sehingga mudah dijangkau.
  • Menjual atau menyediakan barang-barang dagangan dalam kemasan kecil yang dapat dibeli eceran.
  • Kelengkapan barang atau produk yang dijual.
  • Penetapan harga jual yang bersaing.

6. Promosi menarik

Buatlah promosi yang benar-benar membuat calon konsumen tertarik untuk membeli di toko mu. Promosi yang menarik adalah cara ampuh meningkatkan penjualan toko kelontong yang kamu miliki. Adapun promosi yang dapat kamu berikan, seperti :

  • Diskon 50% pada pembelian kedua
  • Flash sale per hari
  • Beli 1 gratis 1 di tanggal yang tepat
  • Gratis ongkir hanya satu hari
  • Bundling produk
  • Jaminan kerusakan, dan lain sebagainya

7. Bergabung dengan berbagai aplikasi penjualan

Dengan bergabung dalam aplikasi penjualan secara online, akan membuat market penjualan toko kelontongmu lebih luas dan dapat dikenal banyak orang.

Selain itu proses untuk memasarkan barang dagangan untuk sampai ke tangan calon konsumen juga terbilang lebih mudah dan cepat sehingga kamu akan mendapat banyak konsumen baru dan secara langsung akan meningkatkan pendapatan toko kelontongmu.

8. Menemukan Kebutuhan Pelanggan

Selanjutnya kita juga harus tahu nih, kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh para pelanggan berdasarkan tempat yang kita buka.

Contoh jika kita membuka toko di kawasan perumahan, maka barang yang kita jual itu berhubungan dengan kebutuhan sehari-hari bahan makanan.

Nah ketika membuka toko di sekitara anak kos, maka makanan ringan, cemilan hingga makanan instant perlu ada di warung kelontong yang kita buka.

9. Meningkatkan Pelayanan Toko Anda

Kalian mungkin menduga bahwa pelayanan toko terhadap pelanggan cukup memberikan pengaruh terhadap penilaian pelanggan dan pelanggan tersebut bisa kembali lagi ke toko kalian.

Pelanyanan yang kurang maksimal seperti kurang ramah dan lainnya tentunya akan menjadi penghalan untuk mendapatkan omzet lebih besar.

10. Fokus Terhadap Bisnis

Maksud dari fokus disini ialah memaksimalkan produk yang kita jual. Kita harus sudah melakukan riset apa saja barang yang paling banyak dicari di daerah tempat kita buka kelontong. Nah dari situ kita bisa memfokuskan kepada produk yang paling banyak di cari tersebut.

11. Konsisten dan Disiplin

Terakhir, yang perlu kalian lakukan ialah tetap konsisten dan disiplin. Karena pada kita mulai bisnis, pendapatan akan turun dan tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Oleh karena itu, kalian harus tetap konsisten dan disiplin dalam menjalankannya.