Pengelolaan keuangan jadi bagian penting bagi sebuah bisnis. Memilih software akuntansi online terbaik untuk pengelolaan keuangan bisnis menjadi pilihan terbaik yang akan membuat proses pengelolaan keuangan menjadi lebih mudah.

Memilih software akuntansi online terbaik menjadi PR tersendiri, mengingat ada beberapa pilihan software akuntansi dengan fitur yang berbeda-beda. Buat kamu yang sedang bingung memilih software akuntansi untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis, kamu berada di artikel yang tepat.

Di artikel ini akan dibahas bagaimana tips memilih software akuntansi terbaik yang akan membuat pengelolaan keuangan menjadi lebih mudah dan juga lebih menyenangkan.

Mengapa Bisnis Harus Menggunakan Software Akuntansi?

Dengan semakin meningkatkan perkembangan teknologi, penggunaan akuntansi tradisional semakin ditinggalkan dan bisnis mulai beralih ke software akuntansi. Ada beberapa alasan mengapa software akuntansi banyak dipilih oleh penguasa, berikut penjelasannya:

1. Biaya yang lebih murah

Alasan pertama yang membuat bisnis memilih menggunakan software akuntansi adalah dengan penggunaan software akuntansi pemilik bisnis bisa menekan biaya menjadi lebih murah. Ini dikarenakan biaya software akuntansi sudah all-in jika dibandingkan dengan penggunaan akuntansi sederhana.

Salah satu kemudahan yang membuat software akuntansi adalah kamu tidak membutuhkan jasa instalasi karena software akuntansi bisa digunakan secara online tanpa harus diinstal di komputer.

Baca juga: 12 Rekomendasi Software Akuntansi Gratis Terbaik untuk Pebisnis!

2. Lebih mudah untuk diakses

Software akuntansi juga lebih mudah dibandingkan dengan akuntansi tradisional. Ini dikarenakan software akuntansi memiliki basis cloud di mana pengguna bisa menggunakannya tanpa harus melakukan instalasi di komputer.

Jadi, kamu tetap bisa mengelola keuangan bisnis meski menggunakan perangkat yang berbeda. Dengan basic cloud ini juga membuat kamu bisa memantau keuangan bisnis meski sedang berada di luar kota atau sedang liburan.

3. Aman dan terpecaya

Alasan software akuntansi dipilih selanjutnya adalah software akuntansi memiliki keamanan data yang sangat baik. Software akuntansi terpercaya dalam hal keamanan, jadi kamu tidak perlu khawatir akan kebocoran data-data bisnis kamu saat menggunakan software akuntansi.

4. Mudah untuk digunakan

Alasan terakhir yang membuat software akuntansi banyak dimilih adalah karena software akuntansi mudah untuk digunakan. Software akuntansi bisa digunakan oleh siapa saja, termasuk untuk orang yang masih awam dengan bidang akuntansi.

Jadi, jika sebelumnya kamu membutuhkan lebih banyak akuntan untuk pengelolaan keuangan bisnis, dengan adanya software akuntansi, kamu bisa memangkas biaya akuntan dengan adanya software akuntansi ini.

Apa Saja Fitur yang Dimiliki Software Akuntansi Terbaik?

software akuntansi

1. Berbasis cloud

Fitur pertama yang dimiliki oleh software akuntansi terbaik adalah berbasis cloud. Dengan basis cloud yang dimiliki, software akuntansi memungkinkan untuk digunakan kapan saja dan dimana saja.

Selagi kamu terhubung dengan internet, kamu bisa menggunakan software akuntansi. Jadi, proses pembukuan dengan software akuntansi bisa dilakukan secara online. Dengan sistem cloud ini juga kamu bisa memberikan akses ke tim, tanpa perlu menggunakan perangkat yang sama.

2. Invoicing

Fitur kedua adalah invoicing. Dalam bisnis, invoicing menjadi bagian penting karena ini berhubungan dengan tagihan penjualan. Invoice di software akuntansi didesain sesuai dengan kebutuhan pebisnis dan bisa dikirimkan secara offline ataupun online.

Jika sebelumnya kamu harap-harap cemas dengan tagihan yang belum dibayar pelanggan, dengan adanya fitur invoice ini, kamu bisa lebih mudah mengirimkan tagihan pembayaran. Beberapa software akuntansi juga memiliki fitur reminder di mana kamu bisa mengatur pengingat di mana invoice dapat terkirim secara otomatis saat pembayaran jatuh tempo.

3. Purchasing

Fitur purchasing akan memudahkan kamu dalam membuat pesanan. Kamu bisa melacak setiap pesanan dan pembelian yang masuk, termasuk membuat invoice dari purchasing order yang masuk dengan sekali klik.

4. Inventori

Fitur selanjutnya yang ada di software akuntansi terbaik adalah inventori. Fitur inventori akan memudahkan kamu dalam melakukan pengecekan stok yang ada di gudang.

Jadi, di fitur ini kamu bisa mengetahui produk paling laris dan mengetahui stok apa saja yang ada di gudang tanpa harus melakukan pengecekan secara manual.

5. Laporan

Fitur laporan yang ada di software akuntansi akan memudahkan kamu membuat laporan keuangan tanpa ribet. Dengan software akuntansi kamu bisa membuat laporan keuangan dari mana saja dan kapan saja, termasuk laporan profitabilitas.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi Buatan Indonesia

Tips Memilih Software Akuntansi Terbaik untuk Bisnis

tips memilih software akuntansi terbaik

Berikut tips yang bisa kamu lakukan dalam memilih software akuntansi terbaik untuk bisnis:

1. Pilih software akuntansi dengan fitur terlengkap

Tips pertama yang bisa kamu lakukan untuk memilih software akuntansi terbaik adalah dengan memilih software akuntansi dengan fitur terlengkap. Kelengkapan fitur yang dimiliki software akuntansi akan membuat pengelolaan keuangan bisnis menjadi lebih mudah.

Pastikan juga software akuntansi yang kamu pilih memiliki fitur-fitur yang ada butuhkan. Kamu bisa mencari tahu informasi mengenai software akuntansi sebelum memilihnya.

2. Memiliki sistem keamanan data

Keamanan data adalah bagian yang sangat penting yang harus dimiliki oleh software akuntansi. Nggak mau kan data yang kamu miliki bocor ke orang yang tidak dipercaya?

Kamu bisa cek keamanan data yang dimiliki oleh software akuntansi pilihan kamu. Pilihlah software akuntansi yang memiliki sistem keamanan data terbaik agar data-data kamu bisa terjaga kerahasiaannya.

3. Bisa diakses dimana saja dan kapan saja

Software akuntansi berbasis cloud saat ini banyak menjadi favorit karena kemudahan pengaksesannya. Kamu tetap bisa mengakses software akuntansi meski tidak sedang ada di kantor.

Bahkan ketika jalan-jalan, kamu bisa memastikan keuangan bisnis tetap aman.

4. Mudah digunakan termasuk bagi awam

Tips memilih software akuntansi selanjutnya adalah pastikan software akuntansi pilihan kamu mudah untuk digunakan, termasuk oleh awam. Kemudahan penggunaan ini pastinya akan membantu kamu untuk memantau keuangan bisnis.

Kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk training penggunaan software akuntansi. 

5. Memiliki dukungan customer support

Pastikan juga software akuntansi yang akan kamu pilih memiliki dukungan customer support. Dengan adanya dukungan customer support ketika terjadi kendala kamu akan mendapatkan bantuan untuk mengatasinya.

Kepada customer support, kamu juga bisa bertanya terkait penggunaan software akuntansi.

6. Harga bersaing

Tips keenam dalam memilih software akuntansi adalah pilih software akuntansi dengan harga bersaing. Jika bisa mendapatkan software akuntansi terbaik dengan harga lebih murah, kenapa memilih software akuntansi dengan harga di atasnya?

Jangan lupa untuk cek fitur-fitur di harga yang akan kamu pilih. Semakin murah harga yang dipilih, biasanya akan mendapatkan fitur yang lebih sedikit.

7. Pastikan biaya tambahan

Tips selanjutnya adalah pastikan biaya-biaya tambahan yang ada di software akuntansi yang kamu pilih. Biasanya software akuntansi memiliki biaya tambahan, seperti untuk penambahan gudang, untuk tambahan hak akses, dan lainnya.

Kamu bisa menanyakan terkait tambahan biaya ini ke tim CS software akuntansi. Jangan sampai kamu merasa terjebak karena biaya yang dibebankan tidak sesuai ekspektasi awal.

8. Sesuai dengan standar laporan keuangan di Indonesia

Tips yang terakhir adalah pastikan laporan keuangan yang dimiliki software akuntansi pilihan kamu sudah sesuai dengan standar laporan keuangan yang ada di Indonesia. Ini dikarenakan laporan keuangan berhubungan dengan kerjasama bisnis hingga untuk pendanaan bisnis.

Dengan kesesuaian standar akan memudahkan kamu dalam mengajukan pendanaan atau investasi.

Baca juga: Fraud Istilah Kecurangan yang Sering Ditemui dalam Akuntansi

Dari artikel di atas dapat diketahui bahwa penggunaan software akuntansi menjadi pilihan terbaik untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis. kamu bisa memilih software akuntansi terbaik dengan cara memilih sesuai kebutuhan kamu dan gali informasi mengenai software akuntansi sebelum memilihnya.

*Artikel ini hasil kerja sama antara Paper.id dan Kledo

Muhamad Dika Wahyudi