Saat ini, tidak bisa dipungkiri bahwa reels di Instagram menjadi salah satu fitur yang cukup efektif untuk melakukan pemasaran. Fitur Instagram ini sangat cocok untuk menjangkau target audiens bisnis yang gemar melihat video singkat, lho!

Terlebih, menurut data yang dirilis oleh We Are Social dan Hootsuite pada Januari 2021, Indonesia berada di urutan keempat negara pengguna aktif terbanyak di dunia dengan mencapai 90 juta pengguna Instagram setelah Amerika Serikat, India, dan Brasil.

Namun, sangat disayangkan, masih banyak pelaku bisnis yang kurang efektif dalam memanfaatkan potensi reels Instagram. Alasannya pun sangat beragam, mulai dari tidak memahami target audiens hingga tidak mengerti cara kreatif dalam membuat konten.

Oleh karena itu, berikut ini ada cara gimana nge-boost reels Instagram untuk pemasaran dan 4 contoh ide konten reels yang bisa kamu jadikan referensikan untuk bisnismu. Simak penjelasannya di bawah, ya!

Cara Boost Reels Instagram Promosi Lebih Efektif

Selain memilih konsep konten yang tepat, kamu juga harus bisa memaksimalkan video reels Instagram dengan cara mengikuti tren yang sedang berkembang. Hal ini sangat mendasar karena Instagram memang bekerja sesuai tren.

Usahakan juga membuat konten promosi yang to the point. Misalnya, konten promosi dengan ide ulasan produk atau tutorial menggunakan sebuah produk. Ini tentu akan membantu membangun kepercayaan dan memahami bagaimana cara menggunakan produk kamu. 

Gunakan fitur tambahan seperti filter, musik, teks, stiker/GIF maupun fitur lainnya yang sedang trending agar video terlihat lebih menarik. 

Jadinya, video reels kamu di Instagram bisa muncul atau setidaknya kemungkinan besar ada di feed atau halaman explore platform Instagram yang dapat menjangkau lebih banyak pengguna secara organik.

Sebagai tambahan, kamu juga bisa gunakan hashtag yang relevan. Jadi, konten kamu akan lebih mudah ditemukan oleh audiens. Jangan lupa, gunakan hashtag yang populer untuk meningkatkan visibilitas konten kamu.

Baca juga: 4 Cara Cerdas Mengatur Bisnis Ala “Two Pizza” dari Jeff Bezos

4 Contoh Ide Konten Reels

Berikut ini, ada 4 ide konten Reels agar pemasaran kamu lebih efektif. Di antaranya sebagai berikut:

Product Showcase

Product Showcase dibuat dengan menunjukkan detail dari produk yang hendak kamu ceritakan. Jadi dalam videonya, kamu bisa tampilkan produk di area yang mudah dilihat dari segala sisi, dan ditampilkan secara menarik, seperti menggunakan pencahayaan yang tepat hingga angle yang mudah dilihat oleh audiens.

Product Review

Berbeda dengan product showcase, video product review lebih mengevaluasi yang lebih rinci tentang produk. Kamu bisa coba produk secara langsung dan berikan ulasan terperinci tentang pengalaman kamu, mulai dari informasi tentang kualitas, keandalan, harga, hingga fitur produk.

Bangun kepercayaan calon pelanggan dengan bukti penggunaan produk yang kamu miliki. Pelanggan bisa langsung melihat secara transparan tanpa ada yang ditutupi selayaknya pergi ke toko offline.

Contohnya, video unboxing dan presentasi visual Samsung Galaxy S21 Ultra dengan menampilkan desain yang elegan secara tampilan sekilas fitur-fitur utama seperti layar AMOLED besar, kamera 108MP, dan pengisian daya super cepat.

Behind The Scene

Ceritakan kisah dibalik layar agar pelanggan dapat memahami proses pembuatan serta melihat secara langsung benefit yang akan diterima karena tidak semua orang mau melakukan ini, jadilah yang berbeda.

Contohnya, seperti yang dilakukan oleh Bittersweet by Najla. Kak Najla Farid Bisyir secara transparan memperlihatkan behind the scene cara pembuatan dessert box, terbukti cara tersebut sukses menarik perhatian atau membuat penasaran audiens untuk membeli produknya dengan tujuan agar pelanggan memahami bagaimana & sulitnya proses yang terjadi.

Before and After

Contoh Ide Konten Before and After
Contoh Ide Konten Before and After (Photo by Social Media Collage)

Before and After adalah ide konten yang menarik untuk memberikan penekanan pada hasil yang terjadi sebelum dan sesudah menggunakan produk yang kamu pasarkan.

Ide konten ini cocok dilakukan untuk memasarkan produk skincare atau produk & jasa lainnya yang manfaatnya bisa terlihat dalam jangka waktu singkat Beberapa produk lainnya seperti penata rambut, jasa cleaning service dan lainnya juga bisa menggunakannya.

Baca juga: Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP) untuk UMKM Makanan

Nah, itu dia gimana cara agar konten pemasaran di Reels Instagram agar lebih efektif dan beberapa ide kontennya. Dengan menerapkan strategi ini, kamu bisa membangun audiens yang lebih besar dan meningkatkan kesadaran merek kamu di Reels Instagram.

Ikuti terus berita dan informasi seputar bisnis menarik lainnya hanya di Blog Paper.id. Daftarkan segera bisnis kamu sekarang agar dapat mengelola bisnis jadi lebih praktis. Gratis!

Muhamad Dika Wahyudi