Stock Gudang merupakan aset perusahaan yang harus dikelola dengan sebaik mungkin, karena dapat mempengaruhi kelancaran operasional perusahaan. Mengelolanya tidak mudah karena dibutuhkan sistem yang baik untuk mengaturnya.

Ada banyak kesalahan yang kerap terjadi dalam mengelola stok barang, salah satunya adalah selisih stok. Masalah ini terjadi saat ada perbedaan angka antara data pemeriksaan fisik dan data computer. Jika dibiarkan berlarut-larut, kegiatan operasional perusahaan akan terganggun dan berimbas pada banyak hal.

Baca juga: Mengenal lebih dalam soal forecast dalam pengelolaan barang dagang

Penyebab selisih stock Gudang

Masalah selisih stock barang dapat diatasi dengan mudah jika diketahui penyebabnya. Berikut penyebab-penyebab yang kerap muncul dalam pengelolaan barang:

  • Kurangnya pengecekan fisik
    Salah satu penyebab umum yang kerap terjadi adalah, kurangnya pengecekan fisik untuk stock barang yang dimiliki. Barang yang tersimpan di Gudang tidak selama akan berada dalam kondisi yang baik karena, ada nilai penyusutan yang terjadi atau barang rusak. Masalah ini bisa diatasi dengan pengecekan fisik secara teratur sehingga, pihak Gudang bisa menghitung barang yang tidak layak jual.
  • Pengelolaan stock barang yang masih manual
    Masih ada beberapa perusahaan yang menggunakan metode konvensional untuk mengelola barang mereka. Pengelolaan barang secara manual tidak efisien dan bisa menyebabkan banyak masalah akibat human error sehingga, bisa menyebabkan selisih stock barang dalam Gudang. Untuk itu, perusahaan perlu menerapkan pengelolaan secara digital agar lebih efisien dan maksimal.
    Anda bisa menggunakan Paper.id untuk mengelola stock barang agar lebih mudah! Paper.id memiliki fitur inventory untuk membantu Anda dalam mengelola stock barang. Dengan fitur real time, Anda bisa mengetahui secara langsung jumlah barang yang Anda miliki. Selain itu, fitur invoice yang ada juga telah terintegrasi langsung sehingga, jumlah barang akan otomatis berkurang atau bertambah begitu invoice terbuat.  Semuanya tersedia lewat Desktop atau Smartphone Anda. Klik disini untuk menggunakannya secara langsung dengan gratis.
  • Proses pengiriman dan penerimaan barang
    Penyebab lainnya yang dapat menyebabkan selisih stock barang adalah pencatatan data akan barang yang diterima dan keluar tidak sesuai. Karena itu, pencatatan barang yang keluar atau masuk harus dicatat dengan benar agar tidak terjadi adanya perbedaan data yang diterima sehingga, persediaan barang bisa terpantau dengan baik.
  • Stock opname yang salah
    Setiap perusahaan akan melakukan stock opname untuk mengecek barang yang mereka miliki. Stock opname bertujuan untuk mengontrol barang yang ada. Kesalahan dalam stock opname dapat membuat data yang salah. Hal ini harus segera dibenahi mengingat, data stock opname sering dijadikan acuan dari perusahaan untuk mengambil keputusan terkait persediaan barang yang mereka punya.

Baca juga: 5 tips agar stock opname berjalan efektif

Solusi selisih stock Gudang

Pengelolaan stock Gudang yang baik dan teratur tidak akan menyebabkan masalah selisih jumlah barang. Namun, kesalahan tetap tidak bisa terhindarkan. Untuk menghindari penyebab-penyebab yang telah disebutkan diatas, berikut solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah yang ada.

  • Pihak Gudang bisa membuat kartu stock opname untuk setiap barang jika jumlah barang yang ada sangat banyak. Hal ini untuk menghindari kesalahan pencatatan sehingga, pihak Gudang bisa menggolongkan barang dengan mudah.
  • Saat menghitung barang, gunakan satuan terkecil agar menghindari kesalahan. Kesalahan sekecil apapun dapat mempengaruhi perhitungan stock barang yang ada.
  • Perusahaan juga perlu memperhatikan tata letak Gudang. Taruhlah barang ditempat yang mudah dijangkau dan sesuai dengan klasifikasi serta lokasi penyimpanan agar proses pemeriksaan serta perhitungan data bisa berjalan dengan mudah.
  • Jangan lupa untuk melakukan pengecekan fisik secara berkala untuk melihat kondisi fisik dari setiap barang yang ada. Jika ditemukan barang yang rusak maka, pihak Gudang bisa segera melakukan penyelesaian dari masalah tersebut.

Daniel Nugraha