Riset kompetitor adalah salah satu aspek penting dalam strategi bisnis dan pemasaran. Dengan melakukan riset kompetitor, kita dapat memahami bisnis lebih baik, sekaligus memahami kekuatan dan kelemahan pesaing.

Oleh karena itu, lakukanlah riset kompetitor secara mendalam, tidak melihat dari permukaannya saja. Coba bandingkan juga kekuatan dan kelemahan bisnis Anda dengan pesaing sehingga Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik untuk kemajuan bisnis. 

Pentingnya Riset Kompetitor untuk Perencanaan Strategi Bisnis

Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkap tentang manfaat riset kompetitor untuk kemajuan bisnis Anda. 

1. Membantu Menetapkan Tolak Ukur

Benchmarking atau tolak ukur adalah proses membangun titik acuan yang dapat digunakan untuk mengukur pertumbuhan. Melansir laman Forbes, Anda dapat menetapkan tolak ukur untuk hal-hal seperti keterlibatan konsumen terhadap bisnis, jangkauan media sosial, tayangan iklan, hingga seberapa banyak pengunjung kembali menggunakan produk dari bisnis tersebut. 

Baca juga: 5 Manfaat Riset Produk untuk Bisnis dan Tips Melakukannya

2. Identifikasi Kesenjangan di Pasar

RIset kompetitor atau analisis pesaing membantu Anda memahami dan mengidentifiaksi kesenjangan di pasar, baik di lokasi geografis tertentu, dalam penawaran produk, atau dalam penetapan harga maupun penjualan ke target pasar tertentu.

Misalnya, pesaing mungkin menargetkan generasi muda, sedangkan tidak ada pesaing Anda yang mengubah produk untuk menargetkan demografi yang lebih tua.

3. Identifikasi USP Bisnis Anda

Dengan menganalisis dan menilai pesaing bisnis dengan bisnis Anda, Anda dapat mengidentifikasi sesuatu yang berbeda antara apa yang Anda tawarkan dengan apa yang ditawarkan oleh pesaing, dalam kata lain unique selling proposition (USP). 

4. Membantu Menyusun Strategi Pemasaran

Manfaat selanjutnya dari riset kompetitor yaitu dapat membantu menyusun strategi pemasaran bisnis. Anda dapat melihat kira-kira strategi pemasaran seperti apa yang berhasil maupun gagal dilakukan oleh pesaing. Hal ini dapat membantu Anda merencanakan kampanye pemasaran yang lebih efektif dan menghindari kesalahan yang pernah pesaing lakukan. 

5. Identifikasi Tren Industri Saat Ini

Penting untuk memahami arah persaingan dan industri Anda. Lihatlah ancaman dan peluang yang dapat muncul dan apa yang Anda (dan pesaing Anda) lakukan terhadap tren ini. Dengan begitu Anda akan dianggap berpikir maju dan gesit, bukan lamban dalam industri. 

Baca juga: Bagaimana Cara Melakukan Analisis Pasar untuk Bisnis Saya?

Cara Melakukan Riset Kompetitor

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk riset kompetitor yaitu dengan analisis SWOT dasar terhadap setiap pesaing serta bisnis Anda sendiri. Sebagian besar analisisnya yaitu memahami Kekuatan (Strength), Kelemahan (Weakness), Peluang (Opportunity), dan Ancaman (Treat) dari masing-masing pesaing. 

Perhatikan dan ulas bidang-bidang seperti lini produk, target pelanggan, branding dan perikalanan, ukuran perusahaan, dan lokasi geografis. Di samping itu, untuk memudahkan competitor research, Anda dapat memanfaatkan layanan riset yang memang berfokus pada riset pasar maupun bisnis. 

Sebab, nanti dalam prosesnya Anda akan dibantu oleh tim ataupun pihak yang memang sudah kompeten dalam bidang tersebut. Dengan begitu hasil riset kompetitor bisnis Anda pun dijamin lebih kredibel. 

*Artikel ini hasil kerja sama antara Populix dan Paper.id

Muhamad Dika Wahyudi