Paper.id Blog – Dalam perusahaan, biasa nya terdapat sebuah laporan yang dilakukan dalam jangka waktu satu tahun sekali yang disebut dengan laporan tahunan. Laporan tahunan atau biasa disebut annual report merupakan ringkasan data keuangan dari kegiatan perusahaan selama 1 tahun.

Pada dasarnya, laporan keuangan digunakan untuk melihat bagaimana kinerja dari sebuah perusahaan selama satu tahun, dan bisa di download oleh publik di situs terkait.

Biasanya laporan keuangan tahunan sering digunakan berskala besar, dalam analisa laporan keuangan, tertulis analisa manajemen kondisi keuangan dan rencana kedepannya.

Lalu apa itu laporan tahunan keuangan? dan apa saja komponen yang terdapat didalamnya? Kalian bisa membacanya dalam artikel dibawah ini.

Baca Juga: 4 Tips Memilih Supplier Horeca Agar Kualitas Barang Anda Terjaga

Apa yang Dimaksud Laporan Keuangan Tahunan?

Laporan keuangan tahunan atau annual report merupakan sebuah ringkasan data perusahaan yang didapat dari kegiatan perusahaan selama satu tahun kebelakang.

Dalam laporannya, biasanya tertulis tentang kegiatan perusahaan selama satu tahun, mulai dari sebelumnya hingga sekaran dan juga rencana untuk kedepannya.

Laporan tahunan juga merupakan sebuah laporan yang merinci aktivitas sebuah perusahaan sepanjang tahun sebelumnya, atau ringkasan keuangan dari aktivitas keuangan sepanjang tahun bersama dari sebuah perusahaan.

Tujuan dari laporan keuangan ini adalah untuk memberikan informasi kepada para pemegang saham dan juga calon investor tentang kinerja dari sebuah perusahaan.

Apa Isi atau Komponen Laporan Keuangan Tahunan

Laporan tahunan memberikan sejumlah besar informasi bagi pembacanya yang akan bisa mendapatkan gambaran yang baik tentang kinerja perusahaan secara keseluruhan di tahun sebelumnya.

Penting untuk diketahui kalau laporan keuangan tahunan bukanlah sebuah laporan dengan jumlah teks yang begitu banyak. Biasanya dalam laporan keuangan akan dimasukan gambar atau grafik.

Berikut beberapa struktur atau komponen laporan keuangan tahunan secara umum, meskipun setiap perusahaan pasti akan berbeda-beda.

1. Surat dari CEO Perusahaan

Hal yang pertama ada ialah surat sambutan dari CEO perusahaan yang ditujukan kepada para pemegang saham dan juga akan memberikan ringkasan terkait kinerja perusahaan di tahun sebelumnya.

Oleh karena itu CEO banyak sekali menghabiskan waktu untuk surat mereka dalam menyoroti pencapain dari perusahaan.

Isinya akan dibuat lebih menarik bagi para pemegang saham agar mereka akan langsung terpikat ketika membacanya.

2. Laporan Ringkasan Kinerja Perusahaan

Kedua akan ada ringkasan dari laporan kinerja perusahaan, biasanya laporan tahunan akan mendedikasikan satu bagian untuk menyoroti beberapa pencapaian utama dari perusahaan.

Tujuan utama dari bagian ini adalah untuk memastikan pemegang saham puas dengan investasi yang ditanamkan di perusahaan ini dan membujuk calon investor yang lain dengan melakukan investasi pada perusahaan ini.

3. Laporan Keuangan

Ketiga, ada laporan keuangan, ini merupakan sebuah inti atau kunci utama dari pembuatan laporan keuangan tahunan perusahaan.

Pada bagian ini, terdapat data secara kuantitatif yang akan disuguhkan kepada penggunanya tentang beberapa hal dalam laporan keuangan.

Biasanya hal tersebut meliputi neracam laporan arus kas, dan juga laba rugi.

Selain itu juga terdapat grafik dan juga gambar untuk memudahkan informasi dapat dipahami oleh pembaca.

4. Prospek untuk Kedepannya

Selain informasi tentang kinerja satu tahun kebelakang dan kini. Laporan tahunan biasanya juga menyertakan informasi tentang prospek kinerja masa depan untuk memberikan informasi kepada para investor tentang tujuan dan juga masa depan dari perusahaan.

Hal ini akan dapat memberikan informasi menyeluruh tentang posisi perusahan saat ini kepada para investor. Laporan tersebut juga terdapat informasi tentang strategi perusahaan kedepannya.

5. Format Laporan Keuangan

Format yang dikeluarkan untuk laporan ini bisa berbentuk hardcopy, namun di saat sekarang, hampir kebanyakan perusahaan menyediakan laporannya dalam bentuk elektronik.

Laporan tersebut dapat ditemukan dan di unduh di website perusahaan, laporan keuangan biasanya berbentuk atau berformat PDF.

Selain itu juga, terdapat beberapa perusahaan yang menyediakan laporan keuangan yang interaktif online. Tujuannya agar pembaca bisa memperluas grafik sekaligus membacanya.

Baca Juga:Kesalahan Yang Sering Ditemui Dalam Proses Rekonsiliasi

Kesimpulan

Itulah Pengertian dari apa itu laporan keuangan tahunan, dan komponen apa saja yang terdapat didalamnya. Bisa diketahui kalau laporan keuangan tahunan memerlukan data keuangan yang baik dan juga valid.

Untuk menggunakan data yang baik dan valid, kalian bisa menggunakan sebuah fitur software akuntansi dasar dari Paper.id.

Dengan menggunakan Paper.id kalian bisa mendapatkan beberapa fitur yang digunakan dalam akuntansi dasar. Yuk Coba Sekarang Juga! dan dapatkan berbagai manfaat untuk bisnsi kalian dengan menekan tombol dibawah ini!