Pengertian Harga Pokok Penjualan- Bagaimana cara menghitung harga jual sebuah produk? Jawabannya baru bisa didapatkan setelah kamu menjumlahkan seluruh proses produksi. Bahan baku bukanlah satu-satunya proses produksi yang masuk ke dalam hitungan melainkan juga biaya-biaya lainnya. Misalnya adalah, biaya pengiriman, penyewaan tempat dan juga gaji pegawai.

Biaya bahan baku memang menjadi faktor utama yang menentukan harga sebuah produk. Satu-satunya cara untuk menekan besarnya harga bahan baku adalah dengan membelinya dalam jumlah besar. Semakin banyak bahan baku dibeli, semakin murah pula harga yang biasanya akan ditawarkan.

Contohnya, dalam membuat sebuah baju, dibutuhkan selembar kain berukuran 2 meter. Jika membeli satuan tentunya harga sangat mahal. Namun, apabila kamu membeli kain berukuran 100 meter secara langsung, harga tentunya akan bisa ditekan dan semakin murah.

Dalam sebuah bisnis, harga jual sebuah produk biasa juga disebut sebagai Harga Pokok Penjualan (HPP). Di bawah ini, Paper.id akan menjelaskan apakah pengertian Harga Pokok Penjualan beserta faktor-faktor penentu dalam perhitungannya.

Baca Juga: 5 Cara Mengatur Keuangan Untuk Bisnis Modal Kecil

Pengertian Harga Pokok Penjualan

Menghitung HPP
Menghitung HPP

Harga pokok penjualan (HPP) adalah total keseluruhan beban pengeluaran yang dilakukan oleh seorang pemilik usaha dalam menghasilkan produk atau jasa untuk bisnis mereka. Perhitungan HPP dilakukan secara penuh, artinya semua aspek pengeluaran dimasukkan, seperti yang telah dikatakan sebelumnya di atas.

Total keseluruhan pencatatan HPP harus dimasukkan ke dalam pembukuan bisnis. Dalam konteks ini, HPP termasuk ke dalam laporan laba rugi (income statement) sebab menentukan keuntungan sebuah bisnis. Itulah alasan kenapa perhitungan HPP harus dilakukan dengan melibatkan semua laporan pengeluaran.

Secara singkat, tujuan dari penghitungan harga pokok penjualan adalah untuk menentukan harga keseluruhan produksi yang dilakukan dalam satu periode. Nantinya, dari harga tersebut dapat diakumulasikan lagi menjadi harga jual kepada pelanggan.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Laporan Laba Rugi Serta Formatnya?

Komponen Penentu HPP

Cara Menentukan Harga Jual
Cara Menentukan Harga Jual

Menghitung Harga Pokok Penjualan tidaklah mudah. Terdapat beberapa komponen yang harus diperhatikan apabila ingin mengakumulasikannya secara keseluruhan. Komponen-komponen yang dimaksud adalah:

1. Direct Material (Bahan Baku Langsung)

Dalam menentukan harga pokok penjualan, komponen pertama yang harus diketahui adalah bahan baku dalam penjualan. Maksudnya adalah dengan menghitung keseluruhan harga ongkos produksi secara menyeluruh, mulai dari bahan, biaya angkut, ongkos dan lain-lain.

2. Direct Labor (Biaya Tenaga Kerja Langsung)

Produksi yang dilakukan dalam bisnis hanya akan berhasil apabila ada SDM atau pegawai. Untuk mempekerjakan pegawai, pemilik usaha harus membayarkan upah mereka setiap bulannya. Oleh karena itu, biaya pembayaran gaji tenaga kerja juga harus dimasukkan ke dalam komponen penentu HPP.

3. Overhead

Terakhir, overhead juga masuk ke dalam komponen penghitungan untuk harga pokok penjualan. Singkatnya, overhead tidak terlibat langsung dalam proses pembuatan produk atau jasa namun tetap berperan penting dalam keberhasilannya.

Beberapa contoh biaya overhead yang sering dilakukan adalah: biaya sewa kantor, biaya sewa peralatan, biaya depresiasi produk, biaya listrik atau air, pam dll. Seringkali tidak terdeteksi para pemilik usaha namun pengeluaran dari overhead ternyata sangatlah luar biasa.

Itu dia pengertian harga pokok penjualan beserta dengan komponen penyebabnya. Jika kamu bingung untuk membuat laporan hpp di laba rugi, kamu bisa menyelesaikannya di Paper.id. Selain itu, kamu juga bisa membuat invoice dan mengirimnya secara digital tanpa ada batasan waktu dan jarak. Semakin mudah dengan software akuntansi Paper.id.

Paper.id sangat fleksibel sebab kamu bisa menggunakannya melalui smartphone kamu. Download gratis melalui play store dan urus semua kegiatan bisnis melalui genggaman tangan. Mau mudahkan bisnis kamu sekarang juga? klik tombol di bawah ini:

 

 

Daniel Nugraha