Dalam memulai sebuah usaha, ada banyak tantangan yang dihadapi oleh para pelaku bisnis, salah satunya adalah mengatur keuangan. Keuangan menjadi faktor penting yang perlu diatur sebaik mungkin agar bisnis tetap berjalan dengan baik.

Sayangnya, banyak dari pelaku bisnis yang masih mengabaikan hal ini. Masalah ini perlu dihindari agar keuangan usaha kamu tetap sehat dan bisnis berjalan lancar. Untuk itu, kamu perlu mengetahui langkah-langkah yang benar dalam mengatur keuangan usaha. Berikut cara-cara yang bisa kamu lakukan dalam keseharian kamu agar keuangan bisnismu tetap sehat.

Baca juga: 3 Contoh Bisnis Konsinyasi yang Paling Menguntungkan

Mengatur-keuangan

Dengan pengelolaan keuangan yang baik, bisnis kamu akan terhindar dari masalah

Pisahkan antara keuangan pribadi dan usaha

Masalah ini sering dialami oleh para pelaku usaha. Mereka tidak sadar kalau hal ini bisa berakibat buruk pada usaha mereka. Langkah-langkah berikut bisa kamu lakukan agar kamu bisa memisahkan antara keuangan pribadi dan usaha.

  1. Rekening dan kartu kredit yang berbeda
    Kamu perlu membuat rekening bank dan kartu kredit yang berbeda. Dengan begitu, kamu bisa mengecek arus keuangan kamu dengan lebih mudah serta terhindar dari masalah-masalah keuangan.
  2. Evaluasi keuangan
    Jangan lupa untuk melakukan evaluasi pada keuanganmu. Cek terus arus keuangan yang ada baik di kantong pribadi dan usaha kamu. Dengan melakukan evaluasi, kamu bisa tahu apa saja masalah yang ada seperti utang usaha atau utang pribadi dan memisahkannya agar tidak tercampur aduk.

Dengan pengelolaan yang baik, usaha kamu bisa tetap berjalan lancar dan terhindar dari masalah dan kamu tidak akan khawatir kantong kamu jebol.

Membuat perencanaan keuangan

Ketika kamu memutuskan untuk menjalankan sebuah usaha, perencanaan keuangan merupakan langkah pertama yang harus kamu lakukan. Mulailah dengan membuat daftar mengenai apa saja yang kamu butuhkan untuk bisnismu. Selain itu, sesuaikan penerimaan dan pengeluaran agar tetap seimbang. Terakhir, lakukan analisa akan apa yang sudah kamu lakukan. Dengan begitu, kamu bisa tahu apakah kamu sudah benar dalam menjalaninya atau tidak dengan melihat untung dan ruginya.

Sisihkan dana untuk pengembangan usaha dan dana darurat

Jangan lupa untuk menyisihkan sebagian keuntungan yang telah didapat untuk 2 keperluan penting lainnya, pengembangan usaha dan dana darurat. Kamu pasti ingin melihat usahamu semakin berkembang dan membawa keuntungan yang lebih besar bukan? Karena itu, alokasikan dana untuk pengembangan usaha agar usahamu tetap berjalan dan bisa semakin besar.

Selain itu, jangan lupa untuk menyisihkan dana untuk keperluan darurat. Biasanya, hal ini datang tiba-tiba dan bisa menganggu arus keuangan bisnis kamu. Dengan adanya dana darurat, arus keuangan bisnis kamu tetap lancar dan kamu tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk hal tersebut.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Liabilitas Dalam Bisnis?

Awasi arus keuangan

mengatur-keuangan-2

Kamu perlu mengawasi keuangan kamu agar terhindar dari masalah

Pastikan agar kamu selalu mengawasi arus keuangan yang terjadi mulai dari hutang, harta, modal dan hal lainnya yang berkaitan. Administrasi yang baik menjadi kunci penting yang harus kamu penuhi agar arus keuangan bisnismu tetap baik dan tidak terkendala sama sekali. Lakukan pengecekan terhadap segala hal yang berhubungan dengan arus keuangan bisnis kamu, agar menghindari adanya masalah atau, kamu bisa langsung mengatasi masalah yang ada.

Jangan sampai arus keuanganmu macet karena, hal ini bisa mengakibatkan banyak masalah hal mulai dari pembayaran tagihan yang macet hingga pembayaran double kepada supplier. Dengan pengawasan yang baik, arus keuangan kamu akan sehat dan terhindar dari masalah.

Gunakan aplikasi untuk mengawasi keuangan bisnis kamu

Kemajuan teknologi mendorong munculnya berbagai macam aplikasi keuangan yang dapat membantu banyak orang dalam mengatur keuangan bisnis mereka. Dengan adanya aplikasi, arus keuangan kamu akan terpantau terus kapanpun dan dimanapun. Kamu bisa menikmati semuanya dengan software akuntansi gratis dari Paper.id!

Ada banyak fitur yang bisa kamu nikmati dengan software ini seperti pembuatan invoice yang jauh lebih mudah, cek penjualan dan tagihan, laporan dari bisnis kamu dan fitur lainnya. Semuanya bisa kamu nikmati dengan gratis! Bisnis kamu jadi lebih mudah, terhindar dari masalah, karena, semuanya bisa kamu cek lewat smartphone kamu. Ayo segera daftar lewat tautan dibawah ini!

 

 

 

 

(Visited 2 times, 1 visits today)