Defisit, setiap pengusaha pasti bergidik ngeri ketika membayangkan kata ini. Membayangkan saja sudah ngeri apa lagi harus mengalaminya?! Defisit merupakan sebuah masalah pelik yang terjadi jika pengeluaran lebih besar daripada pendapatan.

Masalah ini berkaitan dengan pengelolaan arus kas yang buruk. Pengusaha bisa mengatasinya dengan memperbaiki arus kas mereka. Berikut pengertian, penjelasan serta cara-cara untuk memecahkan masalah defisit di perusahaan.

Definisi dan penjelasan defisit

Defisit adalah kebalikan dari surplus, dimana pengeluaran lebih besar daripada pemasukan. Masalah ini bisa terjadi di organisasi dan perusahaan. Pada umumnya, istilah ini sering digunakan untuk perekonomian negara.

Baca juga: Apa itu cash flow – panduan singkat untuk pebisnis kecil 

Negara adalah sebuah organisasi yang juga bisa merasakan dampak itu. Penyebab kekurangan anggaran pada negara bisa bermacam-macam seperti, kebutuhan perang, pembangunan negara, daya beli masyarakat rendah, nilai tukar mata uang yang lemah, dan inflasi.

Defisit dapat menyebabkan hutang. Setiap tahun, kekurangan anggaran dapat menyebabkan hutang yang membuat beban perusahaan semakin besar dan bunga yang harus dibayar.

Jika tidak diatasi, apa akibatnya?

Jika tidak segera diatasi, defisit dapat mengakibatkan kebangkrutan. Negara mendapatkan pemasukan dari pajak. Uang yang diperoleh akan diolah kembali untuk pembangunan negara. Dalam perusahaan, pemasukan didapatkan dari hasil penjualan.

Baca juga: Pengertian sistem pembayaran dan manfaatnya

Saat perusahaan tidak mampu mengatasi kekurangan anggaran, mereka akan kesulitan dalam melakukan sejumlah kegiatan operasional. Dengan begitu, hal ini memicu timbulnya hutang. Hutang akan semakin menumpuk jika sumber masalah tidak diatasi.

Nilai kredit perusahaan akan turun terus seiring dengan nilai Bunga yang semakin besar dan tidak terbayar. Ketika keadaan semakin pelik, perusahaan akan menghadapi kebangkrutan yang diakibatkan dari masalah ini.

Cara-cara mengatasi masalah defisit dalam sebuah perusahaan

Apakah Anda sedang mengalami masalah defisit? Masalah ini perlu segera diatasi agar tidak merembet kemana-mana. Berikut cara-cara yang bisa dilakukan agar dapat mengatasi masalah ini.

  • Evaluasi bisnis Anda
    Langkah pertama yang perlu diambil adalah mengevaluasi bisnis Anda. Apa kesalahan yang Anda lakukan? Apakah harga terlalu mahal, target market yang kurang tepat, serta kelemahan lainnya. Dengan begitu, Anda bisa memperbaiki kesalahan tersebut segera.
  • Menekan pengeluaran
    Hal tercepat yang bisa dilakukan adalah dengan menekan pengeluaran. Anda membutuhkan laporan arus kas agar Anda bisa tahu, pos apa saja yang pengeluarannya paling besar dan tingkat prioritasnya paling kecil agar bisa ditekan semaksimal mungkin.
  • Penumpukan stok
    Masalah lainnya yang dapat menyebabkan defisit adalah penumpukan stok yang berujung pada kerusakan barang. Untuk itu, Anda harus mengelola stok barang dengan benar dan update laporan secara berkala. Ingin lebih mudah dalam mengelola stok barang? Gunakan Paper.id yang dapat membantu Anda dalam memantau stok barang secara real-time dengan Paket Jet yang bisa Anda lihat disini!
  • Tagih piutang secara berkala
    Jangan lupa untuk menagih piutang secara berkala. Dengan begitu, pemasukan akan teratur. Fitur Invoice dari Paper.id dapat membantu Anda untuk membuat Digital Invoice untuk penagihan piutang.

    Agar tidak lupa, Anda bisa memberikan jangka waktu mulai dari 7,14,28 hingga 30 hari serta invoice reminder agar Anda tidak lupa. Ingin merasakan kemudahannya secara Cuma-Cuma? DOWNLOAD DISINI!