Pada tahun 2021, Peruri bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk mengungkap praktik pemalsuan meterai yang berpotensi merugikan negara hingga Rp37 miliar.  

Pemalsuan semacam ini sering terjadi di masyarakat, terutama  karena sulit membedakan mana meterai yang asli dan yang palsu. Sebagai langkah pencegahan agar kejadian serupa tidak terulang, Peruri kemudian memperkenalkan meterai digital.

Lantas, bagaimana meterai digital PERURI ini bisa  mencegah terjadinya  pemalsuan dokumen meterai? Lalu, di mana kamu  bisa mendapatkannya? Temukan jawabannya dalam artikel ini.

Baca juga: Manfaat E-Meterai Secara Umum dan Dalam Dokumen Bisnis!

Mengenal e-Meterai dan Bedanya dengan Materai Tempel

e-Meterai adalah meterai dalam bentuk digital atau elektronik yang memiliki ciri khusus dan unsur keamanan dari pemerintah Indonesia. Nilai meterai digital tersebut adalah 10.000.

Meterai elektronik ini digunakan untuk membayar pajak dokumen elektronik dan juga sebagai bukti di pengadilan.  Dokumen yang bisa dibubuhi meterai digital ini meliputi;

  • surat berharga
  • surat pernyataan
  • surat keterangan
  • dokumen lelang
  • dokumen yang mencantumkan jumlah uang
  • dokumen yang diresmikan oleh pemerintah
  • akta notaris, dan lain sebagainya.

Salah satu perbedaan utama antara meterai elektronik dan meterai tempel terletak pada penandatanganannya. 

Sesuai dengan UU No. 10 Tahun 2020, disarankan untuk tidak menandatangani di atas e-Meterai karena meterai digital menggunakan QR code, yang jika ditumpuk bisa mengganggu proses validasi.  Ini berbeda dengan meterai tempel yang mengharuskan tanda tangan ditempatkan di atas meterai tersebut.

Cara E-meterai Mengurangi Potensi Peredaran Meterai Palsu

Faktanya, e-meterai memiliki sistem keamanan yang dijamin oleh pemerintah Republik Indonesia. Hal ini dikarena meterai digital dilengkapi dengan teknologi tanda tangan digital X.509 SHA 521 dan tiga fitur keamanan tambahan, yaitu:

  • OVERT: Sebanyak 70% desain di meterai digital adalah barcode unik yang berbeda pada setiap meterai.
  • COVERT: Segel Peruri hanya dapat terdeteksi dan dibaca menggunakan pemindai atau aplikasi khusus dari Peruri, sedangkan tanda tangan pada panel hanya dapat dilihat menggunakan PDF  Adobe Acrobat Reader.
  • Peruri melakukan pemeriksaan forensik terhadap e-meterai.

Dengan tingkat keamanan yang tinggi seperti ini, pemalsuan pun menjadi sulit dilakukan dan dapat dikurangi, sehingga dapat melindungi negara dari potensi kerugian dan ketidaksahan dokumen.

Keuntungan Penggunaan e-Meterai

Meterai online PERURI dengan nominal Rp10.000 memiliki beragam keuntungan yang membuatnya lebih baik jika dibandingkan dengan meterai tempel.  Berikut ini kelebihan e-meterai yang perlu kamu ketahui!

1. Lebih praktis

E-meterai memberikan kemudahan dalam pembelian dan pembubuhan tandatangan. Sebelumnya, untuk mendapatkan meterai tempel, kamu harus membelinya di toko alat tulis atau ritel. Namun, sekarang dengan e-meterai, kamu bisa membelinya secara online melalui sistem yang disediakan oleh Peruri.

2. Meterai dijamin asli

Meterai tempel sangat rawan disalahgunakan, seperti pemalsuan atau penggunaan ulang, yang bisa meragukan keabsahan dokumen di mata hukum. Dengan e-meterai, keabsahan dokumen terjamin karena setiap e-meterai memiliki kode uniknya sendiri, serta dijamin autentik dan asli.

3. Dokumen tersimpan secara aman 

meterai yang ditempel pada dokumen kertas rentan hilang atau rusak. Namun, dengan meterai digital, kamu tidak perlu khawatir karena dokumen digital akan disimpan dengan aman dan rapi.

Cara Membeli e-Meterai

Untuk mendapatkan  e-meterai sendiri bisa dilakukan dengan mudah, kapan saja, dan dimana saja, berikut langkah-langkah membeli meterai elektronik yang bisa kamu ikuti;

  • Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan membuka laman web e.meterai.co.id.
  • Kemudian, pilih jenis pengguna yang cocok dengan kebutuhanmu, seperti enterprise untuk perusahaan, personal, atau wholesales untuk mitra distributor.
  • Setelah itu, unggah foto KTP. Pastikan ukuran foto tidak melebihi 1 MB.
  • Jika sudah terupload, isi informasi data diri, dan verifikasi akun melalui email yang telah didaftarkan. 
  • Selesai, sekarang kamu bisa mendapatkan e-meterai.

Demikianlah penjelasan lengkap tentang e-meterai, bagaimana itu dapat mencegah pemalsuan, manfaatnya, dan bagaimana cara membelinya. 

Baca juga: Mengungkap Perbedaan Antara Meterai 10.000 dan E-Meterai

Namun, ada hal yang perlu  diingat juga bahwa saat ini ada kasus penipuan dalam penjualan meterai elektronik. Para penipu meminta dokumen yang akan diberi e-meterai dalam format Ms. Word, padahal dokumen yang bisa digunakan untuk e-meterai hanya dalam format PDF.

Untuk menghindari hal tersebut, pastikan kamu membeli e-meterai ini melalui distributor resmi Peruri seperti PT Peruri Digital Security, PT Finnet Indonesia, atau juga bisa melalui Paper.id.

Paper adalah platform pembuatan faktur atau invoice digital yang memungkinkan kamu membuat dokumen tagihan dengan mudah dan cepat. Dokumen ini juga otomatis dilengkapi dengan e-meterai resmi. Jika kehabisan, kamu bisa langsung membeli e-meterai di Paper.id, lho! Pastinya dijamin asli. 

Kamu hanya perlu daftarkan bisnismu terlebih dahulu di Paper.id dengan klik tombol di bawah ini.

Nadiyah Rahmalia