Dewasa ini, masalah persediaan barang yang berlebih masih dihadapi banyak pengusaha. Hal ini umumnya disebabkan oleh anggapan belilah barang sebanyak mungkin mumpung harganya lagi turun. Padahal, hal ini bisa jadi senjata makan tuan dan menyebabkan stok barang kita jadi berlebih.

Stok barang yang berlebih harus kita waspadai karena bisa mengakibatkan kerugian bagi kita. Untuk itu, kita harus tahu cara yang tepat untuk menanggulangi masalah tersebut. Dibawah ini, penjelasan mengenai penyebab serta cara efektif untuk mengatasi stok barang yang berlebih.

Baca juga: 3 cara mengatasi penyusutan persediaan barang di dalam gudang

Apa yang menyebabkan persediaan barang berlebih?

Sebelumnya, kita telah mengetahui salah satu penyebab stok barang berlebihan, sembrono dalam membeli barang. Biasanya, pengusaha akan membeli stok barang sebanyak mungkin ketika ada promo diskon. Dengan begitu, mereka akan membeli barang lebih banyak. Terlihat bagus bukan? Tapi kelebihan stok justru akan memunculkan masalah baru yang bisa mendatangkan kerugian.

Kedua, kesalahan perhitungan juga bisa menyebabkan pembelian barang melebihi jumlah biasanya. Biasanya, masalah ini disebabkan oleh prediksi yang salah akan kuantitas barang yang dibutuhkan untuk kebutuhan kantor.

Persediaan Barang

Persediaan barang yang berlebih dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan

Akibat persediaan barang yang berlebihan

Persediaan barang yang berlebih dapat menimbulkan masalah baru yang mendatangkan kerugian. Kerugian yang pertama adalah, menurunnya kualitas barang yang dibeli. Penyimpanan barang yang tidak teratur dapat mengakibatkan barang rusak dan pengelolaan barang yang sulit karena, tidak ada tempat untuk menyimpan barang yang berlebih.

Stok Barang

Stok barang yang berlebih dapat menurunkan kualitas produk

Kedua, kamu akan kesulitan dalam melunasi tagihan yang datang dari para pemasok. Apalagi, masalah ini bisa semakin pelik jika kas keuangan usaha kamu sedang menipis dan memunculkan masalah baru yakni, menambah utang usaha.

Terakhir, likuiditas usaha tidak seimbang karena, proporsi aset yang kamu miliki tidak berimbang. Uang yang bisa digunakan untuk keperluan lain harus digunakan untuk menutupi hal-hal yang tidak perlu seperti ini.

Baca juga: 4 cara menjadi dropshipper yang sukses kurang dari 1 tahun

Cara mengatasi stok barang yang berlebih

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah stok barang yang berlebih. Pertama, monitoring stok barang yang kamu miliki secara berkala. Pemantauan secara berkala dapat membantu kamu mengetahui keadaan terkini dari stok barang yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu bisa membuat langkah dengan cepat jika ada barang yang kurang dan memesan barang segera.

Hal ini bisa kamu lakukan dengan mudah lewat software Paper.id. Paper.id memiliki elemen inventory management yang dapat membantu kamu memantau keadaan stok barang kamu secara real time sehingga, kamu bisa tahu jumlah persediaan barang yang kamu miliki dengan tepat.

Fitur inventory Paper.id juga telah terintegrasi dengan Invoice. Begitu invoice dibuat, barang yang ada akan otomatis terhitung. Tidak perlu lagi melakukan update secara langsung!

Selain itu, Paper.id tersedia dalam versi aplikasi. Kerja jadi lebih mudah dan bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Download lewat link diatas dan buat bisnis kamu jadi lebih mudah dengan software Paper.id!

google_play_customer_io

(Visited 2.428 times, 1 visits today)