Tidak sedikit masyarakat yang masih mempertanyakan keamanan e-Meterai. Apalagi belum lama ini muncul kasus meterai palsu yang semakin membuat masyarakat merasa was-was. Berita tentang kebocoran data pribadi juga membuat masyarakat bertanya-tanya bagaimana pemerintah dapat menjaminkan agar hal tersebut tidak terjadi ketika mereka menggunakan meterai digital ini.

Lalu, seberapa aman sebenarnya e-Meterai itu? Bagaimana cara membedakannya dari yang palsu? Kemudian, di mana sebaiknya membelinya agar terhindar dari penipuan yang dapat merugikan bisnismu? Simak pembahasan selengkapnya dalam  artikel ini, ya, agar kamu tak lagi khawatir.

Baca juga: Sekilas Tentang E-Meterai Yang Baru Resmi Diluncurkan Pemerintah!

3 Teknologi Keamanan e-Meterai

e-Meterai adalah meterai dalam bentuk digital yang digunakan untuk kebutuhan dokumen elektronik. Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) membuatnya sebagai solusi untuk mengatasi materai palsu dan memenuhi kebutuhan dokumen elektronik yang terus meningkat.

Meterai canggih ini memiliki tingkat keamanan yang sangat baik. Hal ini karena meterai online dilengkapi dengan teknologi tanda tangan digital X.509 SHA 521 dan tiga fitur keamanan tambahan, yaitu:

  • OVERT: Sebagian besar desain meterai online menggunakan barcode unik yang berbeda-beda setiap materainya, yakni sekitar 70%.
  • COVERT: Peruri Seal di e-meterai hanya bisa dibaca dan di-scan dengan scanner khusus dari Peruri. Signature panel juga hanya dapat dilihat di PDF melalui Adobe Acrobat Reader.
  • Teknologi forensik: Terakhir, Peruri juga melakukan pembuktian e-Meterai secara forensik.

Selain itu, pemerintah bekerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk memastikan e-Meterai yang dibuat oleh Peruri aman dan transaksi tercatat dengan baik dalam sistem.

Direktorat Jenderal Pajak (DJP ) juga memiliki dashboard e-Meterai dengan data yang terintegrasi sepenuhnya dalam sistem, memungkinkan pemerintah untuk memantau jumlah cetakan e-Meterai, penggunaannya, dan penjualannya.

Keamanan meterai digital tidak hanya sampai di situ. Untuk menjamin keamanan data pribadi masyarakat saat menggunakannya, kontrak antara DJP dan Peruri mencakup klausa di mana Peruri diwajibkan untuk menjaga keamanan data. Perjanjian ini ada di dalam  Non Disclosure Agreement (NDA).

Selanjutnya, untuk menjaga keamanan saat mendistribusikan dan menjual meterai digital, pemerintah menggunakan  two factor authentication, online stamping, mengirim OTP saat mendaftar, dan menyediakan aplikasi untuk mendeteksi keaslian e-Meterai.

Karakteristik e-Meterai

e-Meterai memiliki karakteristik khusus yang perlu kamu perhatikan agar tidak terjebak membeli meterai digital palsu. Berikut ini ciri-cirinya:

  • Memiliki 22 digit kode unik yang merupakan nomor seri yang dihasilkan oleh sistem materai elektronik.
  • Ada gambar lambang negara Republik Indonesia, Garuda Pancasila.
  • Tulisan “METERAI ELEKTRONIK” di atasnya.
  • Selanjutnya, ada angka 10000 dan kata “SEPULUH RIBU RUPIAH” yang merupakan tarif bea meterai.

Daftar Distributor Resmi e-Meterai

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, ditemukan beberapa kasus meterai online palsu yang telah digunakan oleh orang lain. Oleh karena itu, Peruri menghimbau masyarakat untuk membeli meterai hanya dari distributor resmi yang telah ditunjuk dan bekerja sama dengan Peruri.Berikut daftar distributor resminya:

1. PT. Peruri Digital Security

PT. Peruri Digital Security adalah anak perusahaan Peruri yang diotorisasi sebagai distributor resmi semua produk digital Peruri, termasuk meterai online.

Meterai digital ini bisa digunakan untuk berbagai macam  dokumen elektronik termasuk surat perjanjian, surat pernyataan, surat keterangan dan lain sebagainya.

Kamu bisa mengakses laman ini https://e-meterai.co.id/ untuk membeli meterai digital dari Peruri Digital Security.

2. PT Finnet Indonesia

PT Finnet Indonesia adalah anak perusahaan Telkom Metra atau Telkom Group yang bekerja sama dengan Mekar Prana Indah, sebuah yayasan kesejahteraan karyawan Bank Indonesia untuk menyediakan layanan FinTech. 

Sebagai salah satu distributor resmi  meterai digital, Finnet juga bisa memberikan dukungan kepada mitra bisnis mereka untuk memperjual belikan meterai online sehingga dapat meningkatkan dan memperluas penggunaan meterai di Indonesia. 

Saat ini, Finnet adalah salah satu perusahaan mitra Peruri dalam penjualan e-Meterai. Kamu bisa mengakses laman https://finnet.e-materai.co.id/ untuk membelinya melalui Finnet.

3. Paper.id

Distributor meterai digital resmi lainnya adalah Paper.id, Paper adalah platform pembuatan invoice yang membantu pelaku bisnis membuat dokumen penagihan pembayaran secara online, cepat, dan mudah. 

Di Paper sendiri, e-Materai ini digunakan pada dokumen  invoice saja. Jika kehabisan, pengguna dapat membelinya langsung di platform Paper tanpa harus membuka website lain.

Kamu bisa klik link ini https://www.paper.id/e-meterai.php untuk membeli dan menggunakan e-meterai dari Paper.id.

Nah, tunggu apa lagi segera gunakan Paper.id sekarang juga!

Baca juga: Cara Mudah Daftar & Beli E-Meterai untuk Kebutuhan Bisnis Kamu!

Itulah ulasan lengkap tentang keamanan e-meterai, ciri-cirinya yang asli, dan tempat membelinya. Semoga setelah membaca artikel ini, kamu  dapat menghindari penipuan yang semakin sering terjadi dan selalu tetap waspada serta berhati-hati.

Yuk, pilih tempat yang aman untuk membubuhkan meterai digital ke invoice-mu, yaitu Paper.id dengan gratis. Klik tombol di bawah ini untuk daftar!

Nadiyah Rahmalia