Paper.id Blog – Usaha kecil hingga menengah merupakan bisnis yang sering kita temui di masyarakat saat ini. Perkembangan Usaha kecil hingga menengah saat ini merupakan dampak yang positif untuk perkembangan eknomi bangsa.

Berikut ini beberapa alasan mengapa usaha kecil harus lebih dikembangkan.

Baca Juga:Cara Memperlancar Arus Kas Bisnis Dengan Kartu Kredit

Alasan mengapa usaha kecil harus dikembangkan lebih jauh

1. Membuka lapangan pekerjaan

Saat ini, banyak sekali usaha kecil hingga menengah yang mulai tumbuh seiring dengan perkembangan jaman. Usaha mikro kecil dan menengah atau biasa disingkat UMKM mampu memberikan dampak positif terhadap perekonomian bangsa.

Dikutip dari situs dataindonesia.id, UMKM di Indonesia pada tahun 2019 mencatatkan angka di 65,47 juta UMKM yang ada di Indonesia. 30 Juta diantaranya sudah go online menurut situs kominfo.

Yang menjadi alasan mengapa bisnis kecil harus dikembangkan, hal ini tentunya bisa membuka lapangan pekerjaan bagi setiap orang yang ada.

Data yang diambil dari badan pusat statistik indonesia, pengangguran di Indonesia menyentuh hingga 8,42 juta pada periode agustus 2022. Tentunya ini merupakan angka yang cukup besar.

Oleh karena itu pembukaan lapangan pekerjaan ini tentu harus didukung dengan penurunan angka pengangguran secara signifikan, tentu ini akan menambah kesejahteraan rakyat.

UMKM terbukti mampu menyerap lapangan pekerjaan yang cukup banyak.

2. Dapat mengurangi kesenjangan sosial di masyarakat

Selanjutnya, dengan adanya UMKM yang berkembang, diharapkan dapat mengurangi kesenjangan sosial yanga ada di masyarkat.

Hal ini tentunya sangat berkaitan erat dengan naiknya perekonomian masyarakat apabila mereka mempunyai bisnis kecil.

Selain membuka lapangan pekerjaan, tentunya bagus untuk dirinya sendiri sekaligus mendapatkan uang tambahan untuk kebutuhan.

Menjadi wirausaha tentunya mempunyai dampak positif pada ekonomi seseorang. Sehingga kesenjangan ekonomi di masyarakat bisa berkurang dengan baik.

Hal ini tentunya mendorong pemerintah juga pihak terkait untuk mengembangkan UMKM ini.

3. Meningkatkan ekonomi nasional

Selanjutnya, UMKM merupakan salah satu bagian untuk meningkatkan perkonomian nasioanl. Memang ini sudah sesuai dengan UUD 1945 pasal 33 ayat 4 yang menyebutkan bahwa UMKM bagian dari perekonomian nasional.

UMKM sendiri memiliki potensi yang begitu besar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat indonesia.

Alasan mengapa usaha kecil perlu dikembangkan dikarenakan perannya yang berdampak terhadap perkembangan ekonomi nasional.

Data yang didapat dari kementrian koperasi dan UKM, jumlah UKM di indonesia telah mencapati 64,19 juta. Tentunya angka ini cukup besar, dan memberikan kontribusi PDB sebesar 61,97%.

Dengan pertumbuhan UMKM ini, terbukti memiliki dampak dengan mampu menyerap hingga 97% total tenaga kerja yang ada. Serta ikut dalam menghimpun investasi hingga 60,4%. Tentunya ini yang menjadi alasan mengapa UMKM perlu dikembangkan

4. Menunjukan eksistensi bisnis

Terlepas dari banyak faktor mengapa umkm harus ditingkatakn. Salah satu alasan lain mengapa perlu ditingkatkan ialah sebagai bukti eksistensi bisnis kedepannya.

Sebuah bisnis yang sudah tumbuh dengan pesat perlu pengembangan. Inilah alasan mengapa sebuah bisnis tidak mudah turun dan tetap bertahan dalam menghadapi krisis ekonomi kedepannya.

Namun masih banyak halangan yang menyebabkan mengapa UMKM selalu susah untuk berkembang. Hal ini yang harus dicari tahu faktor mengapa bisnis UMKM gagal berkembang.

Baca Juga: Apa Sih Kegunaan dan Manfaat Kartu Kredit?

Faktor penyebab bisnis kecil sulit berkembang

Banyak sekali faktor yang menyebabkan mengapa sebuah bisnis kecil atau UMKM sulit untuk berkembang. Selain dari biaya operasional yang menjadi faktor utama masih banyak hal yang menjadi faktor lainnya.

Untuk membuka suatu usaha bisnis, diperlukan biaya yang cukup. Biaya ini yang tanpa disadari selalu dilupakan oleh pelaku bisnis.

Sehingga, ketika menjalankan usaha, harapan pemasukan yang diterima menjadi tidak sesuai harapan.

Arus kas keluar dan masuk uang pun harus diperhatikan oleh para pelaku usaha bisnis. Tentu ini tidak boleh disepelekan satu sama lain, karena ini akan berkaitan dengan usaha kecil kedepannya.

Terkait hal ini, pemerintah telah memberikan banyak penawaran untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi para pelaku UMKM ini.

Solusi nya, pemerintah akan membantu para pelaku UMKM secara finansial. Beberapa bantuan seperti subsidi, bunga/margin, menggunakan penawaran promo kartu kredit, hingga Imbal Jasa Penjamin. Semuanya ditanggung pemerintah.

Tapi tetap, kita harus memperhatikan penyebab mengapa usaha kecil jauh lebih sulit untuk berkembang. Selain faktor biaya, ada juga faktor operasional, seperti pencatatan invoice yang kurang lengkap, salah input dan lain sebagainya.

Buat kalian para pelaku usaha kecil, kalian bisa menggunakan software atau aplikasi yang membantu bisnis kalian berjalan dengan baik.

Kalian bisa menggunakan software invoice online dari Paper.id yang memudahkan para pelaku usaha bisnis dalam menjalankan bisnisnya.

Selain itu juga, aplikasi invoice online dari Paper.id juga telah terintegrasi dengan pembayaran digital yang memudahkan para pelaku usaha memberikan opsi pembayaran kepada customer.

Itulah beberapa informasi terkait mengapa bisnis kecil sulit untuk berkembang. Buat kalian yang ingin menggunakan Paper.id, kalian bisa klik tombol daftar dibawah ini.