Seiring perusahaan yang semakin besar, pengelolaan sumber daya yang dimilikinya juga jadi semakin rumit, bukan? Agar kamu tidak kesulitan, ada teknologi yang disebut dengan Enterprise Resource Planning (ERP). Menurut Sage Software Solutions Pvt Ltd, lebih dari 53% perusahaan yang menggunakan ERP merasakan peningkatan ROI yang positif.

Namun, karena biayanya yang tidak murah, kamu perlu benar-benar memahami apa itu ERP dan mampu mempertimbangkan apakah bisnismu memang sudah membutuhkannya.

Agar bisa membuat keputusan yang terbaik, yuk, simak artikel berikut ini dari Paper.id!

Apa Itu ERP?

ERP adalah software yang dirancang khusus untuk membantu perusahaan dan organisasi untuk mengelola berbagai proses bisnis sehingga lebih efisien dan terintegrasi. Sistem ini mampu mengintegrasikan berbagai fungsi dari berbagai departemen perusahaan, seperti akuntansi, procurement, project management, risk management, supply chain, dan lainnya.

Dengan software ini, perusahaan mampu meningkatkan produktivitas dan efisiensi serta membuat keputusan yang lebih baik lagi, khususnya terkait finansial.

Sistem ERP bisa digunakan di berbagai ukuran perusahaan, mulai dari bisnis kecil hingga perusahaan besar. Namun, dibutuhkan penyesuaian untuk ukuran perusahaanmu masing-masing.

Cara Kerja Sistem ERP

Mengutip TechTarget, sistem ERP bekerja via central databse. Seluruh pengguna sistem ini dalam perusahaan dapat melihat suatu dashboard dan memantau data secara real-time dari berbagai departemen atau bisnis unit yang ada.

Contohnya adalah saat ERP sebagai salah satu solusi dari supply chain di mana ERP menerima data pesanan pelanggan, kemudian pesanan tersebut akan diteruskan ke pusat distribusi sehingga dapat segera diproses tanpa alur komunikasi yang ribet dan lama.

Selain itu, sistem ini mungkin bisa melihat informasi terkait ketersediaan, waktu pengiriman, hingga biaya produksi dan lain sebagainya. 

Dengan menggunakan sistem ini, data dari berbagai departemen juga dengan mudah divisualisasikan dan dibagikan ke seluruh perusahaan sehingga mudah dipahami siapa pun yang melihatnya, bukan yang pakar dalam pemahaman data itu saja.

Ini akan sangat memudahkan bagi decision maker bisnis untuk membuat kesimpulan untuk progress perusahaan ke depannya.

Manfaat ERP untuk Bisnis

1. Integrasi proses bisnis

ERP mengintegrasikan berbagai fungsi dan departemen dalam suatu perusahaan, seperti keuangan, produksi, penjualan, manufaktur, logistik, dan sumber daya manusia. Hal ini memungkinkan data dan proses bisnis saling terkait dan terkoordinasi dengan baik.

2. Efisiensi operasional

Sistem ini membantu mengotomatiskan berbagai tugas dan proses bisnis, mengurangi kerja manual, dan meningkatkan efisiensi operasional. Hal ini dapat menghasilkan penghematan biaya dan waktu yang signifikan.

3. Pengambilan keputusan lebih tepat 

Kamu dapat mengakses data bisnis yang akurat dan real-time, memungkinkan manajemen untuk membuat keputusan yang lebih baik dan berdasarkan data yang sahih.

4. Manajemen Inventaris yang lebih baik

Perusahaan mampu mengelola inventaris dengan lebih efisien dengan sistem tersebut, mengoptimalkan persediaan, dan mengurangi risiko overstock atau understock.

5. Peningkatan layanan pelanggan

Dengan akses yang lebih baik ke informasi pelanggan, ERP memungkinkan perusahaan untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih baik dan responsif.

6. Skalabilitas

ERP dapat disesuaikan dengan berbagai ukuran perusahaan, dan mudah ditingkatkan sesuai dengan pertumbuhan bisnis.

7. Meningkatkan produktivitas karyawan

Dengan mengotomatiskan tugas-tugas rutin, ERP memungkinkan karyawan untuk fokus pada pekerjaan yang lebih strategis. Pasalnya, mereka tidak lagi harus berkutat pada pekerjaan-pekerjaan yang kini bisa diambil alih dengan sistem tersebut.

8. Pengurangan duplikasi data

Sistem ERP mengurangi duplikasi data dan ketidakcocokan data, yang dapat menyebabkan kesalahan dan kebingungan. Dengan adanya sistem, duplikasi bisa langsung terlihat dan input data juga jadi lebih efektif.

9. Visibilitas bisnis

ERP memberikan visibilitas yang lebih baik ke berbagai aspek bisnis, termasuk performa departemen, kinerja produk, dan hubungan dengan pemasok dan pelanggan.

10. Manajemen rantai pasokan yang lebih baik

Dengan adanya sistem, perusahaan jadi terbantu untuk mengelola rantai pasokan secara ebih baik, mulai dari pemesanan hingga pengiriman produk kepada pelanggan.

11. Analisis dan pelaporan

ERP menyediakan alat untuk analisis data dan pelaporan yang kuat, memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi tren, peluang, dan tantangan dengan lebih baik.

Secara keseluruhan, penggunaan Enterprise Resource Planning dapat meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi biaya, meningkatkan pengambilan keputusan, dan membantu perusahaan menjadi lebih kompetitif di pasar. Namun, penting untuk dicatat bahwa implementasi ERP juga dapat menjadi proyek yang kompleks dan mahal, sehingga perlu perencanaan dan manajemen yang cermat.

Nah, itulah dia sekilas tentang apa itu ERP dan bagaimana manfaatnya untuk bisnis. Apakah setelah membaca artikel ini, kamu jadi lebih mantap untuk menggunakan sistem ini untuk bisnismu?

Memang, menggunakan sistem ini untuk bisnis biayanya tidak mudah. Namun, manfaatnya sangat bisa terasa. Kalau kamu belum punya biayanya untuk sistem tersebut, ada otomatisasi lain dalam bisnis yang bisa kamu coba, yaitu Paper.id. Berbeda dengan ERP, Paper.id membantu bisnismu dalam proses invoicing dan pembayaran, sehingga semuanya dapat dilakukan secara digital.

Yuk, intip selengkapnya tentang Paper.id dengan klik tombol di bawah ini dan segera daftarkan bisnismu!

Daniel Nugraha