Contoh Nota Penjualan Restoran Untuk Usahamu

Bingung dalam membuat nota penjualan untuk restoran? Contoh nota penjualan restoran berikut ini mungkin dapat membantu kamu dalam membuat nota khusus restoran kamu. Setiap restoran harus memiliki nota penjualan sendiri sebagai bukti transaksi pembayaran.

Dalam nota tersebut berisi sejumlah informasi yang berkaitan dengan transaksi yang terjadi dalam sebuah restoran. Informasi itu nantinya akan mejadi rujukan bagi pembeli dan penjual dalam pembayaran. Berikut penjelasan dan bagaimana cara membuat nota penjualan bagi usaha restoranmu.

Penjelasan dan contoh nota penjualan restoran

Nota penjualan berfungsi sebagai bukti transaksi yang berfungsi untuk mencatat berapa barang yang dibeli dan sebagai rujukan untuk pembeli guna mengambil barang yang telah mereka bayar sebelumnya. Selain itu, nota juga berfungsi untuk membantu pembeli dalam melakukan retur atau pengembalian barang jika ada kerusakan atau barang yang tidak sesuai dengan informasi yang ada. Lihat contoh gambar dari contoh nota penjualan dibawah ini.

Nota Untuk Bisnis Rumah makan dan Restaurant

Pada gambar itu, ada 3 bagian yang bisa dilihat. Pertama, nota penjualan untuk restoran memiliki logo perusahaan serta alamat perusahaan. Selanjutnya, bagian kepala akan disambung dengan kolom besar yang berisi kolom-kolom kosong sebagai tempat untuk mengisi informasi mengenai jenis barang yang dibeli serta jumlahnya.

Baca juga: Contoh purchase order dan apa sih perbedaannya dengan invoice

Di bagian terakhir, ada tanda tangan dan juga bagian untuk menyertakan nama terang. Pada umumnya, nota penjualan untuk restoran sama dengan nota penjualan yang digunakan di toko jual beli atau tempat usaha lainnya. Namun, bagian informasi pada nota penjualan tersebut diperjelas dengan beberapa bagian seperti jumlah dan bagian makanan atau minuman.

Pentingnya nota penjualan untuk usaha restoran Anda

Seberapa penting nota penjualan untuk restoran? Sangat penting, bahkan wajib ada. Nota penjualan akan menjadi bukti transaksi yang dimiliki oleh penjual dan pembeli. Nota tersebut dirangkap tiga dimana, nota asli akan disimpan pembeli, nota yang kedua akan disimpan oleh kasir untuk dokumen pembukuan, dan nota yang ketiga akan disimpan untuk pengecekan stok.

Baca juga: Perbedaaan invoice beserta kwitansi beserta dengan contohnya

Berdasarkan fungsinya, setiap pemilik restoran perlu melakukan hal itu untuk memastikan agar mereka mendapatkan informasi yang lengkap untuk pembukuan dan stok barang. Meski demikian, proses tersebut ribet dan berpotensi dapat menyebabkan masalah seperti nota penjualan yang hilang dan rusak.

Karena itu, kamu bisa menggunakan Paper.id, software invoice yang akan membantu usahamu lebih lancar. Kamu tidak perlu repot-repot menyimpan invoice karena, invoice akan tersimpan rapi, aman dan bisa dicek kapan saja lewat histori transaksi.

Direct Sales/Purchase Setting

Fitur Direct Sales akan mengurangi stok barang secara langsung

Selain itu, sistem integrasi antar invoice membuat kinerjamu lebih mudah dan cepat karena, kamu tidak perlu lagi menghitung stok barang atau melakukan pembukuan. Fitur Simple Stock akan mengurangi stok barang secara langsung. Selain itu, transaksi yang terjadi akan tercatat secara otomatis dan bisa dilihat secara real-time hanya lewat dashboard Paper.id dimana saja dan kapan saja. Mudah bukan? Buat pengelolaan usaha dengan mudah semudah membuat kopi dengan Paper.id! Download Disini Sekarang!

(Visited 6.467 times, 1 visits today)