Dewasa ini, ada beragam contoh invoice sederhana yang muncul. Biasanya, kamu bisa menemukannya di internet dengan template yang berbeda-beda dan bisa dipilih sesuai dengan keinginan yang kamu mau.

Selain itu, contoh invoice di internet juga berbeda-beda sesuai dengan fungsinya. Karena itu, template invoice tidak memiliki pakem yang sama. Namun, ada kesamaan yang bisa dilihat, isi dari invoice itu sendiri.

Terlepas dari fungsinya, setiap invoice memiliki template isi yang sama. Karena itu, setiap orang perlu mengetahui hal itu. Dari berbagai macam fungsinya, ada invoice sederhana yang biasanya sering digunakan oleh banyak orang.

Invoice sederhana mudah dibuat dan bisa dibuat kapan dan dimana saja sehingga, orang-orang beralih ke invoice ini. Kemudahan dalam pembuatan invoice sederhana membuat banyak orang tertarik untuk menggunakannya.  Berikut contoh dan penjelasan mengenai invoice sederhana.

Baca juga: Cash flow dan cara meningkatkannya agar maksimal

Apakah invoice sederhana berbeda dengan invoice pada umumnya?

Invoice sederhana tetap termasuk sebagai bagian dari invoice. Bedanya, invoice sederhana tampil dengan model yang lebih sederhana agar memudahkan semua orang untuk menggunakannya dan bisa dibuat dimana saja.

Fungsinya tetap sama sebagai dokumen yang berisi catatan mengenai produk yang dibeli, harga produk, dan juga elemen lainnya yang berkaitan dan dikirim oleh penjual kepada pembeli. Dalam dokumen tersebut disertai keterangan mengenai hal-hal umum seperti alamat, nama pengirim dan juga hal lainnya.

Baca juga: B2B marketing: cara menentukan target pasar secara efektif

Contoh invoice sederhana dan cara membuatnya

Membuat invoice sederhana sebenarnya tidak sulit. Selain karena sudah ada banyak contoh invoice sederhana yang bisa kamu dapatkan, isinya tidak terlalu banyak dan kamu bisa membuatnya dimanapun dan kapanpun.

Meski mudah, kamu harus memilih informasi mana yang harus disampaikan di bagian tersebut. Karena, setiap perusahaan memiliki template dan isi invoice yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing. Namun, isi dari invoice sendiri sama saja dan berikut isiannya.

  • Tujuan dari invoice (Nama pelanggan)
  • Identitas dari penagih (Nama perusahaan atau penjual)
  • Nomor invoice atau nomor dari surat pemesanan yang berkaitan dengan invoice
  • Daftar dari barang-barang yang dibeli beserta penjelasannya (harga barang, jumlah barang, total keseluruhan)
  • Total pembayaran yang harus dibayar
  • Tujuan pembayaran (Detil dari nomor rekening dan bank)

Jadi, kamu perlu mencantumkan poin-poin yang telah disebutkan diatas. Dengan informasi yang jelas, pihak yang tertagih bisa menyelesaikan tagihan dengan mudah dan cepat. Karena itu, pembuatan invoice yang jelas bisa menjadi salah satu poin penting yang dapat membuat transaksi kamu bisa berjalan lancar.

Untuk memudahkan kamu dalam memahami invoice sederhana, kamu bisa melihat contoh invoice sederhana dibawah ini.

4

Lewat contoh diatas, kita bisa melihat bahwa ada beberapa poin yang biasanya selalu diisi di setiap jenis invoice. Diawali dari identitas pelanggan yang dituju serta pengirim invoice. Biasanya, identitasnya berisi nama yang dituju, alamat lengkap, nama perusahaan, dan informasi lainnya yang berkaitan.

Setelah itu, kita beralih ke bagian isi. Isi dari invoice biasanya berisi barang-barang yang harus dibeli. Kamu bisa memasukkan barang-barang yang dibeli beserta informasi tambahan seperti jumlah dan juga harganya.

Terakhir, isilah bagian dari total harga yang harus dibayar serta informasi tambahan seperti syarat dan ketentuan pembelian yang harus dipatuhi oleh penjual dan pembeli. Selain itu, informasi tambahan juga bisa berisi tentang nomor rekening untuk tujuan pembayaran dan juga hal lainnya yang penting.

Dengan adanya contoh invoice sederhana, kamu bisa menjadikannya sebagai referensi untuk membuat invoice. Selain itu, contohnya juga mudah dibuat sehingga, kamu bisa membuatnya dengan cepat untuk berbagai macam keperluan.

Kemudahan dalam membuat invoice juga menjadi salah satu hal yang diidamkan oleh banyak orang dan bisa kamu temukan lewat Paper.id, software invoice terkemuka di Indonesia. Didesain dengan desain yang keren dan mudah digunakan, Paper.id bisa menjadi teman terbaik kamu dalam membuat invoice.

Paper.id juga punya fitur lainnya seperti digital payment, stok opname, laporan keuangan dan beragam fitur lainnya. Nikmati kemudahan dalam bertransaksi Bersama Paper.id! Untuk menggunakannya secara GRATIS, silahkan klik link dibawah ini!