Ada banyak contoh invoice penagihan yang beredar dengan gaya yang berbeda-beda. Hal ini seringkali membingungkan banyak orang terutama dalam memilih invoice yang tepat bagi mereka. Sejatinya, pemilihan invoice tidak berdasarkan gaya invoice melainkan lebih kepada isi dan fungsi dari invoice itu sendiri.

Invoice berfungsi sebagai dokumen yang berisi pernyataan tagihan yang diberikan kepada pembeli oleh penjual. Untuk itu, invoice harus memiliki data yang akurat terkait banyak hal seperti, jumlah tagihan, barang yang dibeli, tanggal terjadinya transaksi, dan hal lainnya yang berkaitan.

Jika kamu masih kesulitan dalam menemukan invoice penagihan yang tepat, berikut contoh invoice penagihan yang bisa kamu buat serta penjelasannya.

Baca juga: Apa itu payroll beserta kriteria dasar dalam penggajian karyawan

Contoh invoice penagihan sederhana dan penjelasannya

Contoh invoice penagihan ada banyak. Diantara contoh yang ada, ada beberapa kesamaan yang bisa kita lihat. Pada contoh dibawah, ada beberapa hal yang wajib ada dalam setiap invoice penagihan meski modelnya berbeda.

Invoice Penagihan

Invoice Penagihan

Pertama, ada bagian identitas yang tertera di bagian atas invoice. Di bagian tersebut, kita harus memasukkan penerima dan pemberi invoice. Biasanya, nama penerima invoice terletak di bagian awal atau merupakan bagian pertama yang harus kita isi. Di bagian tersebut, ada nama orang yang dituju, nama perusahaan, nomor telepon, alamat, dan juga nomor klien berdasarkan penggolongannya. Terakhir, jangan lupa isikan nomor invoice, tanggal pembuatan invoice, serta jatuh tempo pembayaran.

Selanjutnya, kita beralih ke bagian terpenting dari invoice, isi dari invoice itu sendiri. Pada bagian isi invoice, kita mengisikan jumlah barang yang ada, harga, serta info tambahan yang terkait barang tersebut. Pada contoh, kita melihat tiket kereta api yang dibeli. Pada bagian tersebut, isilah sesuai dengan barang yang dibeli. Jangan lupa untuk mengisi jumlah tiket yang dibeli, harga, serta informasi tambahan lainnya.

Terakhir, ada bagian note serta syarat dan ketentuan. Note merupakan informasi tambahan yang bisa kita bubuhkan di bagian invoice. Biasanya, bagian tersebut berisi tentang informasi barang atau hal lainnya yang berkaitan dan penting untuk diberikan di bagian tersebut.

Selain itu, ada syarat dan ketentuan. Syarat dan ketentuan biasanya berisi poin-poin dari transaksi yang telah disepakati oleh penjual dan pembeli. Biasanya, hal ini berpengaruh terhadap proses pembayaran dan mencegah adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Contoh jurnal akuntansi keuangan yang benar

Pentingnya mengetahui contoh invoice penagihan yang benar

Setelah melihat contoh invoice penagihan diatas, ada banyak hal yang harus ada dalam invoice tersebut mulai dari identitas pihak yang akan menerima invoice, isi dari invoice serta informasi tambahan yang harus diketahui setiap orang dalam invoice itu.

Alasan kenapa invoice penagihan harus diisi dengan sebaik mungkin adalah, karena invoice berfungsi sebagai bukti tagihan yang sah dan nantinya akan digunakan sebagai rujukan dalam proses pembukuan keuangan.

Tanpa adanya informasi yang akurat serta lengkap, proses pembukuan dapat berjalan tidak lancar sehingga, hal ini mengharuskan setiap orang untuk mengisi invoice tagihan dengan benar dan lengkap.

Bukan hanya pembukuan saja, invoice penagihan juga berguna untuk faktur pajak dan juga hal lainnya seperti, rujukan akan kesalahan pengiriman atau perhitungan total tagihan yang ada. Mengingat hal tersebut, penting bagi setiap orang untuk mengetahui bentuk yang tepat.

Jika kamu masih kesulitan dalam membuat invoice tagihan, kamu bisa menggunakan software Invoice dari Paper.id. Dengan Paper.id, kamu bisa membuat invoice dengan mudah, mengirimkannya kapan saja dan dimana saja sehingga, tidak ada lagi rasa khawatir akan pembayaran yang belum selesai.

Selain itu, Paper.id juga memiliki banyak fitur lainnya yang berguna untuk operasional seperti, laporan keuangan, stock opname, dan lainnya. Nikmati juga fitur chart of account dengan paket Jet dan Rocket dengan fitur tambahan yang lebih banyak. Rasakan kemudahannya dengan klik link di bawah ini!

 

 

google_play_customer_io

(Visited 14.162 times, 60 visits today)