Penjualan atau penagihan biasanya digunakan untuk menagih customer. Dalam bisnis, dokumen ini sangat penting untuk digunakan dalam bertransaksi.

Tanpa dokumen ini, transaksi bisnis akan sulit dilacak dan pembayaran juga akan sulit diterima. Oleh karena itu, yuk, kenali definisi dan cek bagaimana contohnya dalam artikel berikut ini!

Berikut ini contoh template invoice dari Paper.id, tentu ini akan sangat membantu bisnismu dalam membuat invoice. Sebelum membaca artikel, kamu bisa mencobanya langsung lewat demo produk di bawah.

Coba Buat Invoice Gratis Tanpa Daftar

Hanya 5 Menit & Mudah

powered by Advanced iFrame. Get the Pro version on CodeCanyon.

Baca Juga: Apa itu Invoice? Pengertian, Fungsi, Hingga Contohnya

Apa Itu Invoice Penjualan?

Invoice penjualan merupakan sebuah dokumen yang dibuat & dikirim oleh pebisnis kepada customer atau pembeli. 

Tentunya didalamnya terdapat banyak komponen seperti tanggal transaksi, detail barang yang dibeli, hingga term & payment.

Para pebisnis biasanya mengirim atau mengeluarkan invoice dalam beberapa cara seperti berikut ini: 

  • Dokumen cetak dikirim melalui pos atau secara langsung
  • PDF atau file lain yang dikirim melalui email
  • Dokumen digital otomatis yang dikirim dari aplikasi invoice online
Invoice Penjualan

Bagaimana Alur Proses Kerja Invoice Penjualan?

Untuk menjawab pertanyaan diatas, pebisnis akan membuat invoice untuk meminta pembayaran dari pelanggan. Pebisnis biasanya akan membuat serta mengirim invoice setelah barang siap untuk dikirim. Setelah itu akan dilakukan pengiriman invoice, biasanya menggunakan kurir atau layanan ekpedisi.

Namun sekarang bisa dengan mudah kirim invoice online via email atau dengan bantuan layanan aplikasi invoice. Tentunya dengan bantuan layanan aplikasi invoice tersebut mempermudah para pebisnis dalam membuat serta mengirim invoice. 

Setelah Invoice diterima oleh pelanggan, maka pelanggan harus membayar invoice tersebut dan pebisnis akan mengirim barang yang sudah dibayarkan tersebut.

Baca Juga: 7 Contoh Invoice Pembayaran & Penjualan Untuk Bisnis

Komponen yang Harus Ada Dalam Invoice Penjualan

Setiap pebisnis pasti memiliki template invoice penjualan yang berbeda-beda, tergantung kebutuhan dari pebisnis tersebut. Namun ada komponen yang harus dimasukkan dalam invoice penjualan seperti berikut ini.

  • Informasi Kontak
  • Nomor Invoice dan Tanggal
  • Deskripsi Barang atau Jasa yang Diberikan
  • Syarat Pembayaran
  • Jumlah dan Jatuh Tempo

Apakah Invoice Hanya untuk Produk Fisik?

Tidak juga, setiap pebisnis yang menawarkan produk baik fisik maupun non-fisik bisa mencatatkan tagihan bisnis ke dalam invoice penjualan. 

Bahkan beberapa bisnis jasa pun bisa menggunakan Invoice Penjualan, seperti fotografer, freelancer hingga tutor guru. 

Di dalam Sales Invoice, yang mereka tuliskan bukanlah jenis barang atau produk melainkan jasa apa yang diberikan. Misalnya, kamu seorang fotografer, kamu bisa menuliskan di dalam Faktur Penjualan jenis paket apa yang diminta oleh pelanggan, beserta jumlah harganya.

Baca Juga: 7 Manfaat & Keuntungan Menggunakan Invoice Online Untuk Bisnis Kalian

Contoh Invoice Penagihan atau Penjualan Sederhana

Invoice Penagihan
Contoh invoice penjualan
Contoh invoice penagihan / penjualan sederhana dan penjelasannya
Contoh invoice penjualan Jasa

Baca Juga: 5 Langkah Cara Membuat Invoice Dengan Mudah & Cepat, Pebisnis Wajib Tahu!

Mulai Invoice Digital dengan Paper.id

Jika kamu masih kesulitan dalam membuat invoice tagihan, kamu bisa menggunakan software Invoice dari Paper.id. Kamu bisa membuat invoice digital dengan mudah, mengirimkannya kapan saja dan dimana saja sehingga, tidak ada lagi rasa khawatir akan pembayaran yang belum selesai.

Selain itu, Paper.id juga memiliki banyak fitur lainnya yang berguna untuk operasional seperti, laporan keuangan, stock opname, dan lainnya. Nikmati juga fitur chart of account dengan paket Jet dan Rocket dengan fitur tambahan yang lebih banyak. Rasakan kemudahannya dengan klik link di bawah ini!

Muhamad Dika Wahyudi