Setiap aset bisnis pasti mengalami penyusutan, sehingga biaya penyusutan harus dihitung untuk persiapan menghadapinya. Mungkin, kamu bertanya-tanya: Apa itu penyusutan?

Depresiasi atau penyusutan adalah cara bagi bisnis untuk mengalokasikan biaya aset tetap selama masa manfaatnya. Selain itu penyusutan juga menunjukkan berapa banyak nilai aset yang telah digunakan.

Ini memungkinkan perusahaan umumnya memilih untuk mendepresiasi aset untuk mengurangi biaya mereka dari waktu ke waktu, daripada sekaligus. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa depresiasi atau penyusutan memiliki dua aspek utama.

Aspek pertama adalah penurunan nilai aset dari waktu ke waktu. Aspek kedua adalah mengalokasikan harga yang awalnya kamu bayarkan untuk aset tertentu selama periode waktu kamu menggunakan aset tersebut.

Nah, untuk menghitung penyusutan tersebut, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui.

Cara Menghitung Penyusutan Aset Bisnis

Adapun 4 faktor yang harus kamu ketahui untuk dapat menghitung depresiasi atau penyusutan antara lain:

1. Biaya aset

Biaya suatu aset, terkadang disebut basis biaya, biasanya biaya ini merupakan harga yang Kamu bayarkan untuk barang tersebut, termasuk pajak penjualan yang dibayarkan atau diskon yang diterima.

Kamu juga dapat menyertakan biaya lain yang terkait dengan pembelian, seperti biaya pengiriman dan pemasangan.

2. Masa manfaat aset

Masa manfaat aset adalah lamanya waktu aset dapat berfungsi sebelum tidak lagi dapat digunakan. Secara teori, masa manfaat aset mungkin unik.

Namun, standar akuntansi umumnya mengharuskan Anda menentukan masa manfaat aset berdasarkan standar klasifikasinya.

3. Nilai sisa aset

Nilai sisa aset adalah nilai taksirannya ketika mencapai akhir masa manfaatnya. Inilah nilai aset pada akhir masa manfaatnya. Nilai sisa biasanya merupakan perkiraan.

Kamu juga dapat menggunakan nol sebagai nilai sisa aset, terutama jika berencana menggunakan aset untuk waktu yang lama.

4. Metode depresiasi

Metode penyusutan yang bisa digunakan tergantung pada tujuan khusus untuk penyusutan asetmu.

Secara umum dibawah ini merupakan metode penyusutan yang biasa digunakan seperti:

  • Metode Garis Lurus

Ini adalah metode penyusutan yang paling umum dan paling sederhana. Rumusnya adalah sebagai berikut:

(Biaya aset – Nilai sisa aset) / Masa manfaat aset = Biaya penyusutan

Contoh kasus:

Perusahaan B membeli peralatan seharga 20.500.000. Peralatan tersebut diharapkan memiliki umur 10 tahun dan nilai sisa 500.000. Penyusutan garis lurus untuk peralatan ini adalah (20.500.000 – 500.000)/10 = 2.000.000.

Ini berarti bahwa perusahaan hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar 2.000.000 dan akan terus membebankan 2.000.000 sebagai akumulasi penyusutan, sampai 500.000 tersisa di pembukuan sebagai nilai peralatan.

Keuntungan dan kerugian metode garis lurus

Metode garis lurus paling umum dipakai dalam menghitung penyusutan karena dinilai mudah digunakan, membuat lebih sedikit kesalahan selama masa pakai aset, dan membebankan jumlah yang sama setiap periode akuntansi.

Namun, kesederhanaan basis garis lurus juga merupakan salah satu kelemahan terbesarnya.

Salah satu kelemahan yang paling jelas dalam menggunakan metode ini adalah bahwa perhitungan masa manfaat didasarkan pada perkiraan. Misalnya, selalu ada risiko bahwa kemajuan teknologi berpotensi membuat aset menjadi usang lebih awal dari yang diperkirakan.

Selain itu, dasar garis lurus tidak memperhitungkan percepatan hilangnya nilai aset dalam jangka pendek, atau kemungkinan biaya pemeliharaan yang lebih mahal seiring bertambahnya usia.

  • Penyusutan Unit Produksi

Penyusutan unit produksi didasarkan pada berapa banyak item yang dapat diproduksi oleh peralatan.

Biasanya paling sering digunakan untuk manufaktur peralatan yang diperkirakan akan menghasilkan sejumlah barang tertentu sebelum tidak berguna lagi.

Rumus:

(Jumlah unit yang diproduksi / Masa pakai aset dalam unit) x (Biaya aset – Nilai sisa aset) = Biaya penyusutan

Keuntungan dan kerugian metode penyusutan unit produksi

Mudah dihitung. Karena terkait dengan jumlah item yang diproduksi oleh peralatan, ini menciptakan perhitungan penyusutan yang lebih akurat. Namun, kamu harus menyimpan catatan yang akurat tentang berapa banyak barang yang diproduksi oleh peralatan.

Karena produksi kemungkinan akan bervariasi dari bulan ke bulan, kamu harus memasukkan biaya penyusutan ini secara manual ke perangkat lunak akuntansi kamu setiap bulan tidak seperti halnya dengan depresiasi garis lurus.

  • Metode Saldo Menurun Ganda

Penyusutan saldo menurun ganda adalah metode penyusutan yang dipercepat. Bisnis menggunakan metode yang dipercepat ketika berhadapan dengan aset yang lebih produktif di tahun-tahun awal mereka.

Metode saldo menurun ganda sering digunakan untuk peralatan ketika metode unit produksi tidak digunakan. Biasanya paling sering digunakan untuk: Kendaraan dan aset lain yang cepat kehilangan nilainya. Ini menghapus nilai aset paling cepat.

Rumus:

(100% / Umur aset = Tingkat penyusutan) x 2

Keuntungan dan kerugian metode saldo menurun ganda

Mewakili hilangnya nilai aset tertentu lebih akurat daripada penyusutan garis lurus. Namun perhitungannya lebih kompleks daripada metode lain. 

  • Jumlah penyusutan digit tahun

Penyusutan jumlah digit tahun juga merupakan metode penyusutan dipercepat. Itu tidak mendepresiasi aset secepat depresiasi saldo menurun ganda, tetapi melakukannya lebih cepat daripada depresiasi garis lurus. Biasanya paling sering digunakan untuk aset yang dapat menjadi usang dengan cepat.

Rumus: 

(Sisa umur aset / Jumlah digit tahun) x (Biaya aset – Nilai sisa aset) = Biaya penyusutan

Misalnya, aset dengan masa pakai lima tahun akan memiliki basis penjumlahan angka satu sampai lima, atau 1 + 2 + 3 + 4 + 5 = 15. Pada tahun penyusutan pertama, 5/15 dari nilai yang dapat disusutkan dasar akan disusutkan.

Pada tahun kedua, hanya 4/15 dari basis yang dapat disusutkan yang akan disusutkan. Ini berlanjut sampai tahun kelima mendepresiasi sisa 1/15 dari basis.

Keuntungan dan Kerugian Jumlah Penyusutan Digit Tahun

Memungkinkanmu memilih berapa tahun ingin mendepresiasi suatu aset berdasarkan masa manfaatnya. Dengan begitu, kamu punya kendali atas biaya penyusutan yang dicatat setiap bulan. Akan tetapi, ini merupakan metode penyusutan yang paling sulit untuk dihitung.

Jika kamu menggunakannya dengan jenis aset yang salah, perhitungannya pun akan tidak akurat.

Nah, itulah cara menghitung biaya penyusutan. Menurutmu, cukup mudah atau justru sulit?

Jika menggunakan Paper.id, kamu bisa melakukan pencatatan akuntansi dan laporan mendasar agar keuangan bisnismu bisa teerpantau tanpa pusing, lho. Fitur ini juga sudah terintegrasi dengan invoicing

Yuk, segera daftarkan bisnismu ke Paper.id untuk mengakses fiturnya secara gratis!