Hari ini semakin banyak cara menghasilkan uang secara online. Salah satu yang sedang populer hari ini adalah dengan affiliate marketing. Setelah TikTok Shop ditutup, banyak content creator yang mulai mencari peruntungan lewat program afiliasi dari Shopee.

Karena banyak orang yang masih meraba-raba dan beradaptasi, banyak hal teknis yang dipertanyakan. Mulai dari cara mendaftar, jumlah persenan komisi, sistem dan cara kerja sampai dengan cara mencairkan komisi Shopee Affiliate itu sendiri.

Baca juga: 4 Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Sosial Media

Apa Itu Shopee Affiliate?

Shopee Affiliate sendiri adalah program dari Shopee yang menawarkan penghasilan tambahan bagi content creator dengan cara mempromosikan produk-produk Shopee di media sosial seperti YouTube, Instagram, Facebook, TikTok sampai dengan website atau blog pribadi.

Melansir laman resmi Shopee, pengguna yang mengikuti program Shopee Affiliate dibebaskan untuk membuat konten apapun sesuai keinginan tanpa ada batasan-batasan tertentu. Tentu saja, konten promosi yang dibuat wajib mengikuti syarat dan ketentuan program Shopee Affiliate.

Setelah membuat konten di pelbagai platform yang ada, para pengguna yang mengikuti Shopee Affiliate akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan produk yang telah dipromosikan.

Berbeda dengan TikTok Affiliate, nilai komisi Shopee Affiliate ini cenderung berbeda-beda menyesuaikan dengan jenis toko. Komisi yang didapat bisa dari 10% sampai 15% dari setiap produk. Semakin banyak produk yang terjual maka secara otomatis semakin banyak pula komisi yang bisa didapatkan.

Tugas sebagai Affiliate Shopee ini bisa dibilang cukup mudah. Kita cukup mencantumkan tautan atau link produk Shopee Affiliate ke dalam konten yang sudah dibuat. Lalu ketika ada yang menonton konten dan membuka tautan tersebut serta membeli produk yang ada, kita otomatis mendapatkan komisi dari penjualnya.

Lalu bagaimana cara mencairkan komisi Shopee Affiliate? Simak di bawah ini!

Kenapa Perlu Mengikuti Shopee Affiliate?

Dengan kemudahan cara kerja affiliate, tentu saja ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari program Shopee Affiliate bagi peserta maupun penjual. Berikut uraian mengenai keuntungan Shopee Affiiate tersebut.

1. Menjadi ladang penghasilan tambahan

Bisa dibilang, Shopee Affiliate merupakan ladang penghasilan tambahan yang mudah. Pasalnya Anda hanya perlu membagikan konten menarik yang mencakup lin produk dan mendapatkan uang secara cuma-cuma secara online.

Bahkan Shopee Affiliate ini bisa dijalankan oleh siapa saja mulai dari pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, hingga pekerja kantoran yang ingin memiliki penghasilan selain gaji bulanan.

Bagi penjual pun demikian, mereka akan mendapatkan penghasilan tambahan selain dari penjualan utama bisnisnya. Dengan Shopee Affiliate, produk-produknya akan dipromosikan oleh para affiliator dan mendapatkan transaksi dari sana. Secara tidak langsung, omzet meningkat tanpa perlu mempromosikan produk sendiri.

2. Meningkatkan potensi penjualan

Meskipun pekerjaan ini berkaitan dengan orang lain, Shopee Affiliate juga memberikanmu peluang untuk meningkatkan penjualan. Seperti yang disinggung sebelumnya, penjual lebih mudah mencapai omzet yang lebih besar secara tidak langsung karena promosinya dibantu oleh affiliator Shopee.
Lalu bagaimana dengan komisinya? Anda dapat menentukan sendiri berapa komisi yang ingin dibagikan. Pastikan sudah disepakati sesuai tujuan bisnismu sendiri. Dengan demikian, kamu dapat menekan biaya iklan, akan tetapi mendapatkan omzet tambahan dari Shopee Affiliate program ini.

3. Saling menguntungkan satu sama lain

Ya, dari awal, program Shopee Affiliate sendiri memang dirancang untuk memberikan keuntungan kepada kedua belah pihak, baik affiliator maupun penjual.
Di samping affiliator mendapatkan komisi dari produk yang berhasil terjual, penjual juga mendapatkan keuntungan dari transaksi tersebut. Saling menguntungkan, bukan? Itulah mengapa Anda perlu memulai program afiliasi dari Shopee ini.

Cara Mencairkan Komisi Shopee Affiliate

Setelah membahas tugas, cara kerja, hingga keuntungan dari Shopee Affiliate, pertanyaan yang kemudian muncul adalah, bagaimana sih cara mencairkan komisi Shopee Affiliate ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, langsung simak aja tutorialnya di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Shopee dan pergi ke menu Shopee Affiliate Program.
  2. Login ke akun Shopee Affiliate.
  3. Lalu pilih opsi Pengaturan Pembayaran dan isi data diri.
  4. Jika sudah, klik Konfirmasi.
  5. Selesai. Tunggu sampai proses pembayaran selesai dilakukan.

Baca juga : Meningkatkan Brand Awareness Melalui Media Sosial, Cek Faktanya!

Perlu diketahui, kita dapat menarik komisi Shopee Affiliate setiap dua minggu sekali. Komisi akan diproses ketika sudah mencapai minimal Rp10,000. Jika belum, maka pembayaran komisi akan ditunda dan digabungkan dengan komisi berikutnya.

Shopee juga memiliki sistem pembayaran yang berbeda untuk Shopee Affiliate. Untuk komisi senilai Rp10.000 hingga Rp1 juta, Affiliate Shopee akan dibayarkan melalui ShopeePay. Sedangkan jika komisi yang didapatkan di atas Rp1 juta, maka Shopee akan membayarkan komisi melalui transfer bank.
Demikian penjelasan mengenai cara mencairkan komisi Shopee Affiliate yang bisa dilakukan. Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk lebih memahami hal-hal teknis yang berkaitan dengan Shopee Affiliate Program

*Artikel ini merupakan kolaborasi MEA Digital Marketing & Paper.id
Daniel Nugraha