Apakah kamu pernah berada dalam situasi sedang memecahkan teka-teki besar tanpa petunjuk? Itu dia, demikian pula dalam dunia bisnis, memahami bagaimana melakukan analisis pasar adalah kunci untuk mencari tahu peluang yang ada.

Terlebih, tanpa pemahaman yang baik tentang apa yang customer inginkan, bagaimana competitor beroperasi, dan bagaimana tren berubah, kemungkinan besar bisnis kamu akan terjebak dalam arus yang tak menentu hingga akhirnya merugi. Tentu kamu tidak mau, kan?

Oleh karena itu, berikut cara melakukan analisis pasar dan mengetahui bagaimana sih kamu bisa menggunakannya untuk mengarahkan bisnis kamu meraih keuntungan yang lebih besar. Simak sampai bawah, ya!

Kenali Siapa Customer Kamu

“Siapa sih customer kamu? Nah, analisis pasar yang kuat dimulai dengan pemahaman mendalam tentang audiens kamu. Bayangkan kamu adalah pemilik coffee shop yang baru saja buka. Pertanyaan pertama yang mungkin saja ada di dalam benak kamu adalah: “Siapa yang akan menjadi customer saya?” Iya, kan?

Dengan demikian, kamu perlu terlebih dahulu tentukan preferensi customer kamu, apa yang mereka cari, dan bagaimana cara mereka berperilaku. Ini menjadi kunci dalam memahami demografi, psikografi, dan perilaku customer kamu.

Kamu bisa mulai dengan memperhatikan pola pembeliannya seperti apa, umur, gender, minat, dan bahkan media sosial yang mereka gunakan. Dengan data ini, kamu bisa merancang produk, layanan, dan market campaign dengan efisien dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Analisis Competitor yang Ada

Selain customer, sangat krusial juga memahami bagaimana competitor yang ada. Sama halnya kue, kamu harus memahami bisnis apa yang bersaing dengan kamu untuk mendapatkan potongan kue yang sama? Bagaimana produk atau layanan kamu berbeda dari yang lain? Apa yang bisa kamu pelajari dari pesaing kamu?

Analoginya seperti bermain catur, kamu perlu tahu bagaimana setiap bidak bergerak untuk merencanakan strategi kamu sendiri. Untuk itu, coba pelajari kelebihan dan kelemahan pesaing kamu, serta cara bagaimana mereka berkomunikasi dengan customer mereka.

Hal ini akan membantu kamu mengembangkan strategi yang lebih baik dan lebih efektif sehingga kamu mampu mengumpulkan customer yang lebih banyak dibandingkan mereka dan bersaing ke depannya.

Baca juga: 3 Contoh Analisis SWOT Produk Terkenal, Mulai dari Indomie hingga AQUA

Cek Tren dan Perubahannya

Ingat, bisnis selalu berubah, dan kamu perlu beradaptasi. Bagaimana tren customer saat ini? Bagaimana teknologi mempengaruhi industri kamu? Sebagai contoh, kamu bisa pertimbangkan bagaimana dampak pandemi COVID-19 kemarin. Banyak bisnis yang harus beralih secara drastis ke penjualan online karena perubahan dalam perilaku customer.

Melalui analisis pasar yang cermat, kamu bisa mengidentifikasi tren seperti ini lebih awal dan bersiap untuk mengambil tindakan yang tepat. Banyak bisnis besar seperti Apple dan Amazon terus berinovasi berdasarkan perubahan pasar yang mereka amati.

Gunakan Alat dan Teknologi yang Tepat

Analisis Pasar Model AIDA
Analisis Pasar Model AIDA (Sumber: CoSchedule)

Dalam era digital seperti sekarang, ada banyak sekali lho alat dan teknologi yang bisa membantu kamu melakukan analisis pasar dengan lebih efisien. Coba kamu gunakan perangkat lunak analisis data, survei online, dan media sosial untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang customer kamu.

Misalnya, Google Analytics. Platform yang mengumpulkan data dari situs dan aplikasi ini memberikan informasi berharga tentang perilaku pengunjung situs web/aplikasi kamu. Atau mungkin software analisis media sosial seperti Hootsuite atau Buffer bisa membantu kamu memantau percakapan online tentang bisnis kamu dan pesaing.

Ketepatan Waktu

Analisis pasar itu proses yang sustainable, artinya kamu perlu melakukan evaluasi secara teratur dan memperbarui strategi kamu sesuai dengan temuan yang ada. Untuk itu, jadilah cepat dalam menanggapi perubahan pasar, dan selalu berfokus pada kebutuhan dan keinginan customer.

Penting juga untuk diingat bahwa analisis pasar bukanlah tugas yang selesai begitu saja. Seiring waktu, pasar bisa berubah secara drastis, dan strategi yang sukses hari ini mungkin saja tidak relevan lagi di kemudian hari. Karena itulah, kamu perlu membuat rencana jangka panjang dan pendek yang fleksibel.

Baca juga: Hal yang Sering Dilupakan oleh Pebisnis saat Ingin Meningkatkan Penjualan

Kesimpulan

Dengan melakukan analisis pasar yang baik, kamu bisa meminimalkan risiko, meningkatkan efisiensi, dan memaksimalkan peluang pertumbuhan bisnis kamu. Bagaimana pun juga, bisnis yang berjalan di sepanjang arus pasar akan selalu lebih mungkin mencapai keberhasilan jangka panjang.

Inilah saatnya untuk merenung, merencanakan, dan bertindak. Ingat, analisis pasar bukanlah sekadar alat, melainkan kunci untuk membuka pintu menuju masa depan yang cerah bagi bisnis kamu.

Setelah kamu memahami pasar kamu sendiri, kamu juga perlu tahu caranya bertahan di pasaran. Ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan, salah satunya memastikan operasional penagihan dan pembayaran bisnis berjalan dengan lancar.

Untuk itu, kamu bisa gunakan Paper.id, platform invoice digital dan pembayaran bisnis, kamu bisa buat, kirim, hingga lacak invoice jadi lebih praktis. Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah bayar supplier, tagih dan terima pembayaran dari customer lewat beragam metode pembayaran.

Bagaimana, menarik, kan? Segera daftarkan bisnismu sekarang juga di Paper.id dan nikmati segala fitur dan manfaat lainnya yang tersedia dengan klik tombol di bawah ini. GRATIS!

Muhamad Dika Wahyudi