Kehabisan stok atau “stockout” memiliki konsekuensi yang cukup serius untuk bisnis kamu. Pada dunia bisnis yang kompetitif, sangat penting bagi seller untuk mengerti efek dari kehabisan stok dan segera mengambil keputusan dalam mengatasi masalah tersebut. Pada artikel ini, mari kita mengeksplorasi 5 dampak krusial jika terjadi kehabisan stok. 

5 Dampak Krusial Jika Terjadi Kehabisan Stok

1. Kehilangan penjualan

Ketika seller kehabisan stok produk, mereka kehilangan kesempatan dalam mendapatkan keuntungan. Customer yang ingin membeli produk kamu akan pergi ke toko lain untuk mendapatkan produk yang sama atau mereka ingin sekali untuk produk tersebut tersedia kembali.

Apapun itu, seller telah kehilangan kesempatan dalam mendapatkan penjualan dan keuntungan. Ini akan berdampak buruk ketika pada waktu sibuk seperti waktu ecommerce campaign atau ketika banyak orang menginginkan produk tersebut.

2. Reputasi yang buruk

Ketika seller sering kehabisan barang atau stok, ini akan terlihat buruk bagi customer. Customer akan mulai berpikir bahwa seller tidak bisa dipercaya. Reputasi buruk akan membuat customer tidak mempercayai seller atau membeli dari seller lain. Review negatif dan para pelanggan membicarakan pengalaman buruk mereka akan membuat hal menjadi lebih buruk.

3. Masalah inventaris

Kehabisan stok biasanya terjadi ketika seller tidak mengatur stok produk mereka dengan baik. Ketika stok produk sudah mau habis, seller harus mengisi ulang stok dengan segera, terkadang membayar ekstra untuk pengiriman yang lebih cepat.

Hal ini akan mempengaruhi keuntungan toko. Untuk menghindari stockout, seller perlu merencanakan stok lebih baik dan meyimpan stok barang yang cukup.

Baca juga: 5 Cara Efisien Kelola Stok Pakai Sistem Manajemen Gudang

4. Peluang penjualan yang terlewatkan

Kehabisan stok bukan saja kehilangan penjualan. Ini juga berarti kehilangan kesempatan dalam berjualan lebih. Ketika pelanggan datang ke sebuah toko atau website, mereka mungkin ingin membeli lebih, namun, stockout dapat menghilangkan kesempatan itu.

Bagaimana Cara Menghadapi Kehabisan Stok dengan Sellercraft OMS

Sellercraft OMS

Untuk menghindari masalah yang diakibatkan oleh kehabisan stok, seller bisa menggunakan alat seperti Sellercraft OMS untuk meningkatkan pengaturan inventaris mereka.

Sellercraft OMS memudahkan manajemen inventaris di beberapa saluran penjualan, memastikan seller mendistribusi stok ke semua marketplace berbeda tanpa menimbulkan resiko “overselling“.

Berikut ini bagaimana sellers bisa mengatasi beberapa tantangan terkait kehabisan stok:

1. Manajemen inventaris yang efisien

Dengan Sellercraft OMS, kamu bisa memonitor inventaris dengan efisien dan membantu mengetahui dengan tepat berapa barang yang masih memiliki stok di beberapa platform marketplace. Fitur ini bisa membantu  menghindari kehabisan stok dengan memberikan data secara “real-time” terkait inventaris.

2. Menghindari overselling

Salah satu kekhawatiran terbesar dari stockout adalah overselling (menjual barang lebih dari yang tersedia di gudang). Sellercraft OMS mampu membantu kamu menghindari isu ini dengan secara otomatis menyesuaikan level stok ketika penjualan terjadi di marketplace lain. Artinya tidak akan terjadi menjual barang lebih dari yang tersedia di gudang.

2. Customer puas

Dengan menggunakan Sellercraft OMS, kamu bisa memastikan customer menerima pesanan yang mereka pesan. Hal ini akan menghasilkan customer yang senang dan puas yang kemungkinan besar akan kembali berbelanja di toko serta merekomendasikan toko kamu.

3. Mengefisienkan penjualan di multi saluran

Jika kamu menjual di beberapa marketplace, mengatur inventaris akan sangat menantang. Sellercraft OMS menyederhanakan proses dengan menggabungkan pengaturan inventaris kamu menjadi satu dashboard. Ini akan memudahkan operasi toko kamu dan mengurangi resiko stockout di marketplace.

4. Laporan data yang real-time

Dengan data inventaris yang real-time, kamu bisa membuat keputusan yang tepat untuk melakukan restok dan pemesanan. Ini akan membantu kamu menghindari situasi darurat di mana harus dengan buru-buru melakukan pemesanan dan membayar lebih biaya pengiriman, sehingga bisa menjaga margin keuntungan kamu.

Baca juga: Pentingnya Layanan Pergudangan untuk Pengelolaan Stok Bisnis E-Commerce

Dengan memasukan Sellercraft OMS kedalam strategi pengaturan inventaris kamu akan dengan secara signifikan mengurangi resiko kehabisan stok, membuat bisnis kamu menjadi efisien dan customer senang.

Jika kamu tertarik menggunakan Sellercraft OMS dan ingin mempelajari lebih lanjut langsung saja hubungi pihak Sellercraft OMS di sini!

*Artikel ini hasil kerja sama antara Paper.id dan Ninja Express

Muhamad Dika Wahyudi