Paper.id Blog – Buat kalian yang ingin memulai bisnis usaha di bidang kesehatan khususnya apotek kalian bisa membaca artikel dibawah ini, Bagaimana cara memulai usaha apotek untuk pemula!

Membuka usaha dibidang kesehatan khususnya apotek bisa dilakukan oleh seseorang yang bukan lulusan dari jurusan farmasi atau yang sejenisnya. Merintis apotek yang baru memiliki peluang berkembang lebih besar dibandingkan dengan franchise apotek yang sudah ada.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Kosmetik Online untuk Pemula!

Mempelajari Segala Hal Yang Berhubungan Dengan Bisnis Apotek

langkah pertama yang kalian lakukan, kalian bisa mempelajari segala hal yang berhubungan dengan bisnis apotek ini. Kalian perlu berkonsultasi dengan orang yang sudah berpengalaman di bidang ini.

Apalagi kalau kalian bukan lulusan dari jurusan farmasi yang paham akan segala hal yang berhubungan dengan bisnis apotek ini. Oleh karena itu penting bagi pemula di bidang ini untuk diskusi dan konsultasi lebih lanjut terkait langkah terbaik yang bisa diambil nantinya.

Kalian bisa memulai dengan bertanya kepada rekan atau kerabat yang sudah berkecimpung di dalam bisnis ini. Jika kalian tidak mempunyai teman yang ahli dalam bisnis ini, kalian bisa berkonsultasi dengan lawyer.

Kita sudah tahu kalau trend bisnis ini selalu positif setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan setiap masyarakat pasti membutuhkan obat setiap tahunnya, selama masyarakat itu masih ada, maka alat-alat kesehatan akan selalu dibutuhkan.

Apotek tidak hanya menjadi tempat untuk menyediakan obat, tapi juga peralatan kesehatan yang lain seperti vitamin, masker, dan lain sebagainya. Oleh karen itu, apotek menjadi hal yang dibutuhkan oleh masyarakat sekarang.

Karena itu, kita harus tahu seluk beluk dari apotek itu sendiri untuk memulai bisnis dalam bidang ini. Belum lagi, usaha di dalam bidang ini berkaitan dengan hukum dan juga perundang-undangan.

Menentukan Tempat Lokasi Pendirian Apotek

Ketika kalian sudah tahu segala hal yang dibutuhkan dalam bisnis ini, maka selanjutnya kalian bisa survey ke beberapa tempat lokasi untuk tempat apotek kalian.

Tentukan lokasi yang strategis, padat pemukiman dan juga mobilitas yang cukup tinggi. Lokasi bisa menjadi bagian penting dari usaha ini dan harus dipikirkan secara matang-matang.

Persiapan Perizinan Untuk Bisnis Apotek

Kita sudah tahu, dalam memulai bisnis usaha apotek, kalian harus segera mengurus perizinan untuk pendirian dan juga izin operasi. Ketika semua sudah selesai, kalian akan mempunyai izin legal pendirian usaha, itu juga dapat membantu dalam membangun kepercayaan konsumen dan juga brand.

Mengurus perizinan bisnis memang cukup lama, dan juga memerlukan dokumen persyaratan. Dokumen yang diminta saat pengajuan surat izin apotek biasanya Surat permohonan, KTP, KK, NPWP, dokumen lingkungan, akta tanah pendirian bangungan, atau bukti sewa bermaterai dan persetujuan warga di lingkungan yang dekat lokasi apotik.

Selain itu juga, kalian perlu mengajukan proposal teknis sesuai aturan yang diminta. Seperti mengurus SIPA (Izin Praktik Apoteker), dan juga SIP kefarmasian. Untuk lebih detilnya, kalian bisa mengunjugi sistem OSS.

Menyusun Strategi Bisnis

Selanjutnya, kalian bisa membuat strategi bisnis yang tepat untuk ini. Dalam membuat strategi bisnis, kalian perlu memperhatikan berbagai aspek, serta memperhitungkan juga alur pendapatan dan pengeluarannya sekaligus.

Kalian juga harus memikirkan kriteria staff yang akan dipekerjakan serta jumlah yang dibutuhkan. Manajemen pengelolaan usaha harus dipikirkan seperti pemasaran dan lain sebagainya.

Memilih supplier yang Terpercaya juga memiliki harga terjangkau

Nah, yang tidak kalah penting dalam membangun bisnis apotek ini ialah, kalian perlu pintar-pintar memilih supplier. Pastikan kalian memilih supplier yang terpercaya, dan juga dapat memberikan penawaran harga yang cukup terjangkau dengan menggunakan fasilitas kredit.

Ketika supplier menawarkan metode pembayaran kredit, akan memudahkan kalian dalam mengatur kas keuangan bisnis yang dijalankan. Selain itu juga, memilih supplier itu butuh waktu dan kesabaran, karena kalian perlu survey harga, dan obat apa saja yang bisa di supply dan benefit apa yang ditawarkan dari supplier tersebut.

Membangun Kerja Sama

Langkah selanjutnya yang bisa kalian lakukan ialah, membangun kerja sama dengan berbagai lembaga seperti asuransi kesehatan. Kerjasama yang terjalin dapat membuat bisnis apotek kalian dikenal banyak orang.

Manfaat yang dirasakan ketika menjalin kerjasama dengan lembaga, seperti membangun citra baik untuk bisnis apotek kalian di mata masyarakat nanti. Selain itu, bagi masyarakat yang mempunyai BPJS, akan memperoleh kemudahan akses jika ingin dilayani nantinya.

Menjalankan strategi pemasaran

Menjalankan strategi pemasaran bagi usaha apotek ini, ialah untuk mempermudah masyarakat mengenal apotek kita nantinya. Dalam melakukan strategi pemasaran ini, kalian bisa memanfaatkan sosial media ataupun metode offline seperti brosur dan lainnya.

Kalau ingin hasil yang cepat, kalian bisa menggunakan metode online sebagai strategi pemasaran nya, karena metode online memiliki jangkauan yang luas dan mudah dilakukan

Baca Juga: 7 Cara Memilih Supplier Horeca Agar Kualitas Produk Terjaga

Kesimpulan

Itulah beberapa cara bagaimana memulai bisnis apotek untuk pemula. Mulai dari prospek hingga beberapa tips yang bisa diterapkan agar bisnis semakin sukses.

Dengan menerapkan apa yang sudah disebut diatas, maka dapat dipastikan bisnis kita akan berjalan dengan lancar. Satu tips terakhir ialah, kalian harus bersabar ketika membuka usaha ini, karena tentu tidak ada yang instant dan juga semua butuh proses.