Perkembangan teknologi saat ini telah banyak mengubah habbit setiap orang yang ada, mulai dari individual, hingga ke bisnis. Saat ini banyak para pebisnis yang telah memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan bisnisnya terutama dalam hal pencatatan keuangan bisnis. 

Saat ini, sudah banyak bermunculan aplikasi pencatatan keuangan untuk mempermudah kelancaran dalam hal operasional bisnis, baik itu yang bergerak dalam skala kecil menengah, hingga skala yang besar. 

Nah berikut ini rekomendasi aplikasi pencatatan keuangan bisnis yang paling sering digunakan secara gratis. Simak dibawah ini!

Baca Juga: Cara Mudah Buat Laporan Keuangan Sederhana untuk UMKM

Rekomendasi aplikasi pembukuan terbaik GRATIS

1. Paper.id 

Paper.id merupakan sebuah platform invoicing dan pembayaran digital yang didalamnya terdapat fitur pencatatan keuangan dasar. Dimana itu dapat membantu para pebisnis dalam mengelola berbagai proses akuntansi dasar, baik untuk bisnis skala kecil, menengah, maupun besar. 

Selain itu juga, Paper.id memiliki fitur utama yaitu invoicing dan pembayaran digital. Dengan Paper.id Kamu bisa membuat, hingga mengirim invoice dengan sangat mudah. Invoice yang dibuat sudah terekonsiliasi dengan pembayaran digital, jadi tidak perlu lagi repot untuk menyediakan beragam metode kepada pelangganmu.

Saat ini Paper.id sudah tersedia di berbagai platform, mulai dari desktop, android, hingga iOS, juga sudah digunakan lebih dari 500 ribu user yang ada di Indonesia, tentu hal ini dapat jadi gambaran bahwa Paper.id merupakan aplikasi bisnis terbaik yang bisa Kamu gunakan saat ini. Kamu bisa langsung coba pakai Paper.id dengan klik tombol dibawah ini GRATIS!

2. Wave 

Wave adalah software aplikasi pembukuan asal Amerika Serikat. Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap seperti pembuatan dan pengiriman invoice, pengelolaan transaksi keuangan, dan pembayaran online.

Selain itu, Wave memungkinkan Anda mengelola banyak bisnis dalam satu akun gratis dan menggunakan akuntansi entri ganda, yang ideal untuk akuntan dan pajak. 

Selain perangkat lunak gratisnya, Wave menawarkan dua add-on berbayar termasuk Wave Payments dan Wave Payroll, yang berguna jika Anda ingin menerima pembayaran kartu kredit dan automatic clearing house (ACH) atau memproses penggajian.

Namun, kekurangan dari aplikasi pembukuan Wave adalah tidak ada fitur yang berkaitan dengan pengelolaan inventaris barang yang penting bagi pelaku usaha.

Baca Juga: 7 Aplikasi Invoice Online yang bisa Digunakan GRATIS untuk Desktop & Mobile

3. Freshbooks

Ketiga ada Freshbooks, Freshbooks merupakan aplikasi keuangan yang berasal dari negara Kanada. Aplikasi ini memang dirancang untuk pebisnis UMKM yang masih kesulitan dalam melakukan pengelolaan pencatatan.

Kelebihan dari aplikasi ini sendiri adalah mempunyai fitur pengingat invoice yang mana dapat melakukan reminder pembayaran ke customer. Nah dengan aplikasi ini, Kamu tahu nih, kapan harus membayar dan kapan harus melakukan penagihan ke customer

4. Jubelio

Jubelio merupakan aplikasi pembukuan akuntansi yang bisa dicoba. Mereka memiliki fitur unggulan, yaitu dapat Kamu integrasikan proses pembukuan atau pencatatan keuangan secara langsung dengan marketplace maupun toko offline. 

Tentu kemudahan ini bisa membantu Kamu dalam melakukan input data dengan mudah dan cepat, baik untuk proses pencatatan stok barang atau proses akuntansi. 

Baca Juga: 6 Aplikasi Pembayaran Digital Terbaik! Bisa Kalian Pakai GRATIS!

5. Sage One

Sage One merupakan aplikasi pembukuan usaha kecil dan penjualan yang menyediakan beragam fitur yang dibutuhkan oleh pebisnis, terutama bisnis yang memiliki skala kecil. Fitur yang ditawarkan seperti, dokumentasi, pajak, dan semua fitur yang berkaitan dengan pendapatan dan pengeluaran bisnis. 

Sage One juga menawarkan keamanan yang setara dengan bank, sehingga data keuangan bisnis Kamu lebih terlindungi dan aman. Selain itu juga aplikasi ini sudah berbasis cloud, sehingga Kamu tidak perlu lagi melakukan pembaruan yang cukup merepotkan. 

6. Cloudbook

Aplikasi Cloudbooks merupakan pilihan bagi Kamu yang mencari aplikasi pencatatan keuangan bisnis. Cloudbooks memungkinkan Kamu untuk melacak waktu kerja, membayar invoice, serta menerima pembayaran dari customer

Selain itu juga, proses pembayaran pun sangat lancar, efisien, serta memungkinkan pembayaran melalui kartu kredit, cek, PayPal. Sayangnya Cloudbooks ini tidak gratis, mereka hanya menawarkan opsi trial 30 hari bagi Kamu yang ingin menggunakan Aplikasi ini. 

7. BukuWarung

Salah satu aplikasi pembukuan keuangan usaha gratis yang direkomendasikan untuk Android adalah Buku Warung. Aplikasi ini cocok untuk UMKM dan usaha mikro yang membutuhkan pencatatan keuangan yang terorganisir.

Dengan Buku Warung, Anda dapat mengelola stok barang, mencatat transaksi pemasukan dan pengeluaran, serta memantau catatan hutang dan piutang. Semua ini akan mempermudah pengelolaan usaha Anda.

8. Equip

EQUIP, sebuah aplikasi pembukuan yang berasal dari Singapura, telah eksis sejak tahun 2006. Aplikasi ini sangat sesuai digunakan untuk bisnis dengan skala kecil, menengah, atau besar.

Kelebihan yang dimiliki oleh EQUIP terletak pada antarmuka visual yang modern dan mudah digunakan, membuatnya cocok bahkan bagi pemula sekalipun.

Salah satu fitur unggulan yang menjadi keunggulan EQUIP adalah manajemen multi-lokasi dan pengguna. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengelola toko inti dan cabang secara langsung, termasuk mengontrol penjualan dan stok barang yang tersedia.

Nah, itulah rekomendasi aplikasi pencatatan keuangan yang bisa kamu coba. Dapat dikatakan bahwa masing-masing aplikasi memiliki fokus target pengguna dan fitur unggulan yang berbeda. Oleh karena itu, Kamu bisa mencoba mempertimbangkan dan sesuaikan dengan kebutuhan bisnismu sekarang.

Alfian Dimas