Paper.id Blog – Dalam HPP atau harga pokok penjualan banyak sekali istilah-istilah juga faktor yang ada didalamnya. Namun pasti dari kalian sudah tidak asing dengan istilah pembelian bersih.

Nah lalu apa sih itu pembelian bersih? pasti kalian yang asing dengan pengertian nya bingung. Berikut penjelasan singkat tentang apa itu pembelian bersih hingga cara menghitungnya.

Baca Juga: Warehouse Adalah: Pengertian Hingga Manfaat WarehouseI

Apa itu Pembelian Bersih

Pembelian bersih adalah keseluruhan pembelian barang atau produk ditambah dengan biaya angkut yang telah dikurangi dengan potongan atau return.

Pembelian bersih sendiri merupakan salah satu komponen penting dalam perhitungan HPP.

Pembelian bersih atau biasa disebut pembelian harga bersih merupakan upaya yang dilakukan perusahaan untuk bisa membeli produk atau barang, baik itu secara tunai maupun kredit.

Terdapat beberapa unsur pembelian bersih yang ada didalamnya, seperti pembelian kotor, pengurangan harga, return pembelian, dan potongan pembelian.

Nah untuk memudahkan nya, pembelian bersih adalah dengan menjumlahkan pembelian dengan angka ongkos angkut kemudian dikurangi dengan jumlah potongan juga return pembelian

Baca Juga:HPP,Pengertian & Cara Menghitungnya

Cara Menghitung Pembelian Harga Bersih Mudah

Setelah kalian mengetahui apa itu harga pembelian harga bersih, kalian mesti mengetahui juga nih bagaimana cara menghitung pembelian harga bersih secara mudah.

Berikut rumus bagaimana mencari perhitungan pembelian harga bersih dengan mudah.

Pembelian Bersih = (Pembelian + Ongkos Angkut Pembelian) – (Retur Pembelian + Potongan Pembelian)

Nah itulah cara bagaimana mencari angka atau total pembelian bersih yang sudah kita dapatkan. Kalian tinggal menjumlahkan pembelian dengan ongkos angkut kirim kemudian dikurangi dengan hasil retur pembelian ditambah potongan pembelian.

Dengan menghitung pembelian harga bersih, maka kalian bisa dengan mudah mencari nilai angka Harga Pokok Penjualan.

Terakhir kalian bisa mengetahui seberapa banyak keuntungan yang telah kalian dapatkan dari bisnis yang sedang dijalani saat ini.

Nah selanjutnya untuk mempermudah bisnis kalian, kalian bisa menggunakan aplikasi invoice online dari Paper.id.

Kalian g perlu ribet-ribet lagi untuk membuat invoice secara manual, selain itu, terdapat fitur pembayaran digital yang memudahkan kalian untuk menagih pembayaran ke pelanggan dengan berbagai metode pembayaran.

Kalau kalian penasaran, kalian bisa klik tombol daftar dibawah ini ya.