Paper.id Blog – Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah telah menyebutkan bahwa terdapat 64,6 juta pelaku UMKM yang ada di Indonesia, dilansir dari situs dataindonesia.id.

Kemudian 8% diantaranya sudah go online dengan memanfaatkan platform online dalam memasarkan produknya.

Keberadaan UMKM itu sendiri merupakan hal yang penting, karena dapat membantu meningkatkan perekonomian yang ada di Indonesia.

Karena, salah satu upaya pemerintah meningkatkan pendapatan ekonomi di Indonesia ialah dengan memberikan sumber daya pembiayaan seperti pinjaman mikro, hingga kredit usaha rakyat atau KUR.

Untuk mensukseskan pelaksanaan KUR ini, pemerintah juga wajib menjalin kerjasama dengan beberapa perbankan yang ada di Indonesia dalam penyalurannya.

Faktanya, tidak semua UKM mengetahui kredit mikro itu sendiri, dan bagaimana cara mendapatkan kredit mikro itu sendiri. Nah berikut penjelasan mengenai apa itu kredit mikro dan bagiamana cara mendapatkannya.

Baca Juga: Perbedaan Kartu Kredit Bisnis dan Kartu Kredit Pribadi, Kalian Harus Tahu!

Apa itu Kredit Mikro

Kredit mikro merupakan sebuah pinjaman yang mempunyai total dengan jumlah kecil. Biasanya ini ditujukan kepada masyarakat kelas menengah kebawah.

Kredit mikro juga ditujukan kepada para pengusaha yang mencari modal, sehingga akan terbantu dengan modal usaha bagi mereka yang memiliki keinginan untuk berbisnis.

Awalnya, kredit mikro dimulai dari seorang professor yang merintis sebuah bank, kemudian memberikan pinjaman kecil kepada masyarakat yang ada di negaranya.

Setiap orang memiliki keterbatasan dalam mengajukan pinjaman konvensional untuk mengembangkan bisnis nya, sehingga lahirlah kredit mikro ini. 

Syarat Kredit Mikro

Pada pengajuan kredit mikro ini sendiri, prosesnya terbilang jauh lebih mudah dibandingkan dengan kredit pada umumnya.

Dari pihak bank sendiri telah menyediakan berbagai jenis kredit mikro yang nanti akan ditentukan nominal pinjamannya, biasanya mencapai Rp50 juta.

Selain itu juga, pihak bank pasti akan memastikan bahwa pihak yang mengajukan memiliki bisnis atau usaha yang sedang berjalan.

Jadi sebelum mengajukan kredit, alangkah baiknya untuk memastikan bahwa usaha kalian berjalan sebagai bukti adanya dukungan jaminan.

Nah kalau sudah memenuhi syarat, maka proses pengajuan kredit pun akan diproses oleh pihak bank.

Manfaat Kredit Mikro

Kalau kita berbicara tentang manfaat yang didapat dari kredit mikro, tentunya pasti terdapat manfaat didalamnya.

Kredit Mikro sangat memberikan dampak positif terhadap pengusaha kecil, apalagi pengusaha kecil bisa dengan mudah mengembangkan usahanya.

Salah satu kegagalan lainnya suatu usaha selain dari kreativitas ialah kurnganya modal untuk bisa mengembangkan usahanya.

Oleh karena itu, dengan adanya modal ini, maka akan sangat membantu pengusaha dalam mengembangkan usahanya. Selain bisa mengembangkan bisnisnya, mereka juga bisa membuat cashflow berjalan lancar.

Apalagi buat pebisnis yang baru memulai bisnis nya kurang dari 2 tahun, maka dibutuhkan modal yang tidak sedikit untuk membayar kegiatan operasionalnya.

Dengan tersedia pinjaman modal usaha ini, maka kegiatan usaha diharapkan kembali bisa berjalan dengan lancar.

Berapa jangka waktu pelunasan kredit mikro

Pelunasan dari kredit mikro itu sendiri bisa dilakukan dengan dibayar atau diangsur setiap bulannya. Jangka waktu nya sendiri tergantung kesepakatan bersama dengan pihak bank.

Setiap bulan juga, kalian harus mencicil uang pokok pinjaman beserta bunga yang sudah disepakati diawal.

Suku bunga yang dikenakan kredit mikro cenderung lebih rendah dibandingkan dengan kredit pinjaman lainnya.

Tentunya hal ini dilakukan bertujuan agar para pengusaha bisa melunasi pinjamannya tanpa harus terbebani dengan bunga pinjaman.

Biasanya, kredit mikro memiliki jangka waktu pelunasan selama 2 tahun. Kalau kalian mencicil pinjaman secara baik, maka kalian bisa melunasinya secara tepat waktu.

Kredit Mikro sendiri telah memberikan banyak kemudahan kepada para pengusaha kecil, terutama mereka yang ingin mengembangkan usaha kecil mereka. Mereka sudah tahu alasan mengapa usaha kecil harus dikembangkan lebih jauh.

Hal yang harus diperhatikan ketika mengajukan kredit mikro

Nah buat kalian yang tertarik untuk mengajukan kredit mikro, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan saat mengajukan kredit mikro, berikut penjelasannya:

Suku bunga

Pertama ada suku bunga. Setiap bank memiliki perhitungan dan juga penawaran suku bunga yang berbeda-beda. Oleh karena itu, wajib bagi kalian untuk mengetahui informasi suku bungan sebelum mengajukan pinjaman.

Kelengkapan kredit

Kedua, kalian mesti melengkapi dokumen yang dijadikan syarat pengajuan ya. Kalau tidak lengkap maka pengajuan kredit kalian tidak akan disetujui oleh pihak bank nantinya.

Dokumen yang harus dipenuhi itu seperti identitas calon debitur, dokumen legalitas usaha, hingga dokumen agunan.

Persyaratan yang harus dipenuhi jauh lebih mudah dibandingkan dengan jenis kredit lainnya.

Limit Kredit

Terakhir, kalian harus tahu juga nih, berapa sih limit kredit yang mereka tawarkan kepada kita nantinya.

Informasi limit kredit tiap bank itu berbeda satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu kalian mesti mencari tahu juga limit kredit yang ditawarkan setiap bank.

Informasi limit kredit biasanya dicantumkan pada situs resmi setiap bank, sehingga kalian bisa memastikan limit kreditnya sesuai dengan kebutuhan kalian nantinya.

Baca Juga: Tips Bagaimana Menjual Produk Kecantikan Agar Sukses Terjual

Dengan Kredit Mikro usaha kalian akan berjalan dengan baik

Nah, dengan adanya tambahan modal, maka dapat memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan bisnis kalian.

Sebagai pelaku usaha, kalian bisa memanfaatkan modal tersebut untuk mengembangkan usaha yang dimiliki.

Selain modal, penting juga untuk kalian bisa mengelola keuangan agar modal yang dikeluarkan bisa berputar dengan baik.

Selain pengelolaan keuangan, kalian juga bisa meminimalisir dalam pembuatan invoice menggunakan kertas. Selain menghabiskan modal, kalian juga menghabiskan banyak waktu yang terbuang.

Oleh karena itu dibutuhkan aplikasi invoice online juga software akuntansi yang membantu usaha kalian nantinya.

Nah Paper.id menyediakan Sofware UMKM yang memudahkan kalian dalam mengelola bisnis.

Rasakan kemudahan mengelola usaha dengan Paper.id. Tunggu apalagi, yuk, coba Paper.id sekarang juga dengan klik tombol dibawah ini.